negosiasi adalah

Negosiasi Adalah: Berikut Pengertian dan Tujuannya

Kita semua pasti sudah mengetahui, definisi negosiasi adalah apa. Seperti kita ketahui, negosiasi merupakan salah satu kata yang sering kali muncul di kehidupan kita, karena memang tidak jarang kita melakukannya.

Baik itu di lingkungan tempat tinggal kita, maupun di lingkungan social kita, seperti di kantor, sekolah dan sebagainya. Lantas, apa sebenarnya tujuan dari dilakukannya negosiasi ini? 

Di dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas apa sebenarnya tujuan-tujuan dari dilakukannya sebuah negosiasi. Namun sebelum itu, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu pengertiaannya. 

Mengenal Lebih Jauh Negosiasi Adalah

Seperti telah dikatakan sebelumnya, kata negosiasi sering kali muncul di dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan tidak jarang, kita sendiri sering melakukannya di lingkungan tempat tinggal kita. Lantas apa pengertiannya?

Negosiasi adalah sebuah proses tawar-menawar dengan jalan berunding, tujuannya untuk mencapai kesepakatan bersama. Antara 1 pihak yakni organisasi atau kelompok atau organisasi dengan pihak organisasi atau kelompok lain.

Sehingga kedua pihak bisa saling sepakat dan juga diuntungkan. Sedangkan pengertian negosiasi menurut kamus Oxford, ialah suatu cara guna mencapai suatu kesepakatan lewat diskusi formal.

Negosiasi adalah suatu proses ketika 2 pihak mencapai perjanjian yang bisa memenuhi kepuasan semua pihak. Yang berkepentingan dengan beberapa elemen kerja sama dan juga kompetisi.

Termasuk di dalamnya, yakni tindakan yang dilakukan saat kerjasama, berkomunikasi atau memengaruhi orang lain dengan tujuan tertentu. Contohnya Christopher meyakinkan Ratu Elizabeth untuk membiayai ekspedisinya ketika Inggris dalam perang besar.

Baca juga: ERM Adalah: Berikut Pengertian dan Keuntungannya

Beberapa Tujuan dari Negosiasi Adalah

Jika tadi kita sudah membahas tentang pengertiannya, kini kita akan bahas tentang tujuannya. Di bawah ini beberapa tujuan negosiasi yang perlu Anda ketahui, antara lain sebagai berikut :

1. Mengurangi konflik dan perbedaan

Tujuan pertama dari Negosiasi adalah mengurangi konflik dan juga perbedaan. Sebelum melakukan negosiasi, pihak yang terlibat harus saling memahami posisi pihak lain. Coba untuk memahami keinginan.

Serta permasalahan yang ingin dicapai oleh pihak lain. Tidak hanya itu, pihak terlibat juga harus memberikan kepercayaan kepada pihak lain yang bisa diajak negosiasi. Hal tersebut guna untuk meredam konflik.

Serta perbedaan yang dalam proses negosiasi. Hindari pembicaraan basa-basi dalam negosiasi. Katakan secara langsung keinginan di dalam melakukan negosiasi. Pembicaraan yang basa-basi akan menghalangi tercapainya kesepakatan. 

Bahkan berpotensi memperbesar terjadinya miskomunikasi dan juga konflik. Para pihak harus memastikan bila ada perbedaan serta konflik dalam negosiasi yang dilakukan, semua bisa berjalan sehat. 

Baca juga: Pengertian Unique Selling Proposition Adalah

2. Mencapai kesepakatan bersama

Tujuan berikutnya dari negosiasi adalah untuk mencapai kesepakatan bersama. Di dalam mencapai kesepakatan bersama, pihak-pihak yang melakukan negosiasi harus mengutarakan pendapat masing-masing. Karena kesepakatan bersama bisa dicapai secara maksimal.

Bila semua pihak yang terlibat bisa saling terbuka. Tidak hanya itu, pihak-pihak yang terlibat juga harus merasa saling membutuhkan. Kadang memang pada akhirnya, proses di dalam mencapai tujuan memunculkan konflik. 

Akan tetapi, bila kesepakatan tersebut telah menjadi keputusan bersama maka harus dilakukan. Konflik merupakan bagian dari usaha penyelesaian masalah. Dalam pencapaian kesepakatan bersama, pastinya akan ada beberapa konflik yang muncul. 

Dalam usaha penyelesaian konflik di tengah negosiasi, semua pihak wajib mempunyai kesadaran untuk menyelesaikannya. Guna mencapai tujuan negosiasi tersebut, pihak-pihak yang terlibat wajib mempelajari semua kemungkinan dari masalah yang muncul. 

Mempelajari keinginan dari pihak lain wajib untuk dilakukan. Saat kondisi tersebut bisa terkontrol dengan baik, maka kesepakatan bersama bisa mudah tercapai. Saat sesuatu sudah mencapai kesepakatan bersama, jaga kepercayaan tersebut. 



3. Saling menguntungkan berbagai pihak

Melakukan negosiasi tujuannya tidak hanya untuk mengurangi konflik dan mencapai kesepakatan bersama saja. Ada tujuan lain dari negosiasi, yakni saling menguntungkan berbagai pihak. Saling menguntungkan hanya bisa dicapai saat negosiasi.

Berada pada titik menemukan win win solution. Untuk bisa mencapainya, kesepakatan bersama serta semua perbedaan harus ada pada genggaman. Hal tersebut akan membuat rasa kepercayaan saling terbangun. 

Kerja samapun juga bisa mulai dijalankan. Pada hakikatnya negosiasi tidak hanya untuk mencapai sebuah kesepakatan, namun juga melakukan kerja sama yang saling menguntungkan semua pihak.

Baca juga: Diskusi Adalah: Pengertian, Tujuan dan Unsur-Unsur Diskusi

Walaupun begitu, tetaplah waspada, sebab segala kecurangan bisa saja terjadi. Bukan berarti berprasangka buruk, namun dalam melakukan negosiasi harus dilakukan dengan akal, hati dan simpati. 

Jadi kini Anda sudah mengetahui pengertian dari negosiasi dan juga apa saja tujuan dilakukannya negosiasi. Seperti dijelaskan di atas, salah satu tujuan penting dari negosiasi adalah mencari kesepakatan bersama. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!