person holding black iPhone displaying stock exchange

Pengertian Unique Selling Proposition Adalah

Seperti kita ketahui, Unique Selling Proposition adalah kepanjangan dari USP. Namun untuk pengertiannya, mungkin sebagian dari Anda ada yang belum mengetahuinya. Di dalam dunia bisnis.

USP ini tentunya sudah tidak asing lagi, karena Unique Selling Proposition sangat berkaitan dengan dunia bisnis. Jadi bagi Anda yang berencana ingin menjalankan sebuah bisnis. 

Wajib untuk mengetahui pengertiannya dan juga tips dalam menentukannya. Bagi pebisnis pemula, Anda tidak perlu bingung, dalam artikel kali ini kita akan membahasnya secara lengkap.

Mengenal Unique Selling Proposition Adalah

Sebelum kita bahas lebih jauh tips untuk menentukan USP atau Unique Selling Proposition dari bisnis Anda. Kita bahas terlebih dahulu pengertiannya, agar Anda paham dasarnya dulu.

USP atau Unique Selling Proposition adalah pertimbangan atau factor dari penjual sebagai alasan bahwa produk mereka lebih baik dari kompetitor. Atau suatu hal yang harus dibuat oleh setiap brand.

Agar produknya bisa terlihat lebih menarik dari kompetitornya. Setiap pelanggan yang akan membeli sesuatu, pastinya terlebih dahulu akan membandingkan beberapa produk. Sebelum mereka akhirnya menjatuhkan pilihan.

Ada beberapa hal yang tentunya menjadi pertimbangan bagi pelanggan sebelum memilih sebuah produk. Misalkan seperti keuntungan yang ditawarkan, harga, kepopuleran dan sebagainya. Bila tidak populer, pasti pelanggan enggan membelinya.

Tetapi perlu diingat, bila harga juga sangat menentukan keputusan pelanggan untuk membeli produk tersebut. Agar pelanggan dapat langsung memilih produk kita, pastinya harus ada hal spesifik yang ditawarkan kepada pelanggan.

Baca juga: Cara Menentukan Buyer Persona dalam Mengembangkan Bisnis

Tips menentukan Unique Selling Proposition Adalah

Jika tadi kita sudah membahas pengertiannya, kini kita akan bahas tips untuk menentukan USP dari bisnis Anda. Di bawah ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, antara lain :

1. Cari tau apa sebenarnya yang diinginkan konsumen

Tips pertama dalam menentukan Unique Selling Proposition adalah Anda perlu mengetahui atau mencari tau apa sebenarnya yang diingkan konsumen. Misal, Anda memiliki bisnis kuliner, pastinya konsumen datang ke tempat Anda.

Bukan hanya sekadar ingin menyantap makanan saja. Karena restoran lain juga menawarkan produk yang sama. Lalu apa yang membuat mereka memilih tempat Anda? Jawabannya bisa dari rasa, harga dan sebagainya.

Beberapa aspek ini yang ada di balik alasan utama konsumen datang berkunjung, selain karena lapar. Nah, USP ini yang dapat membedakan Anda, sehingga membuat konsumen memilih membeli produk Anda.

2. Berikanlah Kepuasan Batin Kepada para Konsumen

Tips berikutnya dalam menentukan Unique Selling Proposition adalah, berikanlah kepuasan batin kepada para konsumen. Terkadang dalam berbisnis, Anda dituntut mempelajari sedikit psikologi, agar bisa tau kepuasan batin yang diinginkan konsumen.

Baca juga: Pengertian Konsinyasi Adalah: Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Dari produk yang Anda jual. Hal tersebut bisa jadi strategi USP yang jitu. Salah satu contohnya seperti iPhone. Lantas memang apa kepuasan batin dari konsumen yang diperlukan dari produk ini?

Pertama gengsi, dalam buku otobiografinya, dijelaskan Steve Jobs sangat terobsesi dengan desain yang sempurna. Hasilnya dapat dilihat sendiri bahwa iPhone sangat indah serta sedap dipandang, semua begitu rapi dan presisi.

Keindahan ini benar-benar dapat dimaksimalkan Steve Jobs yang memang marketing genius. Mulai dari presentasinya yang bagaikan theater, iklan selayaknya film mini. Bahkan hingga toko resmi di lokasi terkenal.

Dengan desain seperti toko perhiasan mewah. Semua pemasaran tersebut tujuannya untuk menciptakan persepsi bahwa iPhone merupakan barang mahal yang cantik dan mewah. Bukan hanya sekedar smartphone biasa seperti kompetitor lain.

Efek dari strategi pemasaran tersebut sangat luar biasa. Membuat orang-orang tidak ragu mengeluarkan banyak uang untuk membeli iPhone. Bahkan mereka rela mengantre belasan jam di emperan tokonya. 



3. Tengok USP competitor

Tips selanjutnya dalam menentukan Unique Selling Proposition adalah tengoklah USP competitor. Menengok di sini bukan berarti meniru apa USP mereka. Karena bila meniru persis USP yang sudah terkenal.

Kemungkinan besar Anda akan kalah. Mereka telah mempunyai banyak konsumen tetap serta sumber daya yang lebih besar. Menengok di sini ialah untuk mencari tahu apa yang kurang dari mereka.

Sehingga dapat dijadikan inspirasi untuk membentuk Unique Selling Proposition bisnis Anda sendiri. Dengan kata lain, gunakanlah kelemahan kompetitor untuk keuntungan bisnis Anda. Langkah pertama kunjungi website atau online shop mereka. 

Dari situ Anda dapat mengetahui bagaimana sistem mereka bekerja. Pastikan perhatikan segala aspek dari website tersebut. Mulai dari performanya, tampilan website, user experience hingga customer servicenya. 

Baca juga: Tahapan Customer Journey yang Wajib diketahui dalam Bisnis

Kemudian catat aspek-aspek apa saja yang kurang dari website atau toko competitor, semakin banyak semakin bagus. Lalu lakukan validasi hasil penemuan Anda dengan konsumen kompetitor.

Jadi bagi para pebisnis, kini tidak perlu bingung lagi dengan USP dan bagimana tips dalam menentukannya. Salah satu tips menentukan Unique Selling Proposition adalah berikanlah kepuasan batin kepada konsumen.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!