langkah belajar Microsoft word

Langkah Belajar Microsoft Word dengan Mudah

Langkah belajar Microsoft word sering menjadi pertanyaan yang diutarakan oleh banyak orang belakangan ini. Karena seiring berkembangnya zaman terdapat berbagai jenis pekerjaan yang menuntut setiap pekerjanya untuk menguasai salah satu platform digital itu.

Sebagai salah satu aplikasi untuk menulis pada komputer, Microsoft word sendiri sudah menjadi aplikasi yang digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia. Oleh sebab itu pada saat ini banyak perusahaan menerapkan kewajiban bagi calon pelamar untuk wajib menguasainya.

Namun pada saat ini masih banyak orang yang belum begitu memahami bagaimana cara mengoperasikannya, sehingga dibutuhkan beberapa panduan. Namun jika Anda termasuk dalam beberapa orang tersebut tidak perlu khawatir, karena akan kami berikan panduan.

Langkah Belajar Microsoft Word Mudah 

Jika belum begitu mendalami aplikasi tersebut maka tidak perlu khawatir, karena kami akan mengajari Anda beberapa langkah dasar sehingga dapat menulis dengan lancar menggunakan aplikasi tersebut. Karena sejatinya cukup mudah untuk dilakukan jika sudah mengerti.

Namun bagi beberapa orang mungkin menganggap terdapat kesulitan tersendiri untuk mulai mempelajari aplikasi tersebut, dikarenakan terdapat banyak tools didalamnya. Banyaknya tools ini memiliki fungsinya masing-masing, dan umumnya mudah untuk dipelajari dari awal.

Oleh sebab itu Anda tidak perlu merasa bingung karena kami akan membantu memberikan langkah belajar Microsoft word dengan mudah, seperti mulai dari beberapa tools yang perlu diketahui sehingga bisa membuat tulisan sendiri. Berikut beberapa langkah mudahnya.

  1. Ukuran Margin

Margin sendiri merupakan salah satu tools yang umum digunakan didalam aplikasi untuk mengetik ini, karena jika menggunakan tools tersebut akan membantu Anda dalam menentukan ukuran pada tepi lembar kerja. Terdiri pada bagian atas, bawah, kanan, dan kiri.

Langkah belajar Microsoft word untuk mengatur margin sendiri cukup mudah dilakukan, karena Anda bisa mengaturnya sehingga memiliki ukuran tepi sesuai harapan. Jika ingin mengatur bagian margin pada lembar kerja, Anda bisa membuka menu layout di aplikasi.

Pada bagian layout tersebut carilah menu margin, biasanya terletak pada bagian pojok kiri bergambarkan kertas lengkap dengan garis tepi berwarna biru. Jika mengkliknya Anda bisa memilih berbagai format margin yang ada, namun juga dapat mengatur ukurannya sendiri.

Baca juga: Contoh portofolio content writer yang bisa Anda jadikan referensi

  1. Ukuran dan Jenis Font

Setelah berhasil mengubah ukuran margin atau tepi pada lembar kerja sesuai dengan keinginan. Maka langkah belajar Microsoft word selanjutnya adalah mengubah jenis maupun ukuran font yang akan digunakan. Font sendiri merupakan jenis tulisan pada lembar kerja.

Biasanya jika membuka lembar kerja baru pada Microsoft word secara default jenis font akan menggunakan calibri secara otomatis, namun Anda bisa menggantinya sesuai dengan keinginan. Hal ini dilakukan dengan cara mengklik tombol home lalu pilih tab jenis font.

Pada jenis font Anda bisa mengatur bentuk tulisan seperti yang dikehendaki, selanjutnya jika ingin mengubah ukurannya bisa mengatur pada font size. Langkah belajar Microsoft word ini dilakukan menggunakan menu font size yang terletak disebelah pilihan jenis font tulisan.

  1. Spasi Antar Baris

Biasanya ketika ingin mengetik sesuatu setiap pengetik harus memperhatikan bagaimana jarak maupun ukuran spasi yang akan digunakan. Karena dengan mengatur jaraknya dapat mempengaruhi pada kerapian dokumen. Oleh sebab itu penting untuk memperhatikannya.

Banyak orang merasa bingung untuk mengatur jarak spasinya, karena jika mencari pada taskbar bagian atas aplikasi tersebut akan kesulitan untuk mencarinya. Namun sebenarnya langkah belajar Microsoft word untuk mengatur jarak spasi cukup mudah dilakukan.

Anda hanya perlu mencari blok menu paragraph yang terletak pada bagian menu home, pada blok menu tersebut terdapat ikon tanda panah keatas dan kebawah. Klik ikon tersebut dan pilih Line Spacing Option, untuk mengatur jarak spasi sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Baca juga: Pekerjaan yang membutuhkan portofolio

  1. Mengubah Ukuran dan Orientasi Kertas

Langkah belajar Microsoft word selanjutnya adalah melakukan pengaturan ukuran kertas, karena jika mengetik di aplikasi tersebut tidak semua kertas sesuai dengan format yang telah disediakan. Oleh sebab itu Anda wajib mengaturnya sehingga sesuai kehendak.

Untuk mengatur jenis kertas Anda bisa langsung membuka menu layout, lalu setelah berhasil membuka tab menu tersebut pilihlah ikon size. Pada ikon menu tersebut akan tersedia berbagai macam jenis ukuran kertas, silahkan pilih sesuai kebutuhan.

Selanjutnya untuk mengatur orientasi kertas dapat dilakukan dengan mudah, karena tidak semua dokumen membutuhkan orientasi portrait atau berdiri. Anda juga dapat mengubah menjadi landscape pada tab menu layout, lalu pilih opsi orientation.

Seiring berkembangnya zaman baik semua jenis pekerjaan membutuhkan skill mengetik pada aplikasi tersebut. Oleh sebab itu Anda harus mempelajari langkah belajar Microsoft word dengan mudah.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!