contoh CV ATS friendly

Cara Meminta Reschedule Interview yang Baik dan Benar

Cara meminta reschedule interview menjadi salah satu pencarian yang populer di kalangan para pencari kerja. Tentu saja ada banyak alasan kenapa mereka sampai melakukan hal ini. Salah satu di antaranya adalah kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, kepentingan keluarga dan lain sebagainya.

Ketika Anda menghadapi kondisi seperti ini, tidak perlu sungkan. Reschedule interview adalah kondisi yang sangat lumrah di dalam dunia kerja. Meskipun hal ini tidak bisa dikategorikan sebagai hak pelamar, umumnya perusahaan akan sangat memahami permintaan schedule tersebut. 

Baca juga: Cara Menolak Interview Kerja yang Baik dan Benar

Cara Meminta Reschedule Interview Yang Baik Dan Benar

Meskipun sangat umum dilakukan di dalam dunia kerja, tetap saja ada beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan ketika akan melakukan permintaan reschedule tersebut. Tujuannya agar Anda maupun perusahaan tidak dirugikan atas kendala tersebut. 

Di sini kami telah merangkum 5 cara terbaik untuk meminta jadwal interview ulang kepada perusahaan. Dengan menerapkan cara-cara ini, Anda akan tetap terlihat profesional dan tidak menyepelekan kepercayaan dari perusahaan. 

1. Jangan menunggu waktu lama

Cara meminta reschedule interview pertama adalah jangan menunggu waktu lama. Ketika Anda merasa tidak bisa datang pada undangan interview yang diberikan perusahaan, pastikan untuk memberi respon secepat mungkin. Telepon ini bisa diberikan via telepon, email, WhatsApp dan lain sebagainya. 

Dengan respon cepat dari Anda, perusahaan juga bisa membuat keputusan yang cepat. Umumnya perusahaan tidak akan keberatan untuk melakukan reschedule jika merasa Anda adalah kandidat yang tepat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. 

2. Berikan alasan yang jelas

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah alasan kenapa Anda menginginkan jadwal ulang tersebut. Ketika memberikan penjelasan kepada person in charge di perusahaan tersebut pastikan untuk memberikan alasan yang realistis. 

Jangan hanya mengatakan tidak sempat atau tidak bisa. Anda harus berusaha menjelaskan sedetail mungkin alasan kenapa tidak bisa hadir. Tidak perlu mengarang cerita, bersikaplah profesional dan jelaskan kondisi sedetail mungkin karena mereka akan mengerti. Ini merupakan cara untuk meminta reschedule interview yang tidak bisa disepelekan. 

3. Ajukan kesanggupan Anda

Setelah Anda menjelaskan alasan kenapa reschedule interview harus dilakukan kini bisa langsung mengajukan kesanggupan masing-masing. Ini merupakan cara meminta reschedule interview lain yang tidak boleh dilewatkan. 

Berikan estimasi tanggal yang Anda inginkan. Tentu saja pihak perusahaan tidak akan langsung setuju dengan rekomendasi tanggal tersebut. Mereka akan memberikan rekomendasi tanggal terbaik untuk jadwal interview selanjutnya. 

Ketika Anda mendapatkan peluang seperti ini, pastikan untuk tidak menolaknya. Hal ini dikarenakan, perusahaan memberi rekomendasi tanggal tersebut sesuai estimasi yang Anda berikan. Sebagai pelamar, Anda harus konsisten untuk memperlihatkan kredibilitas.

4. Jangan meminta dua kali

Ketika perusahaan sudah memberikan opsi tanggal interview lanjutan, pastikan untuk menghadirinya sesuai kesepakatan. Ini merupakan cara meminta reschedule interview yang sering orang lupakan. Di dalam prinsip reschedule seorang pelamar, jangan pernah meminta dua kali.

Ini memperlihatkan kredibilitas Anda sebagai seorang pelamar. Seorang profesional akan selalu menepati janji dan membuat keputusan dengan penuh pertimbangan. Jika Anda sampai menolak jadwal interview kedua, artinya keputusan sebelumnya tidak dibuat dengan pemikiran yang matang. 

5. Bersikap Profesional dan Beretika

Selama Anda meminta reschedule interview kepada perusahaan pastikan untuk bersikap profesional dan beretika. Artinya Anda mengundur interview bukan karena menyepelekan perusahaan. Tapi karena memang berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk hadir.

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada perusahaan karena telah memberikan kepercayaan. Bukan bermaksud mencari muka, tapi hal ini memang sangat prosedural harus dilakukan oleh seorang pelamar kerja. Pastikan untuk tidak menyepelekan cara meminta reschedule interview satu ini. 

6. Tidak Perlu Template Oriented

Saat ini ada banyak sekali template reschedule interview yang bisa Anda temukan di dunia maya. Namun sebagai pelamar Anda tidak perlu terpaku pada template tersebut. Bersikap formal memang wajib tapi tidak harus selalu mencontoh apa yang sudah dilakukan atau dibuat orang lain.Pada intinya Anda harus bersikap sopan dan menghargai perusahaan. Tidak semua orang bisa mendapatkan peluang untuk interview. Karena itulah beberapa panduan cara meminta reschedule interview yang sudah kami jelaskan diatas harus diikuti secara menyeluruh.

Bagikan Artikel: