Konsinyasi adalah

Pengertian Konsinyasi Adalah: Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Konsinyasi adalah salah satu istilah yang berkaitan erat dengan hal bisnis dan kerjasama. Dimana para pelaku bisnis pastinya sudah mengetahui apa itu yang dinamakan dengan konsinyasi dan bagaimana cara penerapan konsinyasi yang baik.

Tetapi bagi para pelaku bisnis pemula kadang belum mengetahui apa itu yang dinamakan konsinyasi oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa itu konsinyasi beserta kelebihan dan juga kekurangan sistem konsinyasi.

Kelebihan Konsinyasi Adalah Seperti yang Berikut Ini

Konsinyasi merupakan sebuah kerjasama antara kedua belah pihak yaitu pemilik barang dan penjual barang. Dimana pemilik barang menaruh barang pada pihak yang diajak kerjasama dan pihak tersebut akan mengambil keuntungan dari barang yang dijual.

Oleh karena itu sistem kerja sama ini memiliki banyak kelebihan sehingga sering dilakukan oleh seseorang dengan harapan mendapatkan keuntungan dari kedua pihak. Berikut ini akan kami jelaskan tentang apa saja kelebihan dari konsinyasi berikut ini.

1. Biaya Operasional

Pemilik barang tentu mendapatkan keuntungan dari sistem kerjasama konsinyasi yang berkaitan dengan biaya operasional. Dimana pemilik barang tidak perlu membayar sewa ruko atau membayar karyawan untuk memasarkan barang miliknya tersebut.

2. Peluang Lebih Besar

Kelebihan konsinyasi adalah akan mendapatkan peluang yang lebih besar. Karena sistem kerjasama ini mampu menjangkau market yang lebih luas lagi dikarenakan adanya kerjasama pemilik dan penjual barang tersebut.

Baca juga: Keunggulan Komparatif Adalah Salah Satu Teori Penting

3. Promosi Produk

Konsinyasi juga dapat mempromosikan sebuah produk ke banyak orang lewat kerjasama ini. Sehingga dapat meningkatkan product awareness kepada para konsumen baru yang belum mengetahui produk tersebut sebelumnya.



4. Melakukan Pengujian Konsumen

Kelebihan selanjutnya konsinyasi adalah dapat digunakan untuk melakukan pengujian produk terhadap konsumen. Apakah produk tersebut dapat diterima dengan baik oleh konsumen atau tidak sehingga dapat menghemat pemasaran produk tersebut.

Jadi itulah beberapa kelebihan dari konsinyasi yang bisa Anda ketahui. Jadi dengan kelebihan tersebut pemilik barang bisa mendapatkan kelebihan dibandingkan dengan tidak menggunakan sistem kerjasama konsinyasi yang sudah dilakukan banyak orang.

Setelah mengetahui kelebihan dari konsinyasi Anda juga harus mengetahui kekurangan dari konsinyasi karena hal tersebut juga tidak kalah penting yang harus Anda ketahui. Maka dari itu untuk mengetahui kekurangan apa saja dari konsinyasi simak berikut ini.

Baca juga: Bingung Cara Mengukur Produktivitas Karyawan? Begini Cara Efektifnya!

Kekurangan Konsinyasi Adalah Seperti yang Berikut Ini

Selain memiliki beberapa kelebihan yang bisa didapat dengan sistem kerjasama ini, ada juga kekurangan dari sistem konsinyasi. Jadi seperti banyak hal lainnya di mana ada kelebihan di situlah ada sebuah kekurangan seperti sistem konsinyasi yang satu ini.

Anda juga harus mengetahui apa saja kekurangan dari sistem kerja konsinyasi sebagai pengetahuan bahwa tidak hanya kelebihan saja yang dimiliki tetapi kekurangan juga terdapat dalam sistem kerja konsinyasi adalah seperti yang akan kami bahas berikut ini.

1. Apabila Produk Tidak Diminati

Jika produk yang diberikan oleh pemilik barang kepada penjual barang tidak diminati oleh para konsumen, maka penjual akan menyerahkan kembali produk kepada pemilik barang tersebut dan pemilik barang harus mencari penjual yang lainnya.

2. Tidak Mendapatkan Pembayaran Langsung

Kekurangan konsinyasi adalah pemilik barang tidak akan mendapatkan uang secara langsung. Hal tersebut dikarenakan penjual harus bisa memasarkan produk tersebut terlebih dahulu kepada para pengecer dan setelah itu baru mendapatkan uang.

Baca juga: Perbedaan Sales dan Marketing Ini Harus Diketahui Pengusaha

3. Apabila Ada Kerusakan Barang

Kekurangan selanjutnya ada pada penjual barang dimana apabila barang yang akan dijual tersebut mengalami kerusakan maka ada kemungkinan penjual harus mengganti rugi barang yang rusak, tetapi hal tersebut kembali lagi pada kerjasama yang dibuat.



4. Tidak Semua Barang dapat Dijual

Kekurangan konsinyasi adalah tidak semua barang dapat dijual dengan menggunakan sistem konsinyasi. Biasanya barang yang dapat dijual dengan menggunakan sistem ini hanya barang yang tidak berisiko besar seperti makanan, minuman dan yang lainnya.

Sehingga itulah beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui dari sistem kerjasama konsinyasi antara pemilik barang dan penjual barang. Sehingga sebelum memutuskan untuk menggunakan sistem kerjasama yang satu ini baiknya dipertimbangkan dahulu.

Supaya Anda baik itu pemilik barang atau penjual barang sama-sama bisa mendapatkan keuntungan yang layak dari sistem kerja konsinyasi. Dan jangan lupa untuk membuat kesepakatan setelah mengetahui sistem konsinyasi adalah tersebut.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!