diskusi adalah

Diskusi Adalah: Pengertian, Tujuan dan Unsur-Unsur Diskusi

Diskusi adalah hal yang umum dilakukan oleh beberapa orang baik yang saling bertukar pikiran dan saling berpendapat untuk mencapai sebuah kesepakatan bersama. Diskusi bisa saja bersifat formal ataupun non formal tergantung dari hal apa yang didiskusikan.

Dengan adanya diskusi maka sebuah hal yang belum memiliki keputusan sebelumnya dapat ditentukan keputusannya dengan adanya sebuah diskusi. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai apa itu diskusi.

Tujuan Diskusi Adalah Seperti yang Berikut Ini

Diskusi biasanya diadakan untuk menentukan sebuah tujuan tertentu. Sehingga setiap kali diskusi diadakan untuk menghasilkan sebuah tujuan yang dapat disepakati bersama. Selain itu diskusi juga memiliki beberapa tujuan seperti yang berikut ini.

  1. Meningkatkan pemahaman seseorang terkait topik yang sedang dibahas.
  2. Mendapatkan pemahaman dari berbagai macam sudut pandang yang berbeda-beda seta alasannya.
  3. Diskusi dapat digunakan sebagai perencanaan terhadap hal yang akan dilakukan setelah diskusi tersebut.
  4. Memperkuat rasa inklusi terhadap seseorang dari berbagai macam latar dan pengetahuan yang berbeda-beda.
  5. Dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi sebuah konflik.

Jadi tujuan diskusi adalah seperti yang telah kami sebutkan di atas tadi. Setelah mengetahui apa saja tujuan dari diskusi Anda juga harus mengetahui apa saja unsur-unsur diskusi yang selengkapnya akan kami bahas seperti yang ada di bawah ini.

Baca juga: Aktualisasi Adalah dan Cara Menerapkannya Pada Dunia Kerja

Unsur-Unsur Diskusi Adalah Seperti yang Berikut Ini

Selain memiliki tujuan sebuah hal bisa dikatakan sebagai diskusi apabila memenuhi beberapa unsur diskusi. Ada beberapa unsur-unsur yang memenuhi syarat sebagai diskusi. Oleh karena itu langsung saja simak ulasan menarik selengkapnya berikut ini.

1. Moderator

Salah satu unsur diskusi adalah adanya sebuah moderator. Moderator sendiri adalah orang yang memandu jalannya sebuah diskusi yang memiliki beberapa tugas seperti mengatur, memandu dan mengawasi jalannya sebuah diskusi.

Seorang moderator harus dapat memandu jalannya sebuah diskusi untuk dapat berjalan dengan baik. Serta memastikan jalannya diskusi tersebut sesuai dengan topik yang akan dibahas dalam keadaan tetap kondusif.

2. Panelis

Panelis juga sering dikatakan sebagai narasumber yaitu seseorang yang bertugas untuk membawakan materi diskusi yang akan dibahas. Selain itu tugas dari panelis antara lain adalah untuk menyampaikan masalah dan juga solusi dari diskusi tersebut.

Panelis atau narasumber juga harus siap untuk menjawab segala pertanyaan yang kemungkinan akan dipertanyakan oleh para anggota diskusi. Sehingga untuk menjadi panelis harus memiliki pemahaman tentang topik diskusi yang akan dibahas.



3. Notulis

Selain panelis unsur diskusi adalah adanya seseorang yang menjadi orang yang bertugas untuk mencatat notula atau hasil catatan dari rapat tersebut. Sehingga untuk menjadi notulis seseorang harus mendengarkan dengan baik jalannya diskusi.

Baca juga: Apa Saja Tugas Sekretaris yang Utama dan Ketahui Kriterianya

Notulis juga harus memiliki kemampuan yang baik untuk bisa meringkas ide atau gagasan yang dikeluarkan oleh para anggota diskusi. Sehingga dapat mencegah hal-hal penting dari diskusi yang tidak boleh untuk terlewatkan.

4. Peserta Diskusi

Sebuah kegiatan bisa dikatakan sebagai diskusi apabila kegiatan tersebut terdapat peserta diskusi yang mengikuti jalannya diskusi tersebut. Sehingga diskusi tidak bisa dijalankan tanpa ada peserta diskusi yang mengikutinya.

Peserta diskusi tidak sekedar mendengarkan jalannya diskusi saja tetapi peserta diskusi juga harus ikut aktif dalam jalannya diskusi tersebut. Peserta diskusi juga harus bisa menyampaikan ide atau gagasan yang lainnya.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Materi Diskusi

Selain melibatkan orang dalam jalannya sebuah diskusi hal lain yang juga termasuk unsur diskusi adalah materi. Materi diskusi juga harus dipersiapkan oleh semua orang yang yang terlibat dalam jalannya sebuah diskusi.

Sehingga orang yang terlibat dalam jalannya sebuah diskusi harus menyiapkan materi diskusi terlebih dahulu sebelum berlangsungnya sebuah diskusi. Materi yang dipersiapkan juga harus sesuai dengan topik yang akan dibahas.

6. Fasilitas

Unsur terakhir dari sebuah diskusi adalah fasilitas yang menunjang kegiatan diskusi tersebut. Diskusi bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan diskusi offline atau diskusi online yang saat ini sudah banyak dilakukan.

Jika diskusi secara offline maka beberapa fasilitas yang harus disiapkan adalah tempat berlangsungnya diskusi, meja, kursi kertas, pulpen dan yang lainnya. Jika diskusi dilakukan secara online maka fasilitas yang digunakan seperti Zoom atau Google.

Baca juga: Cara Menjadi Moderator Presentasi Yang Baik Dan Profesional

Jadi itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai diskusi. Jadi sebelum melakukannya persiapan diskusi adalah seperti yang telah kami bahas tersebut.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!