Beli Kelas Dapat Sertifikat Skill, 3X Wawancara, & Template CV!

cara presentasi bahasa inggris

Cara Presentasi Bahasa Inggris, Dijamin Pede dan Sukses

Cara presentasi bahasa Inggris agar bisa percaya diri dan audiens tidak bosan memang banyak dicari oleh masyarakat. Terlebih lagi kalau sebelumnya belum pernah melakukannya sama sekali, tentu pikiran akan kemana-mana bukan? 

Didalam menjalani kegiatan belajar, penerimaan kerja atau ketika bekerja, tidak jarang Anda akan diminta melakukan presentasi tetapi menggunakan bahasa inggris. Terlebih lagi kalau mengambil kelas bahasa ini ataupun punya klien kerja dari luar negeri. 

Tentu yang ada di pikiran pertama kali adalah grogi dan tegang bahkan takut apabila melakukan kesalahan dalam pengucapan bukan? Sebenarnya ini adalah hall umrah karena memang bukan bahasa ibu ataupun orang-orang tidak terbiasa menggunakannya. 

Kalau Anda akan diberikan tugas melakukan presentase seperti diatas, maka jangan khawatir karena kami sudah menyediakan cara presentasi bahasa inggris dengan baik dan dijamin anti gagal. 

Baca juga: Cara menjadi chef tanpa kuliah

Cara Presentasi Bahasa Inggris Agar Percaya Diri 

Cara presentasi bahasa inggris yang benar dan tepat memang perlu diketahui oleh sebagian besar orang. Kendati Anda mungkin sudah terbiasa melakukan presentase tetapi ketika diminta menggunakan bahasa ini tentu akan kebingungan bukan? 

Bahkan Anda mungkin akan takut apabila nantinya lupa dengan materi yang ada di dalam presentasi atau takut apabila salah dalam pengucapannya. Sebenarnya Anda tidak perlu risau secara berlebihan karena masih ada persiapan untuk melakukan kegiatan tersebut. 

Jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan sejumlah cara presentasi bahasa Inggris dengan benar dan tepat sehingga dijamin tidak akan grogi nantinya. 

Baca juga: Materi Public Speaking yang Menarik, Cocok Bagi Pemula

  1. Ingat dengan kalimat pembuka 

Didalam melakukan presentase dalam bahasa Inggris, maka tahap pembukaan atau opening memang menjadi hal yang sangat penting diperhatikan. Oleh karena itulah hal paling krusial adalah jangan sampai lupa dengan kalimat pembuka dahulu. 

Terdapat sejumlah kalimat pembuka yang biasanya digunakan dalam English seperti Good Morning, Assalamualaikum, Good Morning Ladies and Gentlemen dan masih banyak lagi. Sebab awal pembukaan inilah dapat menentukan kesuksesan dalam presentase. 

  1. Memperkenalkan diri 

Perkenalan juga menjadi cara presentasi bahasa Inggris berikutnya yang perlu diperhatikan dengan baik setelah kalimat pembuka. Jika dilihat secara harfiah memang sangat penting karena audiens perlu mengetahui dengan siapa melakukan diskusi. 

Bagian dari perkenalan inilah bukan hanya berlaku untuk individu saja tetapi juga ketika melakukannya secara berkelompok. Contoh kalimat perkenalan diri dalam bahasa inggris seperti let me introduce myself. I’m Nikita and I’m from Semarang. 

  1. Menjelaskan Maksud dan Tujuan dari Kegiatan 

Sesudah Anda melakukan perkenalan diri maka langkah berikutnya adalah menjelaskan maksud sekaligus tujuan dari kegiatan tersebut. Hal ini dilakukan sebagai pengantar didalam memulai kegiatan presentasi ini. 

Jadi sebelum para audiens menelan habis dari materi yang disampaikan nanti maka pastikan menerangkan maksud sekaligus tujuan didalam melakukan presentase berbahasa Inggris tersebut. 

  1. Menyampaikan materi untuk kegiatan

Dan tiba di tahap cara presentasi bahasa Inggris proses penyampaian materi utamanya. Pastikan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan sederhana sehingga audiens juga akan menikmati kegiatan didalamnya. 

Hindari juga berbicara terlalu cepat karena ini justru akan membuat audiens tidak dapat memahami ide yang ingin disampaikan tersebut. Ini adalah tahap paling penting bahkan utama sehingga harus dilakukan dengan hati-hati. 

Jika perlu maka lakukan perekaman ketika sedang latihan dan minta teman atau kerabat untuk mendengarkannya. Tanyakan apakah Anda sudah menyampaikan materi didalamnya dengan jelas dan mudah dipahami. 

Baca juga: Perbedaan cappuccino, latte dan mochaccino

  1. Pastikan percaya diri 

Cara presentasi bahasa inggris berikutnya adalah pastikan Anda juga percaya diri ketika membawa acara tersebut. Perlu diketahui bahwa kepercayaan diri yang cukup inilah mampu mengantarkan Anda pada kesuksesan dalam menyampaikan materi nantinya. 

  1. Kesempatan untuk tanya jawab 

Sebagai pembawa cara maka jangan sampai lupa untuk meluangkan waktu melakukan tanya jawab terlebih dahulu dengan audiens. Sebab setiap presentasi inilah memang membutuhkan momen ini sebagai pelengkap dan penambah pengetahuan. 

Terakhir adalah Anda juga bisa memberikan kesimpulan atas materi yang sudah disampikan tersebut. Pemberian kesimpulan inilah sebaiknya juga harus jelas dan baik juga. 

Ketika baru pertama kali melakukan kegiatan ini tanpa menggunakan bahasa Indonesia, mungkin akan merasa grogi dan takut kalau tidak sukses bukan? Jangan khawatir karena dengan cara presentasi bahasa inggris diatas dijamin sukses. 

Bagikan Artikel: