gateway adalah

Gateway Adalah: Pengertian dan Fungsi Gateway Pada Jaringan

Apakah Anda pernah mendengar istilah gateway? Gateway adalah sebuah teknologi yang memungkinkan dua buah komputer saling terhubung satu sama lain. Jadi pengertian sederhana dari gateway adalah tersebut.

Lalu apa fungsi dari gateway? Gateway memiliki banyak fungsi yang berbeda-beda. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh jenis-jenis gateway itu tersendiri. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang gateway tersebut.

Pengertian Gateway Adalah?

Pengertian Gateway Adalah? Sumber: Pexels.com

Gateway adalah sebuah perangkat yang dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya. Karena setiap perangkat memiliki protokol yang berbeda-beda sehingga perlu menggunakan sebuah gateway untuk menghubungkan.

Gateway memiliki tugas untuk menyambungkan satu jaringan dengan jaringan yang lainnya. Meskipun setiap jaringan memiliki arsitektur dan pola topologi yang berbeda-beda tetapi dengan menggunakan gateway hal tersebut dapat menjadi disambungkan.

Selain itu gateway juga memiliki kegunaan untuk menghubungkan sesama komputer besar ataupun komputer besar ke komputer kecil. Setelah mengetahui apa itu gateway maka di bawah ini akan kami bahas mengenai fungsi dari gateway pada jaringan.

Baca juga: Kenali Cara Belajar Komputer Dasar untuk Para Newbie

Fungsi Gateway Pada Sebuah Jaringan

Layaknya sebuah konversi protokol, gateway memiliki beberapa macam fungsi yang bisa Anda ketahui. Dan berikut ini akan kami bahas satu persatu fungsi dari sebuah gateway pada jaringan secara lengkap dan detail yang bisa Anda ketahui berikut ini.

1. Hardware Sharing

Fungsi dari gateway adalah untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat yang lain. Perangkat keras atau hardware juga bisa Anda hubungkan apabila menggunakan teknologi gateway yang satu ini untuk saling berbagi dengan yang lain.

Istilah ini juga sering disebut dengan Hardware Sharing yang memiliki contoh seperti alat cetak pada sebuah ruangan yang digunakan untuk semua orang. Sehingga fungsi lain dari gateway adalah dapat berbagi suatu hal secara bersamaan.

2. Untuk Mengakses Informasi

Fungsi selanjutnya dari gateway yaitu bisa digunakan untuk melakukan akses informasi yang bisa dilakukan menjadi lebih mudah dengan menggunakan gateway. Sehingga user bisa mendapatkan akses informasi yang lebih jelas apabila dibutuhkan.

Hal tersebut dikarenakan kedua komputer yang saling terhubung bisa saling bertukar data meskipun memiliki protokol yang berbeda. Jika tidak ada gateway maka kedua komputer tersebut tidak bisa melakukan pertukaran data karena protokolnya berbeda.

Baca juga: Berbagai Jenis Software HR dan Cara Memilih Software HR Terbaik



3. Membantu Komputasi

Gateway adalah sebuah teknologi yang serba guna untuk berbagai macam hal bisa menggunakan gateway. Salah satunya adalah dapat membantu komputasi pada sebuah perusahaan sehingga kinerja menjadi lebih efisien apabila terjadi overload.

Anda bisa melakukan tersebut dengan cara melakukan distribusi sebuah tugas dari satu komputer ke komputer yang lain dengan catatan masih terhubung ke jaringan yang sama. Sehingga proses yang akan dilakukan bisa selesai menjadi lebih cepat.

4. Konversasi Protokol

Fungsi gateway berikutnya adalah bisa digunakan untuk konversasi protokol. Hal ini bisa dilakukan karena gateway memiliki fungsi untuk saling menghubungkan dua buah komputer yang memiliki protokol berbeda dengan gateway hal tersebut bisa diatasi.

Setiap gateway juga dapat Anda operasikan pada setiap tingkatan yang berbeda-beda. Tingkatkan tersebut ada pada Open System Interconnection (OSI) yang dapat dijalankan dengan baik prosesnya apabila menggunakan teknologi gateway tersebut.

5. Memperlancar Proses Pertukaran Data

Fungsi terakhir dari gateway adalah dapat memperlancar proses pertukaran data yang akan dilakukan. Dengan hal tersebut maka Anda dapat dengan lebih mudah untuk melakukan integrasi dan melakukan pengaturan data penting dengan teknologi satu ini.

Tetapi hal yang perlu digaris bawahi adalah jaringan gateway tidak dapat berjalan dengan sendirinya. Sehingga harus ada admin yang dapat mengatur dan mengontrol keamanan atas jaringan gateway tersebut jadi tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Baca juga: Keunggulan Jurusan dan Prospek Pekerjaan Jurusan TKJ

Jadi itulah pengertian dan juga fungsi dari gateway yang harus Anda ketahui. Keberadaan gateway pada saat ini sangatlah penting karena dunia teknologi semakin hari semakin berkembang dengan gateway semua hal akan menjadi lebih mudah.

Perlu Anda ketahui bahwa gateway memiliki beberapa jenis diantaranya adalah Bidirectional Gateway, Unidirectional Gateway, VoiP Trunk Gateway, Cloud Storage Gateway, Network Gateway, dan jenis terakhir dari gateway adalah SloT Gateway.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.