cara membuat grafik di word

Cara Membuat Grafik di Word dengan Praktis

Cara membuat grafik di word umumnya mudah untuk dilakukan, namun masih banyak orang yang merasa bingung dalam membuatnya. Karena pada saat ini membuat grafik cukup sering digunakan, baik dalam beberapa pekerjaan kantoran maupun tugas kuliah serta sekolah.

Terlebih bagi beberapa mahasiswa maka pembuatan grafik cukup penting, karena sering digunakan saat menyusun berbagai dosen yang diberikan oleh dosen. Selain hal tersebut sebagai mahasiswa juga membutuhkan grafik untuk menyusun skripsi penelitian miliknya.

Selain mahasiswa dalam dunia pekerjaan penggunaan grafik atau yang sering disebut dengan sebutan chart pada aplikasi tersebut, cukup sering digunakan. Terlebih digunakan pada beberapa laporan, sehingga mempermudah pembaca untuk mengerti hasil dari data disana.

Baca juga: Langkah belajar microsoft word dari dasar

Berikut Cara Membuat Grafik di Word

Umumnya untuk membuat grafik atau chart cukup mudah dilakukan, namun pada saat ini tidak semua orang mengetahui caranya. Bahkan terkadang sebagian besar orang merasa bingung bagaimana cara membuatnya, oleh sebab itu lebih baik Anda mempelajari caranya.

Langkah membuat chart cukup mudah karena setelah membuka aplikasi Microsoft word, Anda hanya perlu membuka tab insert yang terletak pada bagian atas. Pada bagian tab tersebut, carilah opsi chart yang bergambarkan grafik dengan tiga balok berbeda warna.

Setelah memilih opsi chart tersebut merupakan cara membuat grafik di word, didalamnya tersedia berbagai pilihan jenis chart. Sehingga Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan mulai dari jenis balok, garis, hingga lingkaran sekalipun bisa dibuat dari menu ini.

1. Diagram Batang

Cara membuat grafik di word pertama adalah membuat diagram balok, biasanya diagram atau chart jenis ini sering digunakan bagi sebagian besar mahasiswa. Karena Anda sebagai mahasiswa menggunakan diagram ini untuk mewakilkan data yang berhasil dikumpulkan.

Banyak orang menggunakan diagram tersebut karena penggunaannya bertujuan supaya dapat menggambarkan bagaimana perkembangan data. Apakah pada sebuah data tersebut pertumbuhannya meningkat atau menurun, sehingga berdampak pada hasil penelitian.

Cara membuat grafik di word dalam bentuk diagram batang cukup mudah dilakukan, pertama kunjungilah tab insert. Pilih opsi chart lalu pilihlah menu column dan pilihlah yang sesuai kebutuhan, setelah itu klik OK dan Anda akan diminta untuk mengisikan data untuk grafik.

2. Diagram Garis

Diagram garis merupakan salah satu grafik yang sering digunakan, selain grafik batang dan memiliki fungsi hampir mirip. Dimana setiap orang yang menggunakan diagram ini memiliki tujuan untuk menunjukan perkembangan data dalam sebuah tren atau waktu tertentu.

Sehingga banyak orang menggunakan diagram jenis ini pada laporan perkembangan penjualan, namun juga terkadang beberapa orang menggunakan diagram jenis ini pada laporan penelitian sehingga bisa menunjukkan bagaimana perkembangan data tersebut.

Cara membuat grafik di word jenis ini cukup mudah dilakukan, hampir mirip seperti membuat grafik batang namun pada menu chart Anda harus memilih opsi line. Setelah memilih opsi tersebut klik OK, selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisikan data dari grafik tersebut.

3. Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran atau sering disebut pie chart sendiri sering digunakan dalam penyajian data, umumnya diagram ini digunakan pada beberapa data yang ingin ditampilkan dalam bentuk persentase. Sehingga lebih menonjolkan dalam bentuk visualisasi objeknya.

Diagram ini berbentuk lingkaran, dimana dalam satu lingkaran mewakili total persentase 100%. Biasanya data akan dibagi beberapa persentase sehingga berbentuk seperti pizza, oleh sebab itu banyak orang membutuhkan cara membuat grafik di word jenis lingkaran tersebut.

Langkah awalnya hampir menyerupai cara sebelumnya, dimana Anda perlu menemukan menu chart pada tab insert. Pada menu chart tersebut pilihlah pilihan pie, selanjutnya klik OK maka Anda akan diminta untuk mengisikan data didalam lingkaran sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Beberapa jenis surat lamaran kerja



4. Diagram Titik

Penggunaan diagram jenis ini umumnya memilik fungsi seperti jenis garis, bahkan jika diterapkan lebih efisien untuk menggunakan diagram garis. Namun banyak orang ingin mengetahui cara membuat grafik di word untuk jenis diagram titik tersebut.

Hal ini sendiri dikarenakan penggunaan diagram titik hampir menyerupai pada jenis garis, namun terdapat kelebihan dalam menggambarkan berbagai jenis penyebaran datanya. Sehingga sering digunakan untuk melihat pancaran sebuah data dalam suatu kelompok.

Langkah membuatnya juga cukup mudah karena Anda hanya perlu mengakses menu tab insert, selanjutnya pada opsi chart pilihlah menu XY Scatter. Setelah itu klik OK dan Anda diminta untuk mengisikan data sesuai kebutuhan.

Penggunaan diagram cukup penting digunakan bagi kehidupan mahasiswa maupun dunia kerja karena dapat mewakilkan cara mudah untuk membaca data. Oleh sebab itu lebih baik bagi Anda untuk mempelajari cara membuat grafik di word dengan praktis. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!