Cari Kerja dan Cari Cuan untuk Bahagiakan Keluarga

berapa banyak biji espresso untuk membuat 1 espresso?

Ada Berapa Banyak Biji Espresso untuk Membuat 1 Espresso?

Berapa banyak biji espresso untuk membuat 1 espresso? Takaran untuk membuat secangkir kopi saja memanglah harus pas karena ini akan mempengaruhi rasa ketika nanti dinikmati.

Namun, Anda harus mengenali dahulu apa itu single shot dan double shot. Karena ini akan mempengaruhi jumlah takaran yang diberikan pada saat akan membuat satu porsi kopi saja.

Bahkan, rasanya juga bisa berbeda karena tingkat kekentalan turut mempengaruhinya. Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda mengetahui berapa banyak biji espresso untuk membuat 1 espresso? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Langkah dasar membuat espresso

Berapa Banyak Biji Espresso untuk Membuat 1 Espresso?

Dalam industri minuman seperti kopi, memang banyak diminati kalangan muda ataupun dewasa. Memberikan keterampilan tersendiri kepada seseorang agar memahami pengetahuan tentang takaran berapa banyak biji espresso untuk membuat 1 espresso?

Rasio minuman dalam secangkir kopi untuk jenis single shot dan double shot jelas berbeda. Meskipun kedua bahannya sama memakai biji berkualitas terbaik, tetapi jika takarannya sama tentu mempengaruhi rasa.

Pada single shot memerlukan 7 gram bubuk kopi halus untuk diekstrak dengan 30ml air. Lalu, bagaimana jika ingin membuat jenis double shot? Tentu penggunaan bubuknya dua kali dari single shot.

Jadi membutuhkan sekitar 14 gram yang akan diekstrak bersama 60ml air. Biasanya standar yang dipakai di coffee shop menggunakan takaran double shot ini, baik itu menggunakan mesin ataupun secara manual.

Kandungan Kafein yang Terdapat di Dalam Secangkir Kopi

Sesudah mengetahui berapa banyak biji espresso untuk membuat 1 espresso? Pernahkah Anda berfikir berapa banyak kandungan kafeinnya? Ternyata jumlah kafein yang dikandung antara 30 sampai 50 mg pada single shot.

Jika double shot berarti dua kali lipatnya yakni mengandung 60 sampai 100 mg kafein di dalam cangkirnya. Pentingnya memperhatikan tingkat rasio dalam segelas kopi karena industri terus mengalami perkembangan. 

Sehingga, menuntut Anda atau seseorang yang bekerja sebagai barista untuk terus melakukan inovasi. Jadi rasa yang akan dihasilkan juga pas, tingkat kekentalan, aroma, manis, dan pahitnya sesuai dengan takaran penyajian.

Anda juga harus melihat bentuk visualnya, pada bagian atas terdapat lapisan crema yang akan mempengaruhi jumlah airnya. Crema adalah lapisan emas yang mengambang di atasnya ternyata menandakan kesegaran biji kopi.

Baca juga: Cara membuat foam susu untuk latte art

Tampilan Visual Ternyata Tidak Sama dengan Skala Takarannya

Mungkin sebagian diantara Anda bertanya-tanya sesudah kami menyinggung soal tampilan visualnya? Siapa kira jika ini justru berpengaruh pada jumlah air yang akan dihasilkan dengan takaran bubuk kopinya?

Bila dilihat dari dua perbandingan jika diukur dari skala kopi dengan tampilan visualnya akan jelas berbeda. Kalau secara skala kopinya, 14 gram kopi akan menghasilkan 35 ml espresso.

Akan tetapi, jika diambil pengukuran secara visual maka yang terjadi adalah 14 gram kopi ini akan menghasilkan 60 ml espresso. Jika Anda sedang berada di coffee shop, memesan dua tipe.

Jadi antara single shot ataupun double shot bisa dirasakan perbedaannya. Tentu ini juga disesuaikan dengan selera masing-masing penyuka kopi, setiap rasa yang dihasilkan jelas berbeda, namun tetap pertimbangannya dari penikmatnya.

Berikut Ini Beberapa Pertanyaan dan Jawaban Seputar Kopi 

Setelah Anda sudah memahami berapa banyak biji espresso untuk membuat 1 espresso? Kali ini kami akan menyajikan beberapa pertanyaan yang mungkin kerap muncul oleh sebagain penikmat kopi.

  1. Jika dihitung secara gram sudah diketahui jelas, namun kalau berdasarkan jumlah bijinya berapa banyak?

Untuk biji kopi itu sendiri membutuhkan sekitar 75 biji untuk jenis single shot. Namun, pada jenis double shot berarti memerlukan 150 biji kopi di dalam satu gelasnya.

  1. Berapa rasio yang dibutuhkan bila dibuat semacam perbandingannya?

Ketika akan diolah, membutuhkan rasio dengan skala 1:1, 1:2, sampai 1:3. Hal ini disesuaikan dengan selera dan cara barista pada saat mengolahnya, lawa waktu pembuatan juga menentukan seberapa kuat rasanya.

  1. Jika menggunakan mesin, apakah bisa dilakukan ekstrasi pada kopinya?

Ada banyak fitur yang diberikan di dalam mesin pembuat kopi. Diantaranya adalah boiler, lever, dan portafilter, serta beberapa fitur otomatis untuk menakar, memadatkan, dan menggiling kopi.

Beberapa pertanyaan di atas mungkin bisa mewakili jawaban yang sedang Anda cari saat ini. Dengan mengetahui berapa banyak biji espresso untuk membuat 1 espresso, sudah tidak menjadi permasalahan lagi takarannya.

Bagikan Artikel:

About The Author