cara menghilangkan rasa malas saat kerja

Cara Menghilangkan Rasa Malas Saat Kerja Bagi Para Pekerja

Rasa bosan dan malas sering menghampiri beberapa orang ketika bekerja, sehingga mereka membutuhkan cara menghilangkan rasa malas saat kerja. Hal tersebut karena rasa malas tersebut dapat mengganggu produktivitas Anda.

Dengan mengetahui beberapa teknik atau cara menghilangkannya, maka potensi kebiasaan tersebut untuk terus berulang akan semakin berkurang. Di artikel ini kami telah menyiapkan beberapa cara yang dapat Anda terapkan!

Cara Menghilangkan Rasa Malas Saat Kerja yang Wajib Diketahui

Beberapa cara ampuh yang dapat Anda lakukan ketika sedang dihinggapi rasa malas saat bekerja di antaranya adalah:

  1. Menentukan Target yang Mau Dicapai

Biasanya rasa malas diakibatkan kurangnya motivasi ketika hendak melakukan sesuatu, namun hal tersebut dapat Anda atasi dengan menetapkan tujuan dan target realistis. 

Target yang tidak realistis dapat memadamkan semangat serta keinginan dalam menyelesaikan pekerjaan itu. Makanya cobalah untuk menetapkan target lebih kecil dari yang dapat dicapai sesuai kemampuan karena dapat menjadi cara ampuh.

  1. Menyusun Kegiatan yang Akan Dikerjakan

Menyusun rencana pekerjaan atau kegiatan dapat menjadi salah satu cara menghilangkan rasa malas saat kerja.

Agar dapat mencapai target, jangan sampai tidak membuat rencana, karena sama pentingnya dengan niat dan semangat. Anda bisa membuat rencana yang realistis dan sesuai dengan kemampuan saat itu.

Selain itu, menyusun rencana juga berperan sebagai arahan san meningkatkan kepercayaan diri, terutama dalam menghadapi rintangan.

Baca juga: Kursus online murah & gratis selain prakerja

  1. Hindari Kecenderungan Perfeksionis

Selain membuat seseorang dapat lebih kompetitif pada lingkungan kerja yang perfeksionis, ternyata perfeksionisme juga bisa menyebabkan rasa malas dan depresi. 

Oleh karena itu jangan berekspektasi terlalu tinggi ketika bekerja, lebih baik bekerja semaksimal mungkin dan melakukan perbaikan jika ada kesalahan.

  1. Minta Bantuan

Cara menghilangkan rasa malas saat kerja lainnya yang dapat Anda coba adalah dengan meminta bantuan. 

Meminta bantuan bukan berarti bahwa Anda lemah atau tidak mampu, namun sebagai usaha untuk memperoleh berbagai keberhasilan dan menerima masukan dari orang lain.

Misalnya ketika meminta bantuan dari rekan kerja bisa menjadi saran penting untuk membangun hubungan dan meningkatkan motivasi. Sudut pandang dari orang lain juga dapat memberikan insight baru untuk meningkatkan proses dan hasil kerja. 

  1. Menghargai Proses yang Dilakukan

Menghargai dan “merayakan” setiap proses kerja yang dilakukan dapat menjadi salah satu cara menghilangkan rasa malas saat kerja dan membantu mewujudkan berbagai rencana dalam jangka panjang. 

Misalnya adalah saat Anda berhasil mengerjakan sebuah tugas dengan bagus, cobalah untuk membahagiakan diri dengan hal-hal positif, misalnya self reward dengan makanan enak agar lebih bersemangat lagi.

Baca juga: Manfaat ikut kursus keterampilan

  1. Memenuhi Asupan Gizi dari Makanan

Selain fokus bekerja, cobalah agar asupan makanan atau sumber energi untuk tubuh dapat terpenuhi. Begitu juga dengan memperbaiki gaya hidup dapat membantu Anda ketika hendak menemukan cara menghilangkan rasa malas saat kerja.

Untuk mengawalinya, cobalah dengan mengonsumsi asupan makanan yang kaya akan gizi dan meningkatkan energi.

Dengan memperhatikan asupan makanan tersebut, juga bisa sekaligus membantu Hal menaikkan semangat ketika sedang bekerja. 

Beberapa contohnya di antaranya adalah daging sapi, dada ayam, telur, susu, tahu, keju, pisang, yoghurt, serta tempe. 

Hindari juga makanan dengan lemak dan gula yang tinggi karena akan lebih lama dicerna tubuh dan meningkatkan kadar gula dalam darah Anda.

  1. Rajin Berolahraga

Rutin berolahraga, misalnya dengan berjalan kaki, selain dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan stamina, ternyata juga dapat menjadi cara menghilangkan rasa malas saat kerja.

Hal tersebut bisa terjadi karena olahraga sangat berguna dalam memperbaiki suasana hati, mengurangi stres, kecemasan, depresi, serta meningkatkan energi Anda ketika melakukannya, dan efeknya juga tetap terasa setelah dilakukan.

Oleh karena itu usahakanlah menyempatkan beberapa menit dalam sehari untuk berolahraga, misalnya bersepeda atau berjalan kaki untuk melawan rasa malas itu.

Namun tentu saja harus diiringi dengan niat dan motivasi, karena jika tidak dilakukan akan dapat membuat Anda tidak bisa menyelesaikan tugas dengan maksimal. Makanya agar dapat meningkatkan rasa semangat cobalah untuk berolahraga.

  1. Mengerjakan Tugas Paling Mudah

Buatlah berbagai daftar pekerjaan dari paling mudah karena bisa membantu membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Tugas yang selesai bisa meningkatkan mood dan motivasi karena dirasa mampu dikerjakan.

Dengan semua cara menghilangkan rasa malas saat kerja tersebut, maka usahkanlah untuk mengerjakannya agar produktivitas naik.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!