cara menolak interview kerja

5 Cara Menolak Interview Kerja yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Sebagai pelamar kerja yang baik, penting sekali bagi Anda untuk memahami cara menolak interview kerja sesuai aturan. Interview merupakan salah satu momen yang paling dinantikan oleh para pelamar kerja. 

Setelah melewati fase interview, umumnya para pelamar sudah selangkah lebih dekat dengan diterima. Namun seringkali kita memiliki urusan lain yang sangat penting. Atau mungkin sudah diterima kerja di perusahaan lain sebelumnya.

Jika menghadapi kondisi seperti ini, tentu saja penolakan harus dilakukan secara profesional. Tujuannya agar kredibilitas Anda sebagai pelamar kerja terjaga dengan baik. Seorang pelamar yang menyepelekan panggilan akan mendapat penilaian buruk dari perusahaan.

Menurut Indeed, terdapat banyak faktor yang dipertimbangkan untuk menolak interview kerja. Memperhatikan cara menolak interview kerja yang baik sangat penting untuk Anda terapkan.

Baca Juga : Cara Mengundurkan Diri dari Interview Kerja

Cara Menolak Interview Kerja yang Baik 

1. Beri Kabar Secepatnya 

Cara menolak interview kerja pertama yang harus Anda lakukan adalah memberikan kabar secepatnya. Jika Anda memang sudah tidak bisa memenuhi panggilan interview tersebut, jangan menunggu terlalu lama untuk menjelaskannya kepada perusahaan yang sedang merekrut.

Dengan pemberitahuan yang cepat, perusahaan bisa menghemat waktu mereka dalam mengambil keputusan. Jangan ditunda-tunda karena perusahaan memiliki banyak hal yang harus dipersiapkan. Contohnya mempersiapkan kandidat lain untuk mengganti posisi yang Anda tinggalkan. Jangan sampai pemberitahuan dilakukan terlalu dekat dengan hari H.

2. Jangan Lupa Mengucapkan Terima Kasih

Diberikan peluang emas untuk mengisi jabatan di sebuah perusahaan harus diapresiasi oleh pelamar. Karenanya jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang akan menginterview Anda. 

Ini merupakan cara menolak interview kerja yang kedua. Sikap Ini juga sekaligus cara terbaik untuk menghargai proses perekrutan yang sedang berjalan dengan profesional. Baiknya ucapan terima kasih ini disampaikan pada kalimat awal penolakan Anda. Contoh kalimat yang bisa digunakan adalah 

“Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada perusahaan yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk mengikuti proses seleksi interview. Namun (berikan alasan di sini)

Dimulai dengan ucapan terima kasih seperti ini, profesionalitas Anda akan tetap terjaga. Ini merupakan poin attitude yang tidak boleh hilang dari seorang pelamar kerja meskipun mereka sudah memiliki pekerjaan tetap ketika mendapatkan peluang interview tersebut.

Jadi jika Anda berhenti kerja di perusahaan saat ini dan hendak melamar pada perusahaan yang menawarkan interview tersebut nantinya, peluang untuk mengikuti tes dan interview masih tetap besar.

3. Berikan Alasan yang Singkat dan Realistis

Setelah Anda mengucapkan permohonan maaf. Cara menolak interview kerja lainnya adalah dengan menjelaskan alasan kenapa Anda harus menolak interview tersebut. Tentunya Anda harus memberikan alasan yang singkat dan realistis. 

Gunakan kalimat formal agar tidak terkesan menyepelekan undangan interview tersebut. Biasanya ada beberapa poin alasan yang digunakan oleh pelamar ketika menolak peluang interview. 

Di antaranya adalah terjadi masalah pribadi yang tidak memungkinkan Anda untuk menghadiri interview, sudah mendapatkan pekerjaan di tempat lain, atau mendapatkan promosi tak terduga di tempat kerja sebelumnya.

Jangan memberi alasan yang berbelit-belit karena ini malah memperlihatkan keraguan atau ketidakyakinan Anda terhadap diri sendiri 



4. Berikan Permohonan Maaf 

Cara menolak interview kerja yang terakhir adalah memberikan permohonan maaf kepada perusahaan karena tidak bisa memenuhi undangan mereka. Permintaan maaf ini tidak hanya sekedar ucapan. Tapi juga menjadi bukti kalau Anda menghargai tim recruiter.

Kita semua tahu kalau tim rekrutmen perusahaan sudah melewati beberapa fase rekrutmen hingga akhirnya menghubungi Anda sebagai kandidat terpilih untuk mengikuti interview. Ini merupakan bukti kalau mereka memberikan kepercayaan kepada Anda.

Permintaan maaf ini bisa disampaikan setelah Anda menjelaskan alasan kenapa harus menolak undangan interview tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan permohonan maaf dengan kalimat yang formal agar kredibilitas tetap terjaga.Pastikan untuk menerapkan beberapa cara yang sudah kami jelaskan di atas ketika Anda akan menolak undangan interview. Cara menolak interview kerja di atas akan menjaga kredibilitas Anda sebagai pelamar tetap baik. 

5. Memakai Bahasa yang Sopan

Penting untuk menggunakan bahasa yang sopan saat berinteraksi dengan orang lain, baik secara lisan maupun tulisan. Ini mencerminkan rasa hormat, kesopanan, dan kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. Ketika berbicara dengan seseorang dengan bahasa yang sopan, Anda menciptakan lingkungan yang lebih positif dan dapat membangun hubungan yang lebih baik.

Baca Juga : 10 Tips Lolos Interview Kerja

Contoh Menolak Interview Kerja

1. Contoh Menolak Interview Kerja Meminta Reschedule Jadwal Interview ke Tim HRD

Kepada Tim HRD,

Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk mengikuti wawancara kerja di perusahaan Anda. Saya sangat menghargai waktu dan perhatian yang telah Anda berikan kepada saya.

Namun, dengan sangat menyesal, saya ingin menyampaikan bahwa saya mengalami kendala pada jadwal yang telah ditetapkan. Saya sangat berharap bisa tetap mengikuti wawancara ini, namun, karena ada beberapa komitmen penting yang telah terjalin pada waktu yang sama, saya merasa perlu untuk meminta kemungkinan reschedule.

Saya memahami betapa berharganya waktu Anda dan saya berusaha untuk tidak menyebabkan ketidaknyamanan lebih lanjut. Jika memungkinkan, saya ingin memohon pertimbangan untuk menjadwalkan ulang wawancara ini pada waktu yang lain yang sesuai bagi kami berdua.

Sekali lagi, saya ingin menyampaikan terima kasih atas kesempatan ini dan saya harap Anda bisa memahami situasi saya. Saya sangat berharap bisa bergabung dengan tim yang luar biasa di perusahaan Anda.

Mohon petunjuk lebih lanjut mengenai kemungkinan reschedule atau langkah selanjutnya yang perlu saya lakukan.

Hormat saya,

[Nama Anda]
[Informasi Kontak Anda]

2. Contoh Menolak Interview Kerja Menolak Panggilan Interview dengan Bahasa Inggris

Subject: Re: Job Interview Invitation for [Position Title] – [Your Name]

Dear [HR Manager’s Name],

I hope this message finds you well. I truly appreciate the opportunity you’ve extended to me for the interview regarding the [Position Title] role at [Company Name]. It’s an honor to be considered for the position.

However, after careful consideration, I regret to inform you that I won’t be able to proceed with the scheduled interview on [Date and Time]. Due to unforeseen circumstances, I am currently unable to commit to the interview at that specific time.

I apologize for any inconvenience this may cause and sincerely appreciate your understanding. I hold [Company Name] in high regard and have a great interest in its mission and values.

If possible, I would like to explore the option of rescheduling the interview. I’m very enthusiastic about the opportunity to join your team and contribute to [Company Name]’s success. I believe that a different time might be more suitable for both parties.

Thank you again for considering my application. I would be grateful for any guidance you can provide regarding the rescheduling process or any next steps.

Wishing you all the best in finding the ideal candidate for the role.

Sincerely,
[Your Full Name]
[Your Contact Information]



3. Contoh Menolak Interview Kerja karena Kurang Sesuai dengan Gaji

Subjek: Tanggapan atas Undangan Wawancara untuk Posisi [Judul Posisi] – [Nama Anda]

Kepada [Nama HRD],

Salam sejahtera,

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk berpartisipasi dalam proses seleksi untuk posisi [Judul Posisi] di [Nama Perusahaan]. Saya sangat menghargai perhatian yang Anda berikan terhadap lamaran saya.

Namun, setelah pertimbangan yang mendalam, saya ingin dengan hormat menyampaikan bahwa saya tidak akan dapat melanjutkan tahap wawancara. Hal ini berkaitan dengan kesesuaian kompensasi yang ditawarkan dengan harapan saya.

Saya ingin menekankan bahwa minat saya terhadap [Nama Perusahaan] tetap tinggi. Namun, berdasarkan informasi yang telah saya terima dan situasi pribadi saya, saya merasa bahwa tingkat kompensasi yang diajukan tidak sepenuhnya sesuai dengan pengalaman dan nilai yang saya bawa untuk posisi ini.

Saya sangat menghargai transparansi dalam proses ini dan saya berharap agar Anda memahami posisi saya. Saya percaya bahwa dalam situasi ini, keputusan terbaik adalah untuk tidak melanjutkan tahap wawancara.

Terima kasih sekali lagi atas kesempatan ini. Saya berharap [Nama Perusahaan] terus mencapai kesuksesan yang gemilang dan saya berharap ada peluang lain di masa depan yang mungkin lebih cocok bagi kami.

Hormat saya,

[Nama Anda]
[Informasi Kontak Anda]

4. Contoh Menolak Interview Kerja karena Sudah Dapat Pekerjaan di Perusahaan Lain

Subjek: Tanggapan atas Undangan Wawancara untuk Posisi [Judul Posisi] – [Nama Anda]

Kepada [Nama HRD],

Salam sejahtera,

Terima kasih atas undangan yang telah Anda berikan kepada saya untuk mengikuti wawancara untuk posisi [Judul Posisi] di [Nama Perusahaan]. Saya menghargai kesempatan ini dan antusiasme yang telah Anda tunjukkan terhadap profil saya.

Namun, dengan senang hati saya ingin memberitahu Anda bahwa dalam rentang waktu sejak saya mengajukan lamaran, saya telah menerima tawaran pekerjaan di perusahaan lain yang sesuai dengan tujuan dan aspirasi karir saya.

Setelah pertimbangan yang matang, saya telah memutuskan untuk menerima tawaran tersebut dan menjalani perjalanan karir di sana. Karena alasan ini, saya ingin dengan hormat menolak undangan wawancara untuk posisi [Judul Posisi] di [Nama Perusahaan].

Saya sangat menghargai proses seleksi yang telah saya jalani di [Nama Perusahaan], dan saya ingin berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Saya sungguh menghargai perhatian yang Anda berikan.

Sekali lagi, terima kasih banyak dan semoga [Nama Perusahaan] terus mencapai prestasi yang luar biasa di masa depan.

Hormat saya,

[Nama Anda]
[Informasi Kontak Anda]

5. Contoh Menolak Interview Kerja karena Perubahan Rencana

Subjek: Tanggapan atas Undangan Wawancara untuk Posisi [Judul Posisi] – [Nama Anda]

Kepada [Nama HRD],

Salam sejahtera,

Terima kasih banyak atas kesempatan untuk mengikuti wawancara untuk posisi [Judul Posisi] di [Nama Perusahaan]. Saya sangat menghargai perhatian yang Anda berikan kepada lamaran saya.

Namun, dengan sangat menyesal, saya ingin menyampaikan bahwa terjadi perubahan rencana mendadak dalam situasi pribadi saya yang mempengaruhi ketersediaan waktu saya. Oleh karena itu, saya tidak akan dapat melanjutkan dengan tahap wawancara yang telah dijadwalkan pada [Tanggal dan Waktu].

Saya memahami betapa berharganya waktu Anda dan saya sungguh menyesal atas ketidaknyamanan yang mungkin disebabkan oleh perubahan ini. Saya ingin dengan hormat meminta maaf atas situasi ini.

Saya sangat antusias tentang [Nama Perusahaan] dan posisi [Judul Posisi], dan saya harap saya bisa mendapatkan kesempatan untuk berbicara lebih lanjut di masa depan ketika situasi telah stabil kembali.

Terima kasih atas pemahaman Anda terhadap situasi ini. Saya berharap [Nama Perusahaan] terus meraih kesuksesan di masa depan.

Hormat saya,

[Nama Anda]
[Informasi Kontak Anda]


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!