jenis surat lamaran kerja

5 Jenis Surat Lamaran Pekerjaan

Bila ingin melamar kerja, Anda harus mengetahui berbagai jenis surat lamaran kerja. Sebab setiap surat lamaran memiliki tujuan masing-masing. Dengan memahami jenis-jenisnya, ada kemungkinan besar lamaran Anda diterima oleh perusahaan.

Selain itu, memahami jenis surat lamaran pekerjaan akan membuat Anda mudah dalam menyusun pembuatan surat lamaran. Oleh karenanya jangan asal dalam membuatnya, berikut ini ulasan mengenai beberapa jenis surat lamaran sesuai kebutuhan yang wajin pelamar kerja ketahui. Yuk simak!!!

Apa Itu Surat Lamaran Pekerjaan?

Menurut Australian National Institute of Management and Commerce, surat lamaran pekerjaan merupakan dokumen ringkasan keterampilan dan kemampuan untuk melamar suatu pekerjaan.

Surat lamaran pekerjaan adalah dokumen tertulis yang diajukan oleh seorang individu kepada perusahaan yang memiliki lowongan pekerjaan. Tujuan utama dari surat lamaran pekerjaan adalah untuk mengajukan diri sebagai kandidat yang berpotensi untuk mengisi posisi pekerjaan yang sedang dibuka.

Baca juga: Pekerjaan yang membutuhkan portofolio

Jenis-Jenis Surat Lamaran Pekerjaan

Dilansir dari Indeed, terdapat 5 jenis surat lamaran pekerjaan yaitu :

1. Surat Lamaran Kerja Model Gabungan

Surat lamaran kerja model gabungan menggabungkan unsur-unsur dari surat lamaran dan CV ke dalam satu dokumen. Ini memberikan informasi singkat tentang pelamar serta detail lebih lanjut tentang pengalaman, pendidikan, dan keterampilan dalam satu dokumen.

Surat lamaran kerja model gabungan digunakan ketika Anda ingin menggabungkan surat lamaran kerja dan CV ke dalam satu dokumen. Ini cocok untuk melamar posisi di mana perusahaan meminta Anda untuk mengirimkan surat lamaran serta CV Anda.

Contoh dari surat lamaran kerja model gabungan adalah ketika Anda menyampaikan lamaran Anda melalui email dan menyertakan surat pengantar yang berisi ringkasan singkat tentang diri Anda, diikuti oleh CV yang melengkapi informasi lebih rinci.

2. Surat Lamaran Kerja Model Terpisah

Surat lamaran kerja model terpisah adalah ketika surat lamaran dan CV disiapkan sebagai dua dokumen terpisah. Surat lamaran berisi motivasi dan kecocokan Anda untuk pekerjaan, sementara CV memberikan detail lebih lanjut tentang riwayat pendidikan dan pekerjaan.

Surat lamaran kerja model terpisah digunakan ketika Anda ingin memisahkan surat lamaran pekerjaan dan CV sebagai dua dokumen terpisah. Ini memberikan fleksibilitas dalam mengirimkan dokumen yang sesuai dengan persyaratan perusahaan.

Anda bisa mengirimkan surat lamaran yang berdiri sendiri yang menyoroti motivasi Anda dan kemudian melampirkan CV Anda sebagai dokumen terpisah yang merinci pengalaman dan pendidikan Anda.



3. Surat Lamaran kerja Melalui Jaringan

Surat lamaran kerja melalui jaringan digunakan ketika Anda melamar pekerjaan yang direkomendasikan oleh seseorang yang Anda kenal atau yang memiliki hubungan dengan perusahaan. Surat ini mencakup rujukan atau rekomendasi dari orang tersebut.

Surat lamaran kerja melalui jaringan digunakan ketika Anda melamar pekerjaan yang direkomendasikan oleh seseorang dalam jaringan profesional Anda. Biasanya, ini digunakan untuk posisi yang tidak diiklankan secara publik.

Jika seseorang yang Anda kenal di dalam perusahaan merekomendasikan Anda untuk melamar, Anda dapat menggunakan surat lamaran ini untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang yang merekomendasikan Anda dan menyampaikan minat Anda dalam posisi tersebut.

4. Surat Lamaran Kerja Secara Tradisional

Surat lamaran kerja secara tradisional mengacu pada surat lamaran yang dikirimkan melalui pos atau diserahkan secara langsung ke perusahaan. Ini adalah metode lama yang masih digunakan dalam beberapa kasus.

Surat lamaran kerja secara tradisional mengacu pada surat lamaran yang dikirimkan melalui pos atau diantar langsung ke perusahaan. Ini lebih jarang digunakan saat ini karena perkembangan teknologi, tetapi masih relevan dalam beberapa situasi.

Anda bisa mengirimkan surat lamaran secara fisik dengan dokumen-dokumen terkait seperti CV dan salinan sertifikat pendidikan melalui pos kepada perusahaan yang menerima lamaran dalam format tradisional.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Surat Lamaran Kerja Referral

Surat lamaran kerja referral adalah surat lamaran yang digunakan ketika Anda melamar pekerjaan yang direferensikan oleh seseorang yang Anda kenal atau yang memberikan rekomendasi Anda kepada perusahaan.

Surat lamaran kerja referral digunakan ketika Anda melamar pekerjaan yang direferensikan oleh seseorang yang Anda kenal atau yang memiliki hubungan dengan perusahaan. Surat ini mencakup rujukan atau rekomendasi dari orang tersebut.

Jika seorang mantan rekan kerja merekomendasikan Anda untuk posisi yang terbuka di perusahaannya, Anda dapat menggunakan surat lamaran ini untuk mencantumkan rujukan tersebut dan menjelaskan bagaimana pengalaman Anda relevan dengan posisi tersebut.

Baca juga: Dimana letak tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran pekerjaan

Reference :

https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/different-types-of-job-applications

https://top-au.libguides.com/c.php?g=567193&p=3906921


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!