Cara membuat kopi dengan manual brewing

Cara Membuat Kopi dengan Manual Brewing Anti Gagal

Cara membuat kopi dengan manual brewing adalah cara paling ditunggu oleh banyak orang. Karena caranya cukup sederhana dilakukan, bahkan dari rumah sekalipun dapat dikerjakan asalkan tidak ada kesalahan dalam mengerjakan semua prosesnya secara mudah dan tepat.

Karena memang secara umum, terdapat tiga kategori dalam proses manual brew yang akan dilaksanakan. Mulai dari adanya full immersion, kemudian pour over, dan juga keberadaan dari vacuum. 

Adanya ketiga kategori tersebut ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian penting dari metode sudah ada, dengan mengikuti semua informasi dalam artikel.

Jika Anda ingin menerapkan semua tahapan dan cara dalam pembuatan proses kopi dengan cara satu ini, maka jangan sampai melewatkan semua tahapan informasi dari awal sampai akhir. Karena bagi Anda masih pemula, pasti tidak menginginkan adanya kegagalan pada proses tersebut.

Baca juga: Cara mendapatkan sertifikat kompetensi

Sejumlah Cara Membuat Kopi dengan Manual Brewing

Ikuti semua tahapan dan langkah di bawah dengan mudah, agar Anda semakin yakin dalam melakukan proses membuat kopi secara maksimal. Karena ragam cara membuat kopi dengan manual brewing dapat dilakukan adalah mulai dari french press, kemudian tubruk serta beberapa jenis cara lain yang dapat dikerjakan.

  1. French press, adalah cara membuat kopi dengan manual brewing pertama yang bisa Anda lakukan ketika hendak menjalankan proses pembuatan kopi dengan brewing. Karena Wahyudi sendiri menuturkan adalah french press adalah termasuk ke dalam metode manual brew yang masuk ke dalam kategori full immersion atau rendam secara penuh.
  2. Alat press yang digunakan juga memiliki bentuk seperti adanya gelas memanjakan kemudian ditutup menggunakan alat penekan coffee. Cara pembuatan dari kopi tersebut Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah coffee bubuk dan air panas untuk kemudian dimasukkan ke dalam mesin tersebut. Jika sudah, maka bagian penutup alat ini dapat ditekan dan kopi dapat langsung dihidangkan.
  3. Selanjutnya adalah Tubruk, yaitu pembuatan coffee secara manual yang dapat dibilang sederhana dilakukan. Bahkan penggunaan di Indonesia juga sangat banyak, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan sejumlah cangkir kopi, kemudian sendok, air panas juga jangan sampai terlupakan. Kemudian sejumlah bubuk kopi dapat langsung dituangkan pada cangkir yang sudah disiapkan sebelumnya.
  4. Kemudian jangan lupakan untuk teknik V60, karena V60 merupakan salah satu teknik cara membuat kopi dengan manual brewing yang masuk ke dalam jenis pour over dan sudah banyak dipakai di dalam kedai coffee yang ada di Indonesia. Teknik berikut adalah dilakukan dengan menuang air panas ke dalam cangkir dalam arah melingkar, dan sebelumnya sudah dilapisi dengan kertas filter dengan isi bubuk kopi.
  5. Chemex, teknik berikut hampir sama dengan teknik pasir dan kertas filter seperti V60. Karena chemex berikut mampu menghasilkan secangkir coffee lebih bersih, dan pastinya rasa kopinya juga masih utuh. Karena coffee berikut dibuat dengan cita rasa pas, Anda sendiri dapat menggunakan 1 gram bubuk kopi yang berbanding dengan 16 mililiter air panas.

Baca juga: Contoh technical skill

Teknik Lain dalam Pembuatan Kopi 

Untuk selanjutnya, yaitu pasti menggunakan Aeropress cara membuat kopi dengan manual brewing yang termasuk ke dalam teknik manual penyeduhan coffee atau manual brew. Bentuk yang dimiliki adalah berupa tabung terdiri dari tiga bagian. Mulai dari chamber, kemudian plunger, dan juga dari cap yang sudah tersedia.

Adanya Aeropress berikut dapat dipakai sebagai pembuatan kopi panas dan juga kopi dingin. Karena jika hendak membuat coffee panas, maka dibutuhkan air sebanyak 90 derajat celcius, kemudian diaduk dalam hitungan waktu 10 detik untuk bisa mendapatkanya secara mudah.

Karena sementara itu, hanya butuh untuk menyediakan air suhu ruang Cara membuat coffee manual brewing ketika hendak membuat kopi dingin dari Aeropress, maka selanjutnya lakukan adukan selama 1 menit. Jangan lupa untuk menggunakan Cold Brew yang membutuhkan waktu penyimpanan selama 12-16 jam sebelum disajikan.

Untuk Anda yang menginginkan referensi lain, maka dapat memakai teknik Vietnam Drip yang pada umumnya dipakai dari coffee dan kemudian ditambahkan dengan krimer yang sudah dimasukkan ke dalam gelas sebelumnya. 

Karena gelas berisi krimer tersebut sudah siap, maka ditutup dengan alat vietnam drip memakai banyak lubang kecil. Keberadaan dari lubang kecil digunakan agar coffee dapat menetes dengan mudah dalam mengetahui cara membuat kopi dengan manual brewing.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!