cara menolak interview kerja

Cara Menolak Interview Kerja yang Baik dan Benar

Sebagai pelamar kerja yang baik, penting sekali bagi Anda untuk memahami cara menolak interview kerja sesuai aturan. Interview merupakan salah satu momen yang paling dinantikan oleh para pelamar kerja. 

Setelah melewati fase interview, umumnya para pelamar sudah selangkah lebih dekat dengan diterima. Namun seringkali kita memiliki urusan lain yang sangat penting. Atau mungkin sudah diterima kerja di perusahaan lain sebelumnya.

Jika menghadapi kondisi seperti ini, tentu saja penolakan harus dilakukan secara profesional. Tujuannya agar kredibilitas Anda sebagai pelamar kerja terjaga dengan baik. Seorang pelamar yang menyepelekan panggilan akan mendapat penilaian buruk dari perusahaan.

4 Cara Menolak Interview Kerja yang Baik 

Jika Anda sedang berada dalam kondisi seperti ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kredibilitas sebagai pelamar kerja tetap bisa dipertahankan. Jadi baik Anda yang sudah berpengalaman ataupun masih baru wajib memahami poin-poin berikut. 

Beberapa langkah yang akan kami jelaskan di bawah ini berlaku untuk notifikasi interview via email, telepon, atau bahkan surat panggilan. Lantas apa saja tips-tips tersebut? Simak penjelasan selengkapnya pada poin-poin berikut 

1. Beri Kabar Secepatnya 

Cara menolak interview kerja pertama yang harus Anda lakukan adalah memberikan kabar secepatnya. Jika Anda memang sudah tidak bisa memenuhi panggilan interview tersebut, jangan menunggu terlalu lama untuk menjelaskannya kepada perusahaan yang sedang merekrut.

Dengan pemberitahuan yang cepat, perusahaan bisa menghemat waktu mereka dalam mengambil keputusan. Jangan ditunda-tunda karena perusahaan memiliki banyak hal yang harus dipersiapkan. Contohnya mempersiapkan kandidat lain untuk mengganti posisi yang Anda tinggalkan. Jangan sampai pemberitahuan dilakukan terlalu dekat dengan hari H.

2. Jangan Lupa Mengucapkan Terima Kasih

Diberikan peluang emas untuk mengisi jabatan di sebuah perusahaan harus diapresiasi oleh pelamar. Karenanya jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang akan menginterview Anda. 

Ini merupakan cara menolak interview kerja yang kedua. Sikap Ini juga sekaligus cara terbaik untuk menghargai proses perekrutan yang sedang berjalan dengan profesional. Baiknya ucapan terima kasih ini disampaikan pada kalimat awal penolakan Anda. Contoh kalimat yang bisa digunakan adalah 

“Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada perusahaan yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk mengikuti proses seleksi interview. Namun (berikan alasan di sini)

Dimulai dengan ucapan terima kasih seperti ini, profesionalitas Anda akan tetap terjaga. Ini merupakan poin attitude yang tidak boleh hilang dari seorang pelamar kerja meskipun mereka sudah memiliki pekerjaan tetap ketika mendapatkan peluang interview tersebut.

Jadi jika Anda berhenti kerja di perusahaan saat ini dan hendak melamar pada perusahaan yang menawarkan interview tersebut nantinya, peluang untuk mengikuti tes dan interview masih tetap besar.

3. Berikan Alasan yang Singkat dan Realistis

Setelah Anda mengucapkan permohonan maaf. Cara menolak interview kerja lainnya adalah dengan menjelaskan alasan kenapa Anda harus menolak interview tersebut. Tentunya Anda harus memberikan alasan yang singkat dan realistis. 

Gunakan kalimat formal agar tidak terkesan menyepelekan undangan interview tersebut. Biasanya ada beberapa poin alasan yang digunakan oleh pelamar ketika menolak peluang interview. 

Di antaranya adalah terjadi masalah pribadi yang tidak memungkinkan Anda untuk menghadiri interview, sudah mendapatkan pekerjaan di tempat lain, atau mendapatkan promosi tak terduga di tempat kerja sebelumnya.

Jangan memberi alasan yang berbelit-belit karena ini malah memperlihatkan keraguan atau ketidakyakinan Anda terhadap diri sendiri 

4. Berikan Permohonan Maaf 

Cara menolak interview kerja yang terakhir adalah memberikan permohonan maaf kepada perusahaan karena tidak bisa memenuhi undangan mereka. Permintaan maaf ini tidak hanya sekedar ucapan. Tapi juga menjadi bukti kalau Anda menghargai tim recruiter.

Kita semua tahu kalau tim rekrutmen perusahaan sudah melewati beberapa fase rekrutmen hingga akhirnya menghubungi Anda sebagai kandidat terpilih untuk mengikuti interview. Ini merupakan bukti kalau mereka memberikan kepercayaan kepada Anda.

Permintaan maaf ini bisa disampaikan setelah Anda menjelaskan alasan kenapa harus menolak undangan interview tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan permohonan maaf dengan kalimat yang formal agar kredibilitas tetap terjaga.Pastikan untuk menerapkan beberapa cara yang sudah kami jelaskan di atas ketika Anda akan menolak undangan interview. Cara menolak interview kerja di atas akan menjaga kredibilitas Anda sebagai pelamar tetap baik. 

Bagikan Artikel: