kursus online murah & gratis selain Prakerja

Top Kursus Online Murah & Gratis Selain Prakerja untuk Anda

Bentuk pembelajaran daring saat ini juga telah beradaptasi menjadi daring, sehingga banyak orang yang memilih kursus online murah & gratis selain Prakerja. Karena Prakerja tidak menerima semua pendaftar pada salah satu program unggulan pemerintah ini.

Hal tersebut karena terbatasnya jumlah orang yang dinyatakan lulus dan harus sesuai dengan kriteria dari program tersebut. Karena hal inilah yang membuat pendaftar tidak lulus atau belum memenuhi kualifikasi memilih ikut pelatihan online murah & gratis selain Prakerja.

Jika Anda termasuk orang-orang tersebut, maka melalui artikel ini silakan temukan kursus terbaik yang sesuai dengan kebutuhan maupun budget Anda.

Baca juga: Manfaat ikut kursus keterampilan

Mengenal Apa itu Kursus Online?

Kursus online atau sering dikenal sebagai belajar online merupakan pelatihan untuk mempelajari keterampilan tertentu yang menggunakan jaringan digital dalam setiap prosesnya, seperti belajar, berinteraksi, ujian, serta berdiskusi.

Jika Anda ikut kursus online, maka tidak wajib bertemu langsung atau bertatap muka di tempat pelatihan. Sehingga hal ini menjadi pemicu banyak orang memilih berlangganan kursus online murah & gratis selain Prakerja karena mobilitas fleksibel.

  1. Alasan Banyak Orang Memilih Kursus Online

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan mengapa banyak orang memilih untuk memilih jenis kursus ini antara lain:

  1. Jadwal Fleksibel

Pada umumnya jadwal dari belajar online sangat fleksibel sehingga cocok bagi peserta yang masih sekolah, kuliah, atau bekerja. Anda dapat mengatur sendiri jadwal belajar agar tidak berbenturan dengan agenda lainnya.

  1. Lebih Mudah Fokus

Bagi orang-orang yang mudah terdistraksi dengan keadaan sekitar, maka tipe pembelajaran ini sangat cocok. Anda dapat memilih sendiri lokasi dan suasana belajar sehingga bisa lebih fokus. Selain itu tidak perlu juga berintraksi secara langsung dengan peserta lainnya.

  1. Materi Dapat Diulang

Jika tidak sempat mencatat materi selama pembelajaran, maka Anda bisa mengulangnya melalui rekaman materi berupa video, podcast, dan format PDF.

Jadi apabila lebih senang belajar dengan salah satu media di atas, Anda dapat lebih mengerti pembelajaran dengan menggunakan media tersebut.

  1. Tips Memilih Kursus Online

Karena tidak bisa didatangi secara langsung, maka memilih kursus online murah & gratis selain Prakerja ini harus lebih teliti dan hati-hati agar tidak tertipu dengan janji saja. Beberapa cara memilihnya antara lain:

  • Tentukan apa yang ingin diperoleh dari kursus.
  • Perbanyak melakukan riset kursus.
  • Pilih penyedia yang sudah tepercaya.

Baca juga: Kursus Keterampilan yang Menjanjikan

6 Rekomendasi Kursus Online Murah & Gratis Selain Prakerja untuk Dipilih

Beberapa penyedia belajar online yang kami rekomendasikan untuk Anda pertimbangkan di antaranya adalah:

  1. Coursera

Ada banyak jenis kursus online murah & gratis selain Prakerja yang disediakan lembaga dengan laman website https://coursera.org ini. Beberapa di antaranya adalah seni rupa, akademik, bahkan kursus mengenai kebahagiaan dan meditasi.

Jika ingin mendapatkan sertifikat, Anda harus membayar sejumlah uang lebih dahulu.

  1. IndonesiaX

Kursus online murah & gratis selain Prakerja IndonesiaX memiliki banyak materi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Mereka bekerja sama dengan berbagai institusi dan instansi terkemuka, seperti beberapa universitas top, Bank Negara Indonesia, NET TV, dan lain-lain. 

Kursusnya gratis, namun jika ingin mendapat sertifikat maka harus membayar biaya administrasi.

  1. Haktiv8

Haktiv8 dapat menjadi rekomendasi pelatihan online murah & gratis selain Prakerja yang dibuat bagi orang yang berminat menjadi Full Stack Developer. Terdapat program belajar sembilan jam per hari selama lima hingga enam hari atau empat jam per hari.

Waktu bootcamp sekitar 12 sampai 24 munggu dan Anda dibantu untuk mendapatkan pekerjaan dari perusahaan yang bekerja sama.

  1. Shift Academy

Shift Academy adalah program milik Peopleshift yang bertujuan dalam membantu mewujudkan salah satu visi mereka, yaitu sebagai platform pembelajaran bagi peminat pelatihan atau belajar online.

Beberapa pembelajaran yang ditawarkan di antaranya adalah full stack developer, digital marketing, serta data science.

  1. SquLine

SquLine hadir untuk peserta yang ingin belajar bahasa asing. Di mana setiap orang dapat belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin di mana pun dan kapan saja.

  1. Purwadhika

Purwadhika Digital menyediakan banyak pilihan keterampilan seperti Digital Marketing, Full Stack Development, Advanced SEO, UI/UX Design, Machine Learning Engineering, dan lain-lain. 

Berdasarkan penjelasan tentang pembelajaran melalui kursus online murah & gratis selain Prakerja di atas, maka Anda bisa memilih salah satu penyedia yang sesuai dengan kebutuhan dan minat.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.