skala prioritas kebutuhan disusun berdasarkan apa

Skala Prioritas Kebutuhan Disusun Berdasarkan Apa?

Banyak orang yang bertanya skala prioritas kebutuhan disusun berdasarkan apa. Adanya pertanyaan ini sangat membuktikan kalau banyak masyarakat Indonesia yang kesulitan dalam menyusun skala prioritas. Hal tersebut sebenarnya bisa dihindari apabila masyarakat mau sedikit mempelajari hal ini. Mempelajari pembuatan skala prioritas tidak sulit. Berikut penjelasan skala prioritas kebutuhan disusu berdasarkan apa, yuk simak!!!

Apa Itu Skala Prioritas Kebutuhan?

Menurut Atlantis Press, skala prioritas kebutuhan adalah daftar yang memuat kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi manusia berdasarkan tingkat dan pemenuhannya. Skala prioritas kebutuhan merupakan alat atau metode yang digunakan untuk menentukan urutan atau tingkat kepentingan dari berbagai kebutuhan atau tugas yang harus dihadapi seseorang.

Skala prioritas membantu dalam mengidentifikasi apa yang harus dilakukan terlebih dahulu, apa yang dapat ditunda dan apa yang mungkin tidak perlu dilakukan sama sekali.

Baca juga: Tujuan Menyusun Skala Prioritas, Tepat Penuhi Kebutuhan Anda!

Manfaat Skala Prioritas Kebutuhan

1. Kebutuhan Utama Terpenuhi

Dengan menggunakan skala prioritas, Anda dapat mengidentifikasi dan fokus pada kebutuhan atau tugas yang paling penting atau mendesak. Ini memastikan bahwa hal-hal yang kritis dan esensial dalam hidup atau pekerjaan Anda terpenuhi dengan baik. Misalnya, jika kesehatan dan keluarga Anda adalah prioritas tinggi, Anda akan lebih cenderung untuk memberi perhatian ekstra pada aspek-aspek ini dan memastikan bahwa kebutuhan dasar mereka terpenuhi.

2. Keuangan Lebih Terkendali

Dalam konteks keuangan pribadi, skala prioritas kebutuhan membantu Anda untuk mengidentifikasi pengeluaran yang penting dan mendesak, seperti biaya rumah, makanan, pendidikan, dan kesehatan, dibandingkan dengan pengeluaran yang lebih rendah prioritasnya, seperti hiburan atau barang-barang mewah. Ini membantu Anda mengendalikan pengeluaran dan memastikan bahwa Anda dapat memenuhi kebutuhan dasar Anda sebelum menghabiskan uang pada hal-hal yang kurang penting.



3. Perencanaan Keuangan Berjalan Baik

Skala prioritas kebutuhan sangat relevan dalam perencanaan keuangan. Dengan mengutamakan pembayaran tagihan, menabung, dan menginvestasikan uang Anda sesuai dengan prioritas, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki stabilitas finansial dan rencana yang baik untuk masa depan.

4. Membantu Mengukur Progres Pencapaian Tujuan

Ketika Anda menggunakan skala prioritas, Anda dapat memantau dan mengukur progres Anda dalam mencapai berbagai tujuan Anda. Anda dapat mengalokasikan waktu dan sumber daya Anda sesuai dengan tingkat prioritas, dan ini membantu Anda memastikan bahwa Anda bekerja menuju tujuan-tujuan yang lebih penting terlebih dahulu. Kemudian, Anda dapat melihat bagaimana tugas-tugas yang telah Anda selesaikan atau tujuan yang telah Anda capai, yang membantu Anda merasa tercapai dan termotivasi.

Baca juga: Contoh skala prioritas

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

Faktor Yang Mempengaruhi Skala Prioritas

1. Tingkat Pendapatan

Tingkat pendapatan seseorang memainkan peran penting dalam menentukan prioritas keuangan. Orang dengan pendapatan yang rendah mungkin harus lebih ketat dalam mengutamakan kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, dan kesehatan, sementara mereka mungkin memiliki sedikit fleksibilitas untuk menghabiskan uang untuk kebutuhan yang kurang mendesak.

Seseorang dengan pendapatan yang lebih tinggi mungkin lebih mampu mengutamakan kebutuhan yang lebih mewah atau berkualitas tinggi dalam gaya hidup mereka, seperti liburan atau barang-barang mahal.

2. Status Sosial

Status sosial, termasuk pekerjaan dan posisi dalam masyarakat, dapat memengaruhi prioritas seseorang terkait dengan karier. Seseorang dengan status sosial yang tinggi mungkin lebih cenderung mengutamakan kemajuan karier dan pekerjaan mereka.

Status sosial juga dapat memengaruhi prioritas terkait dengan keluarga dan tanggung jawab sosial. Orang dengan status sosial yang tinggi mungkin lebih cenderung terlibat dalam kegiatan sosial atau memiliki tanggung jawab keluarga yang lebih besar.



3. Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial, seperti keluarga dan teman-teman, dapat memengaruhi bagaimana seseorang menetapkan prioritas mereka. Nilai-nilai, harapan, dan norma yang ada dalam lingkungan sosial dapat mempengaruhi apa yang dianggap penting oleh seseorang.

Budaya dan nilai-nilai sosial juga berperan dalam menentukan prioritas kebutuhan. Misalnya, dalam beberapa budaya, pentingnya keluarga dan komunitas mungkin lebih diutamakan daripada pencapaian pribadi.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!