kursus keterampilan yang menjanjikan

5 Kursus Keterampilan yang Menjanjikan dalam Pekerjaan

Banyak orang mulai mengikuti kursus keterampilan yang menjanjikan agar dapat lolos dalam persaingan tersebut. Sebab memasuki dunia kerja, persaingan semakin ketat antara yang baru lulus hingga mereka yang sudah berpengalaman.

Selain dapat meningkatkan peluang untuk lolos dalam mendaftar pekerjaan di perusahaan, keterampilan tersebut juga bisa dijadikan bekal untuk membuka lowongan kerja sendiri. Misalnya saja menjadi freelancer melalui laman penyedia jasa freelance.

Untungnya kursus sekarang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja sehingga memudahkan kita memilih berdasarkan kebutuhan dan ketertarikan. Berikut ini kami akan membahas daftar rekomendasi kursus sebelum masuk dunia kerja.

Baca juga: ilmu komunikasi kerja apa? Simak ulasan berikut

5 Daftar Kursus Keterampilan yang Menjanjikan 

Bagi anak SMA, mahasiswa, atau yang baru saja lulus dan ingin melamar pekerjaan sesuai bidang impian, tentu harus mengeksplor diri sebelumnya dengan berbagai macam kegiatan. Salah satunya kursus untuk meningkatkan keterampilan berikut ini.

  1. Data Science

Karena kebutuhan akan teknologi semakin meningkat, data science atau machine learning juga semakin populer karena dibutuhkan berbagai bidang bisnis, terutama teknologi.

Agar dapat menjadi ahlinya, tentu seorang data science perlu paham beberapa program komputer, yaitu Python, SQL, Java, R, Scala, dan masih banyak lagi. Memang bagi beberapa orang akan terasa sulit apalagi jika dilakukan dengan otodidak. 

Maka, adanya kursus keterampilan yang menjanjikan ini bisa menjadi jalan bagi Anda untuk belajar dari ahlinya secara langsung.

Dalam ilmu tersebut, kita akan belajar bagaimana machine learning dalam sebuah komputer berjalan untuk mempelajari sesuatu hal tanpa harus diprogram secara spesifik. 

Artinya, kita bisa melakukan analisa dan prediksi hanya dengan komputer yang memiliki kemampuan mendekati otak manusia.

Jadi, tidak heran jika banyak penyelenggara program tersebut karena termasuk dalam kategori kursus keterampilan yang menjanjikan di dunia kerja.

  1. Bahasa Asing

Kursus keterampilan yang menjanjikan selanjutnya adalah bahasa Asing karena bahasa akan selalu dijadikan alat komunikasi dimanapun kita berada. Oleh karena itu, penting untuk menguasai bahasa internasional agar kesempatan bekerja dan peluang karir semakin terbuka lebar.

Tidak hanya itu, sebagian bidang pekerjaan dengan spesifikasi bisa berbahasa asing juga menawarkan gaji lebih besar. Maka, tidak heran juga jika kursus bahasa bahasa asing cukup menjamur. 

Bahkan, beberapa di antaranya memasang harga cukup tinggi apabila lembaga belajarnya sudah terkenal.

  1. Public Speaking

Apabila Anda masih kesulitan berbicara di depan umum, maka kursus keterampilan yang menjanjikan selanjutnya dan wajib dipelajari adalah public speaking. Materi ini akan meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda menjadi lebih bagus dan efektif.

Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi ketika sesi wawancara kerja. Selain itu, juga bisa digunakan ketika Anda masuk ke bidang-bidang yang berkaitan langsung dengan nasabah. 

Karena dengan kemampuan komunikasi yang baik, Anda bisa menyampaikan dan menjelaskan tujuan dengan baik kepada HRD atau kepada calon nasabah nanti ketika sudah bekerja. 

Baca juga: Cara melamar kerja di pt Foom lab global

  1. Web Developer

Seperti halnya data science, skill web developer juga semakin populer karena meningkatnya kebutuhan akan hal-hal bersifat digital. Misalnya website untuk kepentingan bisnis, marketing, dan lainnya.

Selain bisa bersaing di dunia kerja, skill ini juga membantu Anda untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri. Bahkan, penghasilan yang ditawarkan juga cukup besar daripada bidang lainnya. 

Namun, bagi yang tidak memiliki latar belakang keahlian ilmu komputer, maka Anda bisa mengikuti jenis kursus satu ini. Dengan menguasai dasar-dasarnya saja, Anda juga sudah bisa menjadi seorang web developer.

  1. Digital Marketing

Prospek selanjutnya yang cukup cerah bagi para fresh graduate adalah karir sebagai digital marketing. Selain karena lapangan kerjanya cukup banyak dibutuhkan berbagai industri, ia juga menawarkan penghasilan cukup tinggi.

Selain itu, bidang ini cukup mudah untuk dipelajari oleh siapa saja tanpa harus memandang latar akademik yang ditempuh. Bahkan, Anda juga bisa mempelajarinya secara otodidak melalui buku atau mengikuti kursus.

Nantinya Anda akan mempelajari aspek-aspek dalam digital marketing, seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), dan lainnya. Lalu, ada juga aspek marketing organik maupun menggunakan media advertising seperti Facebook Ads dan Tiktok Ads.

Tidak heran jika kursus keterampilan yang menjanjikan satu ini diminati banyak orang karena selain bisa digunakan untuk melamar kerja, Anda juga bisa membuka lowongan sendiri secara freelance.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!