erm adalah

ERM Adalah: Berikut Pengertian dan Keuntungannya

Mengenai pengertian sebenarnya ERM adalah apa, hingga kini masih banyak yang mencarinya. Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ERM atau Enterprise Risk Management.

Saat ini sebagian besar perusahaan yang ada, sudah menggunakan Enterprise Risk Management. Sebab menggunakan ERM memang memiliki banyak sekali keuntungan. Salah satunya lebih efektif dan efisien.

Namun tentunya keuntungannya tidak hanya itu, masih banyak keuntungan lainnya bila perusahaan Anda menggunakannya. Tetapi sebelum membahas apa saja keuntungannya, kita bahas dulu pengertian Enterprise Risk Management.

Kenali Tentang ERM Adalah

Pada pembahasan pertama, kita akan membahas pengertian dari Enterprise Risk Management terlebih dahulu. Baru setelah itu kita akan bahas apa saja keuntungan bila perusahaan menggunakannya.

ERM adalah istilah di dalam bisnis untuk menggambarkan sebuah metode manajemen risiko. Yang dipakai perusahaan untuk meminimalisir atau mencegah potensi risiko atau masalah berbisnis. Sedangkan definisi dari The Committee of Sponsoring.

ERM disebut sebagai suatu proses yang dirancang guna mengidentifikasi potensi kejadian. Yang bisa mempengaruhi entitas bisnis suatu perusahaan. Definisi lain mengatakan Enterprise Risk Management merupakan strategi top-down.

Yang tujuannya untuk mempersiapkan segala potensi permasalahan yang bisa mengganggu operasi serta tujuan perusahaan. Caranya dengan menilai, hingga mempersiapkan berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Guna mengendalikan tingkat risiko yang ditimbulkan.

Baca juga: Pengertian Unique Selling Proposition Adalah

Beberapa Keuntungan dari ERM Adalah

Bila tadi kita telah membahas pengertiannya, kini kita akan bahas apa saja keuntunggan menggunakan ERM. Berikut ini beberapa keuntungan bila menggunakan ERM, antara lain seperti :

1. Mitigasi risiko

Keuntungan pertama ERM adalah mitigasi risiko. Enterprise Risk Management mendukung pelaporan serta analisis risiko yang lebih baik. Hasil analisis akan menghasilkan laporan serta data yang bisa digunakan direktur dan eksekutif.

Dalam membuat keputusan mitigasi risiko yang jauh lebih baik. Keragaman data (status , strategi mitigasi, indikator risiko, risiko baru dan lain-lain), membantu para eksekutif untuk memahami area risiko paling penting. 

Data-data ini juga dapat membantu para pemimpin mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang jenis dan tingkat risiko yang dapat diterima perusahaan, ambang batas risiko, dan toleransi risiko.

Salah satu keunggulan pelaporan risiko Enterprise Risk Management ialah peningkatan, keringkasan, ketepatan waktu, serta fleksibilitas data risiko. ERM bisa membantu manajemen mengenali dan juga membuka sinergi dengan menggabungkan.

Serta berbagi semua data dan juga faktor risiko perusahaan. Kemudian setelah itu mengevaluasinya dalam format yang terkonsolidasi. Itulah salah satu keunggulan Enterprise Risk Management itu.

2. Peningkatan pada fokus risiko

Keuntungan berikutnya ERM adalah peningkatan pada focus risiko. Perusahaan yang telah menerapkan Enterprise Risk Management, mencatat adanya peningkatan fokus pada risiko di tingkat senior di dalam sebuah bisnis.

Sehingga tercipta diskusi terkait manajemen risiko. Komunikasi dan juga diskusi risiko tidak hanya sebagai proses untuk memberikan informasi ke manajemen senior saja. Namun juga cara untuk berbagi informasi risiko.

Ke seluruh divisi perusahaan. Hal tersebut akan memberi pengetahuan, wawasan atau info yang bisa membantu para eksekutif. Di dalam mengambil keputusan yang lebih baik mengenai risiko di semua tingkatan.

Baca juga: Perbedaan Efektif dan Efisien dan Perannya untuk Bisnis Anda



3. Efektif

Di dalam sebuah perusahaan yang tidak memakai sistem Enterprise Risk Management. Akan banyak individu yang mungkin akan terlibat di dalam pengelolaan serta pelaporan risiko di seluruh unit operasional. 

Hal tersebut pastinya kurang efektif bagi sebuah perusahaan. Dengan menggunakan Enterprise Risk Management, perusahaan bisa meningkatkan kerangka kerja serta alat yang dipakai untuk menjalankan fungsi manajemen risiko secara konsisten.

4. Peningkatan perspektif tentang risiko

Keuntungan lain dari ERM adalah membantu mendeteksi risiko potensial serta memberikan peringatan dini. Enterprise Risk Management juga memungkinkan sudut pandang yang lebih lengkap terkait risiko.

Pada praktik sistem manajemen risiko secara tradisional, itu berfokus pada mitigasi, penghindaran atau penerimaan. Tetapi proses Enterprise Risk Management yang efektif, memberi manajemen kerangka kerja.

Guna mengevaluasi risiko sebagai peluang untuk dapat meningkatkan posisi kompetitif. Serta untuk memanfaatkan pasar dan juga kondisi operasional tertentu. Jadi itulah salah satu manfaat dari ERM ini.

5. Efisien

Keuntungan terakhir dari ERM adalah efisien. Perlu diketahui, lembaga pemeringkat obligasi hingga auditor laporan keuangan sudah mulai menguji dan juga menggunakan data pemantauan serta data pelaporan dari program ERM. 

Data Enterprise Risk Management ini melibatkan identifikasi dan juga pemantauan, pengendalian serta usaha mitigasi di seluruh perusahaan. Data ini bisa membantu mengurangi usaha dan biaya audit serta review.

Baca juga: 7 Contoh Struktur Organisasi Perusahaan Lengkap yang Baik dan Benar

Dengan segala keuntungan yang sudah disebutkan di atas, menunjukkan bahwa ERM sangat penting untuk perusahaan. Dan salah satu keuntungan menggunakan ERM adalah membantu mendeteksi risiko potensial dan memberikan peringatan dini.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!