cara membuat latte art untuk pemula

Cara Membuat Latte Art untuk Pemula Secara Manual

Bagi yang ingin memulai karir sebagai barista, cara membuat latte art untuk pemula penting untuk dipahami. Pada dasarnya, latte art (seni kopi latte) adalah suatu metode menghias atau membuat pola khusus di atas foam atau busa kopi sebagai medianya.

Meskipun kini latte art bisa dibuat dengan mudah menggunakan alat khusus seperti mesin espresso, namun seorang barista profesional wajib menguasai teknik manualnya. Sehingga baik dengan alat maupun tanpa alat, Anda tetap bisa melakukannya sebagai basic skill.

Sebenarnya, secara sekilas cara membuat latte art untuk pemula memang terlihat mudah, hampir mirip seperti cara membuat cappuccino. Tetapi jika dipraktekkan langsung, ternyata metodenya tidak semudah itu.

Karena tingkat kesulitannya tersebut, banyak diadakan kejuaraan untuk memperlombakan latte art. Selain itu, berbagai coffee shop juga berlomba-lomba menyajikan minuman yang artnya sempurna sebagai daya tarik.

Panduan Cara Membuat Latte Art untuk Pemula Secara Manual Tanpa Mesin Espresso

Karena secara estetika tampak menarik, latte art adalah salah satu ragam minuman berbasis espresso yang banyak dipesan penggemar kopi. Jika tertarik mempelajari tekniknya secara manual tanpa mesin khusus, panduan berikut ini bisa dicoba.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama untuk membuat latte art tentu saja adalah menyiapkan alat dan bahannya. Komponen penting yang wajib ada antara lain yaitu tek uap berdinding lurus dengan ceret lancip, susu, serta espresso.

Sebaiknya, pilihlah susu segar (fresh milk) yang tersimpan di dalam kulkas dan saat keluar masih berada di suhu sekitar 0-4 derajat Celcius. Jika ingin membuat busa susu lebih maksimal, Anda bisa menggunakan alat milk frother atau steam.

Baca juga: Jenis jenis teknik manual brewing

2. Buat Espresso dan Panaskan Susu

Pertama-tama, Anda perlu menyeduh kopi menjadi espresso. Kemudian, panaskan susu agar menjadi busa (foam) dengan cara menuangkannya ke dalam alat steam (tek uap). Pastikan suhu steaming berada di sekitar 65 sampai 70 derajat Celcius.

3. Tuangkan Busa Susu dari Milk Jug

Cara membuat latte art untuk pemula yang paling penting adalah teknik penuangan busa susu dari milk jug. Tipsnya, miringkan cangkir berisi espresso sambil lakukan sedikit gerakan memutar, lalu tuangkan susu dengan jarak agak tinggi, namun tidak terlalu tinggi.

Saat menuang, pastikan lapisan cream espresso tersebut tidak tercampur dengan foam susu, melainkan bergerak ke atas sehingga busa susu akan berada di lapisan bawah. Setelah ¾ cup sudah terisi, dekatkan milk jug ke lalu tuang dengan perlahan hingga membuat pola khusus.



4. Pelajari Teknik Penuangan untuk Pola Berbeda

Berbeda pola, maka berbeda pula cara menuangkan foam pada permukaan cup. Misalnya, cara membuat latte art untuk pemula dengan hasil akhir pola rosetta, lakukan gerakan menuang dengan cara mendorong milk jug beberapa kali ke arah depan.

Contoh lain untuk membuat pola hati, bisa diawali dengan langkah-langkah yang sama. Bedanya, untuk membuat bentuk hati hanya dibutuhkan sekali gerakan menuangkan susu, kemudian didorong ke arah depan hingga tercipta bentuk hati.

5. Manfaatkan Tusuk Gigi dan Sendok

Bagi yang baru belajar, cara membuat latte art untuk pemula bisa disiasati dengan menggunakan alat tambahan. Misal, Anda bisa memanfaatkan sendok untuk meratakan foam di tengah cangkir, atau mengarahkan bentuk latte art dengan bantuan tusuk gigi.

Baca juga: Cara membuat kopi dengan manual brewing

6. Beri Sentuhan Akhir

Terakhir, Anda bisa menambahkan aksen tambahan ke permukaan foam yang sudah membentuk pola khusus. Jika senang pahit, bisa diberikan bubuk kopi halus. Tetapi jika ingin lebih manis, maka alternatifnya adalah diberi cokelat bubuk atau cocoa butter.

Sebenarnya, membuat latte art memang tidak semudah kelihatannya. Jika jarak milk jug dan cangkir terlalu dekat atau terlalu jauh, atau jika suhu susunya tidak sesuai, maka potensi kegagalan bisa saja terjadi.

Oleh karena itu, teruslah berlatih sampai hasil artnya sesuai dengan keinginan. Setelah mulai mahir, Anda juga bisa bereksperimen dengan berbagai teknik penuangan, suhu foam, hingga rasio espresso banding susu untuk menghasilkan pola berbeda-beda.

Cara mudahnya, Anda memang bisa memanfaatkan mesin espresso khusus supaya hasilnya lebih konsisten dan lebih mudah membuat pola. Namun, cara membuat latte art untuk pemula secara manual penting untuk dipelajari agar Anda bisa menjadi barista profesional.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.