manfaat ikut kursus keterampilan

Manfaat Ikut Kursus Keterampilan yang Wajib Disimak

Saat ini setiap orang yang ingin bertahan di tengah ketatnya persaingan kerja harus menambah skilnya, sehingga manfaat ikut kursus keterampilan wajib Anda ketahui. Bisa digunakan sebagai salah satu bekal menghadapi persaingan tersebut.

Awalnya Anda mungkin merasa hal ini membuang-buang waktu dan uang untuk menguasai keterampilan tertentu. Namun tidak akan ada yang sia-sia, karena setiap orang yang mengikuti pelatihan dengan benar, pasti akan mendapatkan manfaat.

Nah, apalagi jika Anda ingin beralih profesi yang skilnya masih belum dikuasai, maka mengikuti kursus adalah solusi terbaik. Di artikel di bawah ini, kami sudah merangkum beberapa informasi dan manfaat ketika menjadi peserta pelatihan tersebut.

Apa itu Kursus Keterampilan?

Sebelum langsung masuk ke dalam pembahasan mengenai manfaat ikut pelatihan keterampilan, ketahuilah makna dari kursus tersebut.

Kursus adalah sebuah kegiatan belajar mengajar mirip sekolah, namun diselenggarakan di dalam waktu yang pendek dan hanya mempelajari satu keterampilan saja.

Setelah program selesai dan peserta dinyatakan lulus, maka mereka akan mendapatkan surat keterangan lulus atau sertifikat. Beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai kursus di antaranya adalah:

  1. Pendidikan Non-Formal

Pelatihan keterampilan termasuk ke dalam kategori pendidikan non-formal yang diselenggarakan oleh lembaga pelatihan. Walaupun kegiatannya mirip dengan proses belajar mengajar, namun hanya digunakan untuk mempelajari keterampilan tertentu.

  1. Waktu Program Pendek

Diselenggarakan dalam waktu yang pendek saja, yaitu sekitar satu hingga tiga bulan dan menyesuaikan dengan kurikulum sesuai keterampilan dan lembaga penyelenggara.

Baca juga: Kursus Keterampilan yang Menjanjikan

  1. Fokus Pada Satu Keahlian Saja

 Di mana jika Anda hanya mengikuti pelatihan dasar, maka itulah yang akan didapatkan selama program berlangsung. Apabila Anda ingin meningkatkan keahlian di bidang itu atau menambah skill lain, maka harus mengikuti kursus lainnya.

  1. Tanda Kelulusan Berupa Sertifikat

Jika sekolah atau universitas menyediakan ijazah sebagai tanda kelulusan, kursus menyediakan sertifikat sebagai tanda bahwa Anda telah memiliki kompetensi tersebut. 

Sertifikat atau surat keterangan yang diperoleh bisa digunakan untuk melamar kerja sebagai sarana untuk menambah diterimanya peluang kerja. 

  1. Kursus Tertentu Menyelenggarakan Ujian Negara

Jika Anda merupakan peserta kursus ahli kecantikan atau penata rambut, maka nanti diwajibkan mengikuti ujian negara. 

Ujian tersebut berguna untuk mengetahui seberapa bagusnya kemampuan peserta dan mengawasi mutu kursus agar mampu menghasilkan lulusan yang ahli.

Berbagai Manfaat Ikut Kursus Keterampilan Bagi Pesertanya

Jadi, selama mengikuti beberapa pelatihan tersebut Anda tentu akan mendapatkan beberapa keuntungan atau manfaat ikut kursus keterampilan, di antaranya adalah:

  1. Menambah Skill atau Keterampilan Baru

Jika ingin menguasai keterampilan baru, Anda dapat memanfaatkan kursus sebagai penyedianya. 

Tidak perlu khawatir apabila merasa skill yang Anda inginkan tidak ada kursusnya, karena jumlah keterampilan tersedia di lembaga tersebut sudah berkembang sesuai zaman. Beberapa di antaranya desain grafis, barista, digital marketing, dan lain-lain 

  1. Menambah Relasi

Manfaat ikut kursus keterampilan ini cukup terasa karena Anda akan berjumpa dengan orang-orang yang memilik minat sama. Mereka dapat menjadi rekan belajar dan teman sehari-hari.

Poin pentingnya, Anda juga bisa menemukan berbagai informasi mengenai lowongan kerja dari rekan sekursus tersebut. Jadi ketika ingin mencari kerja, mereka bisa menjembatani Anda untuk menemukan lowongan yang sesuai dengan skill.

Baca juga: Ilmu komunikasi kerja apa

  1. Lebih Percaya Diri Bersaing

Bekal soft skill dan hard skill yang diterima menjadi manfaat ikut kursus keterampilan karena dapat meningkatkan rasa percaya diri ketika bersaing di dunia kerja. 

Karena banyak juga orang-orang yang sudah bekerja tetap mengikuti pelatihan agar dapat meningkatkan performa.

Pelatihan juga dapat membantu Anda menambah portofolio karena selama pembelajaran ada proyek yang dikerjakan.

  1. Lebih Banyak Menerima Ilmu

Karena langsung diajari oleh ahli di bidangnya manfaat ikut kursus keterampilan ini akan membuat peserta lebih antusias, karena pengajarnya memang berkompetensi. 

Peserta dapat berdiskusi dan mengeksplor keterampilan mendalam serta menemukan berbagai teknik belum pernah Anda pelajari. Outputnya, wawasan dan keterampilan Anda akan jauh berkembang dan lebih banyak tahu.

  1. Modal Kerja

Hal ini merupakan manfaat ikut kursus keterampilan paling besar. Karena kegiatan selama kursus berfokus kepada praktik, maka sudah pasti keterampilan peserta untuk menyelesaikan masalah lebih teruji. 

Nah, ternyata mengikuti salah satu pendidikan non-formal ini sangat banyak dan membantu para pencari kerja. Oleh karena itu, setelah mengetahui manfaat ikut kursus keterampilan segeralah cari kursus yang cocok.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.