cara belajar komputer dasar

Kenali Cara Belajar Komputer Dasar untuk Para Newbie

Sekarang ini jika Anda tidak tahu cara belajar komputer dasar, pasti terlihat ketinggalan zaman. Apalagi di era serba teknologi dan internet seperti sekarang, maka sangat penting mempelajari hal yang berkaitan.

Jika dulu komputer hanya difokuskan pada teknologinya, sekarang ini tidak lagi. Karena kini pemanfaatannya juga sudah makin luas dan mencakup banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Jika Anda masih bingung mempelajari komputer, terutama untuk mengisi curriculum vitae (CV), maka bisa belajar dari awal. Masih banyak orang yang sudah lulus pendidikan formal, namun pengoperasikan komputer tidak lancar.

Namun banyak cara yang disajikan agar dapat mempelajari komputer dasar dan itu kerap membuat orang bingung. Anda bisa belajar sendiri atau dengan bantuan tempat kursus.

Cara Belajar Komputer Dasar Bagi Pemula

Ada banyak langkah yang diberikan untuk Anda yang ingin belajar menguasai komputer dasar. Kerap kali itu membuat orang bingung harus memulai darimana, berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Niat belajar komputer

Untuk cara pertama ialah Anda harus punya niat kuat untuk belajar. Cari tahu lebih dulu apa tujuan untuk mempelajarinya, apa agar pekerjaan dapat berjalan secara gampang atau lainnya.

Niat kuat dapat jadi makin besar apabila sering bertemu dengan orang dengan pikiran positif. Karena mereka akan selalu mendukung proses pembelajaran yang dilakukan, jadi pasti Anda semakin semangat.

Baca juga: Rekomendasi kursus Keterampilan yang Menjanjikan

  1. Mempelajari teori

Untuk cara belajar komputer dasar, maka Anda harus mempelajari dulu teorinya. Meskipun untuk menguasai ini memerlukan keahlian atau skill tersebut dapat dilakukan dengan praktik langsung, namun paham teori juga penting.

Beli buku panduan untuk belajar dan mempraktikkannya langsung sesuai pedomannya tersebut. Jadi semakin banyak teori yang berhasil dikuasai, maka makin bagus juga skill serta kemampuan mengoperasikan pc-nya.

  1. Beli perangkat penunjang belajar

Untuk Anda yang baru belajar, maka bisa mencoba untuk membeli device dengan harga terjangkau. Banyak orang takut memakai yang ada karena khawatir rusak, jadi sebaiknya sediakan perangkat yang khusus belajar.

  1. Manfaatkan internet

Agar lebih gampang, cara belajar komputer dasar bisa dijumpai di internet seperti via youtube. Belajar dengan cara ini dapat menjadi salah satu trik tepat agar dapat kuasai komputer.

Karena Anda dapat melihat langsung tutorialnya via video dan lebih gampang paham pengoperasiannya. Akan tetapi, penting kiranya selektif untuk mencari panduan video agar mudah mempelajarinya.

  1. Pahami komponen komputer

Kenali dulu beberapa komponen terpenting yang ada di dalamnya agar lebih gampang mengoperasikannya. Seperti prosesor, monitor, harddisk, serta beberapa jenis komponen lainnya.

  1. Belajar software

Bukan hanya paham komponennya saja, Anda juga baiknya tahu beragam jenis aplikasi hingga software yang kerap dipakai pengguna. Banyak software yang dapat membantu user kerjakan hal sesuai kebutuhan.

Sehingga sebelum memakai perangkatnya, baiknya kenal dan pahami dulu softwarenya agar lebih gampang. Terapkan cara belajar komputer dasar dengan tepat, sehingga sekalipun pemula bisa cepat mahir dan mengusainya.

  1. Pakai web browser

Karena mesin pencarian dan jaringan internet ialah hal utama serta penting di era saat ini. Tentunya Anda harus dapat belajar mengoperasikan web browser dan mencari suatu info di website.

Setelah menemukannya, maka bisa disimpan dan ini jadi salah satu poin tepat. karena apabila sedang dalam keadaan terdesak, bisa paham dan tahu cara mencari informasi via internet.

Baca juga: Perbedaan sales dan marketing

  1. Jangan takut melakukan kesalahan

Anda harus berani menjalankan praktik mengoperasikan pc dan pastikan jangan pernah khawatir terjadi masalah teknis. Jika berani belajar dan memahami buku pedoman secara tepat, maka akan lebih gampang paham pemakaiannya.

Memang mempelajari hal baru kerap kali mengerikan, namun jika ingin kuasai ilmunya, maka harus mencoba sekalipun melakukan banyak kesalahan. Itu juga salah satu cara belajar komputer dasar agar cepat paham.

  1. Rajin berlatih

Terus melatih skill dengan perangkat yang dipunyai, belajar dengan seksama mengenai fungsi komponen dan tujuan. Bahkan dengan berlatih bisa mengembangkan kemampuan memakai software yang ada.

Anda dapat kuasai komputer baik secara mandiri atau otodidak maupun dengan bantuan tempat kursus. Karena jika ingin mahir, maka perlu melakukan banyak latihan dan aktivitas memakai komputer.

Ada banyak hal yang penting untuk diperhatikan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar. Jika ingin menerapkan cara belajar komputer dasar khusus pemula, maka itu dapat membuat seseorang semakin lancar mengoperasikannya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.