cara menjadi chef tanpa kuliah

Cara Menjadi Chef Tanpa Kuliah, Dijamin Bisa Langsung Pro!

Bagaimanakah cara menjadi chef tanpa kuliah agar bisa professional? Anda mungkin pernah melontarkan pertanyaan satu ini terutama bagi seseorang dimana memiliki keinginan atau cita-cita jadi seorang chef atau juru masak professional. 

Apabila Anda mempunyai kreativitas serta ketertarikan untuk membuat makanan yang unik, maka membangun karier di bidang kuliner adalah pilihan paling tepat. Tidak hanya bisa mengembangkan kemampuan memasak, tetapi hasil masakan juga bisa mendapatkan apresiasi dari banyak orang. 

Tetapi perlu diingat juga bahwa untuk jadi seorang chef ternyata tidak hanya terbatas dalam membuat makanan saja tetapi juga harus mampu menghasilkan resep terbaik. Cakupan dari pekerjaan tersebut biasanya akan tergantung dengan dimana mereka bekerja. 

Tetapi sayangnya tidak sedikit dari Anda mungkin akan berpikir bahwa untuk menjadi seorang chef maka diperlukan kuliah terlebih dahulu. Tenang dulu! Ternyata terdapat cara menjadi chef tanpa kuliah lho bahkan bisa membuat Anda jadi seorang mahir. 

Baca juga: Perbedaan cappuccino, latte dan mochaccino

Cara Menjadi Chef Tanpa Kuliah Agar Bisa Pro 

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa jadi seorang chef adalah mimpi bagi banyak orang dan mungkin juga termasuk Anda bukan? tetapi bagaimana cara menjadi chef tanpa kuliah? 

Sebenarnya tanpa kuliahpun Anda memang bisa untuk berprofesi jadi seorang chef, asalkan memilih passion dan mau berusaha maka dijamin bisa professional. Sayangnya, tidak sedikit dari Anda mungkin tidak mengetahui bagaimana langkah-langkahnya bukan? 

Jangan khawatir karena kami akan memberikan panduan untuk cara menjadi chef tanpa kuliah dan dijamin akan langsung professional lho, berikut ini penjelasannya dahulu.

  1. Pertimbangkan Pilihan Karier Sekaligus Spesialisasi

Langkah paling awal yang perlu untuk dilakukan adalah mempertimbangkan pemilihan karier sekaligus spesialisasinya terlebih dahulu. sebagai catatan bahwa seorang chef biasanya mempunyai keahlian ataupun spesialisasi beda-beda. 

Ada chef bagian pembuka, makanan penutup hingga focus terhadap hidangan utama. Tidak hanya itu saja, sebagian besar dari restoran juga membedakan chef didalamnya terutama khusus fine dining, cepat saji hingga casual dining. 

Dengan peluang dan spesialisasi beragam inilah, tentu Anda bisa memilih manakah yang sesuai dengan kemampuan Anda. 

  1. Pastikan Punya Pengalaman Kerja di Restoran 

Cara menjadi chef tanpa kuliah berikutnya adalah pastikan juga telah mempunyai pengalaman kerja di restoran terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa memasak di rumah dan di restoran mempunyai perbedaan cukup besar. 

Oleh sebab itulah sebagai bekal maka pastikan Anda juga sudah mempunyai pengalaman kerja termasuk ketika sedang sekolah. Dengan pengalaman kerja inilah maka akan membantu memberikan gambaran mengenai industri restoran dengan baik. 

  1. Jangan Lupa Selalu Meningkatkan Kemampuan 

Jangan pernah menjadi yang paling professional diantara teman-teman dimana bekerja di bidang sama. Oleh sebab itulah sangat penting bagi Anda agar meningkatkan kemampuan dalam masak-memasak. 

Cobalah untuk belajar dari berbagai chef yang ditemui atau disukai. Disinilah akan membantu Anda untuk mengembangkan keterampilan di berbagai masakan sekaligus teknik. Saat waktu luang, cobalah jelajahi sejumlah restoran untuk mendapatkan inspirasi. 

Baca juga: Berapa banyak biji espresso untuk membuat 1 espresso?

  1. Melalui Sertifikasi Agar Lebih Terpercaya

Cara menjadi chef tanpa kuliah berikutnya juga bisa didapatkan melalui sertifikasi. Memang untuk jadi juru masak inilah tidak selalu memerlukan kehadiran dari sertifikat, tetapi dengan hadirnya sertifikat ternyata mempunyai peran penting. 

Bahkan dapat membantu untuk memenuhi standar kualitas yang dibutuhkan dalam industri chef ini. Terlebih lagi kalau sertifikat yang didapatkan tadi sudah sesuai dengan spesialisasi maka akan berikan nilai plus. 

  1. Cobalah Mengambil Short Course untuk Meningkatkan Kemampuan

Masih belum puas dengan sejumlah cara diatas? kami juga menyarankan Anda untuk mencoba mengambil short course khususnya di bidang masak-memasak ini. Dengan mengambil short course inilah akan memberikan banyak manfaat. 

Semakin sering Anda terpapar dengan informasi mengenai makanan dan budaya baru maka akan menginspirasi kreativitas didalam bidang kuliner. 

  1. Jangan Mudah Menyerah

Cara untuk menjadi chef tanpa kuliah hingga professional kuncinya adalah jangan mudah menyerah. Cobalah selalu haus akan informasi sehingga kemampuan dalam dunia ini akan selalu terasah lama-kelamaan. 

Sebagian besar dari masyarakat mengurungkan niat mereka untuk menjadi seorang chef karena takut diharuskan untuk kuliah dahulu. Padahal terdapat cara menjadi chef tanpa kuliah bahkan mengantarkan Anda mendapatkan karir bagus. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!