langkah dasar membuat espresso

Mudah! Langkah Dasar Membuat Espresso Pakai Mesin dan Manual

Langkah dasar membuat espresso menjadi salah satu pengetahuan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang barista. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi setelah mendengar kata “barista” bukan?

Julukan itu diberikan untuk seseorang yang ahli dalam meracik kopi. Untuk penempatan barista biasanya berada di kafe-kafe dan dijadikan lokasi nongkrong yang pas bagi generasi millenial berbincang atau mengerjakan tugas.

Sehingga, tak heran bila kafe seperti coffee shop marak dipenuhi anak-anak muda. Nah, pada pembahasan kali ini, kami akan mengupas tuntas tentang langkah dasar membuat espresso khusus penikmat kopi sejati.

Cara Penyajian Mempengaruhi Cita Rasa Espresso 

Teruntuk para pecinta kopi tentunya sudah paham betul dengan kopi espresso. Cita rasa nikmat dengan aromanya yang kuat dan harum pada secangkir kopi membuatnya memiliki aroma berbeda dari jenis lainnya.

Tidak hanya kaya akan rasanya, namun teksturnya juga lebih pekat, kental, dan lembut. Perpaduan cita rasa antara manis juga pahit bercampur menjadi satu, biasa disajikan dalam cangkir sekitar 40 mililiter.

Bagian dari langkah dasar membuat espresso yang tak kalah penting terletak pada cara penyajiannya. Sesudah masak, kopi langsung disajikan lalu dihidangkan bersamaan dengan gula dalam cangkir kecil.

Tidak menggunakan cangkir besar, hal tersebut dikarenakan akan mempengaruhi cita rasa dari kopi espresso itu sendiri. Jadi dalam penyajiannya tetap memberikan aroma yang nikmat dan juga enak saat dinikmati.

Baca juga: Cara membuat foam susu untuk latte art

Langkah Dasar Membuat Espresso dengan Mesin Kopi

Langkah dasar membuat espresso pastinya membutuhkan racikan dari biji kopi terbaik. Kemudian biji kopi ini akan disangrai hingga berwarna kecoklatan, tetapi jangan sampai warnanya berubah hitam.

Lalu, biji itu digiling sampai halus, teknik memasaknya pun terbilang unik. Karena menggunakan tekanan uap dan proses memasaknya mengeluarkan esens dari biji-biji kopi yang sudah digiling tersebut, berikut cara memasaknya.

  1. Siapkan biji kopi yang masih utuh, berkualitas, dan segar, lebih baik berumur 7-11 hari setelah roasted. Karena hal ini akan bergantung pada metode yang dipakai dan mempengaruhi rasa nikmatnya.
  2. Untuk memperoleh kandungan air yang tepat, siapkan air mineral dengan memfilternya.
  3. Masukkan biji yang sudah ditakar sebelumnya ke dalam grinder untuk digiling, jumlahnya sekitar 7-14 gram untuk secangkir espresso.
  4. Siapkan portafilter dalam kondisi hangat serta steril.
  5. Letakkan biji ke dalam bagian portafilter dan tamping untuk meratakan kopi di portafilter, pastikan bubuk kopi sudah dipadatkan dengan sempurna.
  6. Sebelum menyeduh, Anda bisa membilas bagian yang telah menghasilkan cairan espresso.
  7. Gunakan suhu air 90-97c dan segelas air 25-36 gram.
  8. Panaskan coffeemug dahulu, lakukan ekstraksi namun jangan terlalu cepat karena itu akan mempengaruhi rasa ketika dinikmati. Rasa menjadi asam dan tidak enak, untuk kehalusannya disesuaikan dengan selera.
  9. Pada bagian akhir nantinya akan keluar crema pada bagian atas, serta air di bagian bawahnya.

Beberapa langkah dasar membuat espresso di atas merupakan cara yang efektif jika dibuat menggunakan mesin. Pentingnya memakai biji berkualitas sehingga Anda akan tahu bagaimana cara roasting dengan metode seduh.

Baca juga: Cara membuat latte art untuk pemula

Cara Membuat Espresso Tanpa Memakai Mesin Mudah Dilakukan

Tidak hanya menggunakan mesin, kami juga akan menjelaskan langkah dasar membuat espresso tanpa mesin. Jadi tidak perlu bingung harus mengeluarkan biaya untuk membeli mesinnya, dibuat secara manual bisa dilakukan.

  1. Letakkan bahan bubuk ke dalam classic drip, 3 sendok tek untuk single shot, sementara 6 sendok jika ingin double shot.
  2. Ratakan bubuk kopi sampai menjadi padat yang terdapat di dalam classic drip.
  3. Kemudian tuangkan air panas di bagian atas classic drip secara perlahan tanpa memakai dispender, hati-hati karena ini akan berpengaruh pada hasil espresso.
  4. Tutuplah classic drip lalu tunggu 5-12 menit hingga sari-sari akan berhenti.

Bagaimana? Kini cukup mudah bukan untuk membuat secangkir kopi tanpa harus menggunakan mesin. Ini dapat dijadikan sebagai langkah awal yang bagus untuk membangun sebuah bisnis dan memiliki peluang menguntungkan.

Tidak hanya digandrungi oleh generasi millenial saja, melainkan kalangan dewasa juga menyukainya. Langkah dasar membuat espresso menjadi awal yang baik untuk dipelajari terlebih bagi orang yang bekerja di coffee shop.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!