10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Berbagai Jenis Software HR

Berbagai Jenis Software HR dan Cara Memilih Software HR Terbaik

Software HR jadi bagian penting dalam pengelolaan karyawan perusahaan. Perusahaan wajib mengetahui berbagai jenis software HR agar bisa memilih software HR terbaik untuk perusahaan.

Lalu apa saja berbagai jenis software HR ini? Buat Anda yang ingin mengetahuinya, Anda bisa menyimak penjelasan berbagai jenis software HR yang ada di bawah ini:

Mengenal Berbagai Jenis Software HR

Software HR merupakan perangkat lunak yang didalamnya dilengkapi fitur-fitur yang akan membantu mempermudah pengelolaan karyawan. Fitur-fitur tersebut berhubungan dengan penggajian atau payroll, pengajuan izin dan cuti, hingga absensi.

Di Indonesia sendiri telah banyak pilihan software HR yang bisa Anda gunakan. Berikut berbagai jenis software HR yang bisa Anda jadikan pilihan untuk mempermudah pengelolaan karyawan:

  1. Talenta

Talenta merupakan software HR pertama yang bisa menjadi pilihan Anda. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh software ini, yaitu:

  • Mempermudah perhitungan gaji dan transfer gaji
  • Online absensi
  • Berbasis cloud
  • Telah digunakan oleh ribuan perusahaan

Bagi Anda yang tertarik menggunakan Talenta, Anda bisa mulai berlangganan dengan harga Rp20.000/karyawan/bulan.

  1. GajiHub

Selain Talenta, Anda juga bisa mempertimbangkan GajiHub sebagai software HR pilihan Anda. GajiHub merupakan software HR yang dilengkapi berbagai fitur, yaitu:

  • Perhitungan payroll
  • Absensi
  • HRIS
  • Perhitungan PPh 21
  • BPJS
  • Akuntansi
  • Izin dan cuti
  • Analisis manajemen data karyawan

Buat Anda yang tertarik menggunakan GajiHub, Anda bisa berlangganan GajiHub mulai dari Rp11.900/karyawan.

  1. Gadjian

Gadjian adalah software HR yang dilengkapi dengan fitur-fitur sebagai berikut:

  • Pengelolaan data karyawan
  • Absensi
  • Shift dan roster
  • Penggajian dan THR
  • Izin dan cuti
  • PPh 21
  • BPJS
  • Analisis data karyawan

Buat Anda yang tertarik berlangganan Gadjian, Anda bisa mulai berlanggan dengan membayar Rp12.500/karyawan.

  1. LinovHR

Anda membutuhkan software HR yang akan memudahkan pengelolaan data karyawan? LinovHR bisa menjadi pilihan Anda. Ada berbagai kelebihan yang dimiliki oleh LinovHr, diantaranya:

  • Berbasis cloud
  • Menyediakan versi on-premise
  • Payroll outsourching
  • Absensi
  1. PayrollBozz

PayrollBozz merupakan software HR yang memungkin Anda untuk melakukan pengelolaan karyawan dari mana saja. Berikut fitur-fitur yang dimiliki PayrollBozz:

  • Online absensi
  • Persetujuan
  • ESS
  • Jadwal dan tugas
  • Laporan
  • Pengajuan

Anda bisa berlangganan PayrollBozz mulai dari Rp15.000/karyawan/bulan.

Baca Juga: Beginilah Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik

Kegunaan Software HR

Software HR memilik berbagai kegunaan yang berhubungan dengan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. Berikut penjelasan mengenai kegunaan berbagai jenis software HR tersebut:

  1. Otomatisasi

Manfaat utama perangkat lunak SDM adalah otomatisasi tugas-tugas administratif SDM yang berulang-ulang, dan memakan waktu. Misalnya, jika sistem SDM Anda menyertakan portal layanan mandiri karyawan, staf Anda dapat memperbarui detail mereka sendiri, dan mereka akan secara otomatis terisi ke bagian lain dari sistem Anda, seperti hal-hal yang berhubungan dengan penggajian.

Ini mungkin tampak sederhana – dan memang sederhana – tetapi tidak semua perangkat lunak dibuat seperti itu. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih perangkat lunak di mana otomatisasi dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

  1. Integrasi Perangkat Lunak

Software HR juga memiliki kegunaan dimana bisa mengintegrasikan perangkat lunak. Ini dilakukan dengan cara menghubungkan secara native dengan sistem perangkat lunak lain yang sudah Anda gunakan.

Ini pastinya akan meningkatkan produktivitas tim Anda dan membantu Anda bekerja lebih efisien. Anda tidak ingin membuang-buang waktu untuk mengimpor dan mengekspor data – atau lebih buruk lagi – menyalin dan menempel!

Integrasi utama yang harus dicari yakni mencakup penyedia email, kalender digital, papan pekerjaan, platform kerja seperti Google Workspace, dan alat bantu lain yang sudah Anda gunakan.

Anda juga ingin memastikan bahwa perangkat lunak Anda terintegrasi dengan alat khusus lainnya yang tidak dibangun ke dalam sistem mereka. Misalnya, jika perangkat lunak SDM yang Anda pilih tidak menyertakan manajemen penggajian, pastikan integrasi penggajian sudah tersedia.

  1. Alat Analisis dan Visualisasi Data:

Salah satu manfaat terbesar menggunakan perangkat lunak SDM adalah kemampuan untuk menganalisis dan menjalankan laporan pada data Anda. Anda menginginkan sistem yang memudahkan untuk mengumpulkan dan menginterpretasikan data dari berbagai modul yang berbeda.

Ditambah lagi, kemampuan untuk menelusuri ke dalam sub-kelompok data Anda seperti departemen, lokasi, atau jenis karyawan. Memiliki alat analisis data yang fleksibel akan membantu Anda mengungkap wawasan yang berguna tentang tenaga kerja Anda yang tidak akan Anda identifikasi.

  1. Template:

Bagi karyawan yang bekerja di bagian administrator SDM, kekurangan waktu dan selalu banyak hal yang harus dilakukan jadi masalah yang tidak ada ujungnya. Dengan adanya template seperti template lowongan kerja, surat penawaran, pengiriman barang dan lainnya pasti sangat membantu.

Keberadaan template dapat membantu administrator SDM sehingga pekerjaan lebih cepat dan efektif. Software HR biasanya selalu menyediakan template yang dapat digunakan kapan saja dan untuk keperluan apapun. Jadi, pertimbangkan penggunaan software HR ini, ya!

  1. Aksesibilitas Aplikasi Seluler

Sekarang, lebih dari sebelumnya, kita semua terpaku pada ponsel kita. Itulah mengapa sebagian orang sangat percaya bahwa aplikasi seluler adalah fitur yang diperlukan untuk perangkat lunak SDM apa pun. Atau, paling tidak, sistem perangkat lunak harus memiliki situs web yang dioptimalkan untuk seluler sebagai alternatif.

Software HR memungkinkan staf dan administrator untuk dengan mudah melakukan pembaruan bahwa saat sedang bepergian. Bagi karyawan, hal ini akan meningkatkan pengalaman mereka dan memungkinkan mereka untuk tetap mengikuti pembaruan informasi pribadi mereka dengan mudah.

Sedangkan bagi administrator, hal ini mencegah pekerjaan menumpuk jika Anda jauh dari meja kerja Anda. Malahan, Anda bisa memperbarui sesuatu pada saat hal itu terjadi pada Anda, di mana pun Anda berada.

  1. Harga

Sesuatu yang harus diperhatikan dalam solusi perangkat lunak SDM apa pun adalah harga yang adil, transparan, dan terukur. Pilihlah software HR dengan model harga yang transparan. Namun, terkadang rincian tersebut hanya tersedia berdasarkan permintaan karena sifat modular dari sistem mereka.

Anda juga bisa membandingkan setiap harga yang ditawarkan. Biasanya penyedia jasa software HR memiliki berbagai jenis langganan yang disesuaikan dengan fitur yang diberikan. Semakin banyak fitur yang didapatkan maka harga yang harus dibayarkan juga akan semakin mahal.

Baca Juga: Ingin Kerja Online Input Data? Pastikan Memiliki Skill Ini!

Cara Memilih Software HR Sesuai Kebutuhan

Ingin tahu bagaimana cara memilih software HR terbaik untuk perusahaan Anda? Sebelum Anda membuat daftar berbagai jenis software HR terbaik yang akan digunakan, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, yaitu:

  1. Mengevaluasi dan Membandingkan Berbagai Software HR

yang masing-masing mencakup aspek unik dari tugas-tugas umum SDM. Itu berarti bahwa setiap sistem yang dipilih untuk daftar ini adalah pilihan utama dalam bidang keahlian mereka dan memiliki sesuatu yang unik untuk ditawarkan.

  1. Memeriksa Setiap Daftar Software HR

dengan menggunakan kriteria pemilihan di bawah ini untuk melihat bagaimana setiap platform dibandingkan dengan yang berikutnya. Saya juga memanfaatkan pengalaman administrasi SDM saya selama bertahun-tahun untuk mengenali fitur-fitur yang menambah banyak nilai dan mengurangi proses yang memakan waktu.

  1. Bertanya Secara Langsung Pada Pemilik Software

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan bertanya langsung kepada penyedia jasa software. Biasanya mereka memiliki tim CS yang akan menjawab setiap pertanyaan pelanggan. Jadi, Anda bisa menggunakan fasilitas ini untuk bertanya hal-hal terkait software HR yang belum Anda pahami.

Baca Juga: Cara Meminta Reschedule Interview yang Baik dan Benar

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai berbagai jenis software HR yang wajib untuk Anda ketahui. Bagi Anda yang membutuhkan lowongan kerja atau ingin membagikan lowongan kerja, Anda bisa menggunakan Pintarnya merupakan aplikasi lowongan kerja yang akan mempertemukan employer dengan employee yang dibutuhkan.Yuk download aplikasi Pintarnya sekarang juga di Play Store atau App Store atau Anda juga bisa kunjungi website Pintarnya untuk informasi lebih lanjut.

Bagikan Artikel: