cara membuat foam susu untuk latte art

Cara Membuat Foam Susu untuk Latte Art Tanpa Mesin Khusus

Cara membuat foam susu untuk latte art sangat penting untuk dikuasai oleh para barista tingkat pemula maupun profesional. Sebab jika milk foam atau foam susunya gagal, maka pola latte art juga tidak bisa dibentuk sesuai keinginan.

Sebenarnya, untuk membuat busa susu bisa dilakukan dengan 2 metode, yaitu frothing serta steaming. Milk frothing adalah suatu metode menambahkan gelembung udara agar tekstur susunya memiliki foam (buih) lembut.

Sedangkan milk steaming merupakan teknik memanaskan susu hingga menghasilkan foam lembut (microfoam) bergelembung udara sangat kecil. Dibanding milk frothing, sebenarnya teknik steaming lebih banyak digunakan sebagai cara membuat foam susu untuk latte art.

Namun, pada dasarnya kedua metode tersebut sama-sama bisa dipilih sesuai hasil akhir yang diinginkan. Jika ingin lebih praktis, maka bisa menggunakan mesin khusus. Tetapi sebaiknya, pelajari bagaimana teknik pembuatan manualnya agar Anda semakin profesional.

Panduan Cara Membuat Foam Susu untuk Latte Art Tanpa Mesin Khusus

Jika tidak memiliki mesin khusus espresso seperti french press, maka Anda bisa menggunakan alat-alat sederhana untuk membuat foam susu. Sebagai panduan, berikut ini beberapa langkah-langkah praktis membuat milk foam tanpa mesin secara manual.

1. Siapkan Susu

Sebelum memulai langkah pembuatan, tahap pertama dalam cara membuat foam susu untuk latte art adalah menyiapkan bahan utama, yaitu susunya. Sebaiknya, gunakan susu full cream dingin dengan kandungan lemak tinggi agar menghasilkan foam yang creamy.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jenis susu lainnya seperti fresh raw milk. Sebagai alternatif susu sapi, bisa juga digunakan susu protein nabati seperti susu kedelai atau almond, tetapi suhu pemanasan serta cita rasa akhirnya juga tentu akan berbeda.

Baca juga: Cara membuat latte art untuk pemula

2. Siapkan Alat

Alat untuk membuat foam bisa berbeda-beda tergantung teknik pembuatan yang akan dipilih. Untuk teknik sederhana, Anda bisa menyiapkan alat-alat yang ada di rumah seperti microwave, gelas/botol bertutup, panci, pengocok seperti mixer/balloon whisk, atau stoples.

3. Gunakan Stoples Bertutup

Alternatif pertama, Anda bisa menggunakan wadah bertutup seperti wadah stoples stainless atau kaca. Cara membuat foam susu untuk latte art dengan cara ini yaitu, tuangkan setengah cup susunya ke dalam stoples, pastikan volumenya tidak melebihi setengah ukuran stoples.

Hal ini untuk memastikan bahwa masih ada ruang yang cukup untuk menampung busa setelah mengembang. Kemudian, tutup rapat dan kocok stoples dengan kencang hingga membentuk foam, kira-kira sekitar 30 detik atau sampai menjadi 2 kali lipat volume awal.

Agar foamnya stabil, buka tutup stoples lalu panaskan dalam microwave menggunakan suhu tinggi selama kurang lebih 30 detik, hingga muncul uap. Setelah busanya naik ke atas permukaan susu sampai melebihi stoples, artinya busa sudah mulai stabil.

Baca juga: Jenis jenis teknik manual brewing



4. Gunakan Microwave

Cara kedua adalah dengan menggunakan microwave dan gelas bertutup atau botol yang bahannya aman dipanaskan di dalam microwave sebagai pengganti stoples. Kemudian, siapkan bahannya yaitu susu segar biasa dengan jenis sesuai preferensi.

Selanjutnya, kocok susunya selama sekitar 2 menit di dalam gelas atau botol. Kemudian, letakkan gelas atau botol tersebut ke dalam microwave lalu panaskan sekitar 20-30 detik dengan suhu tinggi hingga foamnya mulai terbentuk dan mengembang.

5. Masak Langsung di Atas Api

Cara membuat foam susu untuk latte art dengan dimasak langsung di atas api membutuhkan ketelitian tinggi, sebab suhunya harus benar-benar sesuai. Pastikan bahwa suhunya tidak melebihi di atas 70 derajat Celcius agar susunya tidak pecah.

Sambil mengontrol suhunya tetap di bawah 70 derajat Celcius, terus lakukan pengadukan atau bisa juga dikocok menggunakan balloon whisk maupun mixer. Setelah beberapa saat, foamnya akan terbentuk dan bisa langsung digunakan.

Agar foamnya berhasil dan bisa terbentuk dengan stabil, sebaiknya pastikan untuk menggunakan susu segar dingin. Selain itu, gunakan susu berkandungan lemak lebih tinggi seperti susu murni atau whole milk agar foamnya lebih baik.

Kemudian jika saat memanaskan susunya muncul gelembung besar, padatkan busa dengan cara memutar wadahnya lalu diketuk pelan di atas meja. Tetapi agar lebih praktis, Anda bisa mencoba cara membuat foam susu untuk latte art dengan mesin frother atau french press.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!