perbedaan sales dan marketing

Perbedaan Sales dan Marketing Ini Harus Diketahui Pengusaha

Sebagian besar orang menganggap tidak ada perbedaan sales dan marketing, mereka keduanya dianggap sama saja dan tidak berbeda. Padahal nyatanya, kedua istilah dalam bisnis tersebut mempunyai arti yang berbeda.

Dalam dunia bisnis, memang istilah-istilah itu punya perbedaan di mana dapat dilihat dari sejumlah aspek. Jika memang Anda berniat untuk membuka sebuah usaha, maka sangat penting untuk mengenali definisinya.

Karena jika menyepelekan hal itu, maka bisa mengakibatkan usaha yang dijalankan tidak dapat berkembang dengan baik. Jika diperhatikan pasti di lowongan kerja banyak pilihan posisi marketing atau sales.

Para pelamar kerja juga kerap menganggapnya sama saja kedua posisi tersebut. Padahal dilihat dari pengertian, tanggung jawab, bahkan tugasnya masing-masing punya peran sendiri dan tidak sama satu dengan lainnya.

Baca juga: Cara menghilangkan rasa malas saat kerja

Pahami Tentang Marketing dan Sales

Supaya Anda lebih jelas dan paham mengenai perbedaan sales dan marketing, maka poin pertama yang wajib diketahui ialah mengenai definisinya. Pada suatu perusahaan serta bisnis, marketing maupun sales pasti ada.

Keduanya berada dalam divisi berbeda, oleh karena itu Anda harus tahu pengertian, tugas, hingga tanggung jawabnya masing-masing. Untuk definisi sales sendiri ialah penjualan atau kegiatan menjual barang atau jasa.

Dalam bisnis, nantinya tiap perusahaan pasti punya tim salesnya masing-masing. Di mana mereka akan bertanggung jawab pada penjualan baik barang atau jasa yang ada di perusahaannya itu sendiri.

Latar belakang dari pekerjaan dan tanggung jawab tim sales ialah wilayah penjualan, target pelanggan, hingga produk barang maupun jasa. Mengenai area penjualannya, tim sales tahu harus jual produknya ke mana.

Penting untuk mengetahui perbedaan sales dan marketing agar tahu tugasnya masing-masing. Tim sales akan memetakan area penjualannya. Mereka juga tahu strategi untuk pemasarannya jika sudah paham jenis produk yang akan dijual.

nantinya mereka juga tahu siapa target pelanggan tepat sukses menjual barang maupun jasa yang ditawarkan. Beberapa faktor dapat mempengaruhi tim ini, salah satunya kondisi pasar, model, strategi marketing, serta pelanggan.

Perbedaan sales dan marketing memang tidak banyak diketahui. Defisini marketing sendiri lebih luas serta mendalam dibanding sales. Karena proses tersebut mencakup penetapan harga, perencanaan, distribusi barang, hingga metode promosinya.

Tujuannya sendiri ialah untuk memberikan kepuasan akan kebutuhan pelanggannya. Sekarang ini sebagian besar perusahaan memakai teknik marketing mix di mana dulunya hanya punya 4 strategi yakni 4P.

4P sendiri ialah place, product, promotion, dan price serta kini tambah jadi 7P. Di mana mencakup physical evidence, proses, serta people. Tentunya Anda harus tahu apa tujuan dari tim marketing.

Tujuan marketing sendiri ialah produk atau jasa yang dibeli pelanggan harus selalu diingat agar dapat dipromosikan orang lain. Hal itu disebut sebagai brand awarness, jadi produk Anda akan selalu diingat pelanggan.

Ketahui Perbedaan Sales dan Marketing

Pasti Anda sering menemukan perusahaan yang sedang mencari posisi untuk marketing maupun sales. Walaupun kedua tim tersebut punya peranan berbeda, namun tetap harus berjalan beriringan agar tujuan perusahaan tercapai.

  1. Fokus dengan tujuannya

Fokus tim sales ialah menjual produknya agar mencapai target. Sementara marketing bukan hanya menjual saja, melainkan juga membuat pelanggan selalu ingat dengan produk yang dijual dan konsumen melakukan promosi tanpa diminta.

  1. Proses kerja

Sales proses kerjanya berinteraksi langsung dengan para pelanggan, baik via telepon, bertatap muka, atau berkirim pesan. Untuk marketing kerjanya dibelakang konsumen, jadi tidak perlu jumpa atau berinteraksi dengan pelanggan.

  1. Relasi dengan konsumen

Perbedaan sales dan marketing berikutnya ialah hubungannya dengan pelanggan. Untuk sales hubungannya tidak penting karena tujuan sales jual sebanyak mungkin produknya.

Beda dengan marketing yang harus selalu menjaga hubungannya dengan pelanggan pasca membeli produk. Ini dilakukan agar konsumen mau memberikan review mengenai barang yang dibeli.

Baca juga: Rekomendasi kursus online murah & gratis selain prakerja

  1. Ruang lingkup pekerjaan

Karena durasi kerja cukup pendek, maka ruang lingkup kerjanya sales tidak luas. Beda dengan marketing, lebih luas karena mereka berkerja lebih lama, apalagi harus melakukan riset pasar.

  1. Prospek

Sales bekerja sesuai target dari marketing. Tentunya berbeda dengan satunya, karena mereka akan terus menghasilkan prospek baru supaya produknya tidak hilang karena persaingan pasar.

Tugas kedua tim tersebut juga tidak sama. Jadi keduanya harus menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing agar nantinya perusahaan tidak bangkrut. Untuk itu Anda harus tahu perbedaan sales dan marketing.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!