Prospek pekerjaan jurusan TKJ

Keunggulan Jurusan dan Prospek Pekerjaan Jurusan TKJ

Prospek pekerjaan jurusan TKJ saat ini memang banyak dicari oleh Masyarakat. TKJ merupakan salah satu jurusan yang sangat populer dan banyak diminati di SMK. 

Bagi Anda yang mempunyai minat di bidang teknologi, tidak ada salahnya untuk bisa memilih jurusan ini di SMK. Jurusan ini sebenarnya tampak lebih kompleks dan rumit. Meskipun begitu, Anda tetap bisa mempelajari banyak keterampilan yang sangat bermanfaat untuk bisa bekerja.

Apa Itu Prospek Pekerjaan Jurusan TKJ?

Teknik Komputer Jaringan atau TKJ merupakan satu dari banyaknya jurusan jurusan yang mempelajari seluk beluk komputer. Mulai itu dari cara merakit laptop dan komputer, praktek jaringan dasar, pemahaman sistem operasi, sampai komponen hardware.

Di TKJ Anda juga dapat mempelajari berbagai hal mengenai troubleshooting jaringan dan komponen software. Sehingga saat Anda tamat dari jurusan ini akan berpeluang mendapatkan prospek pekerjaan jurusan TKJ.

Ada beberapa keunggulan jurusan TKJ yang perlu Anda tahu agar semakin mantap untuk mengambil jurusan ini di SMK. Berikut ini sudah ada keunggulan dari Prospek pekerjaan jurusan TKJ yang penting untuk diketahui, di antara lain adalah :

1. Belajar Tentang Sistem Operasi

Dengan mengambil jurusan TKJ, Anda nantinya bisa mempelajari secara detail mengenai sistem operasi. Bahkan, Anda juga dapat belajar mengenai instalasi OS, sistem kerja user, sampai partisi harddisk dan konstruksi.

Baca juga: Lulusan smp bisa kerja apa

2. Mampu Mempelajari Jaringan

Di TKJ, Anda juga dapat belajar mengenai jaringan komputer, lengkap dengan berbagai jenis tipologinya. Contohnya saja seperti server, IP address, hingga jaringan lokal.

3. Dibekali dengan Skill Troubleshooting

Skill troubleshooting yang akan dipelajari di jurusan ini akan membuat siswa SMK jurusan TKJ istimewa. Melalui skill ini, Anda bisa mengidentifikasi serta menyelesaikan permasalahan yang ada terhadap harddisk, RAM, Sampai CPU.



3. Adanya Praktik Kerja

Sama halnya seperti jurusan SMK lainnya, siswa SMK jurusan TKJ juga diwajibkan untuk PKL atau magang. Dengan melakukan magang, Anda bisa menambah wawasan mengenai dunia kerja. 

Anda juga dapat merasakan segala permasalahan nyata yang ada di dunia sehari-hari dan berkaitan dengan TKJ. Jadi, Anda tidak hanya pandai mengenai teori dan keahlian, namun juga bisa mendapatkan pengalaman nyata di dunia industri.

5. Mempunyai Peluang Kerja yang Bagus

Secara umum, setelah magang Anda juga bisa mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan sebagai referensi untuk melamar pekerjaan. Ini mengapa lulusan SMK, khususnya jurusan TKJ, lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Prospek Pekerjaan Pada Jurusan TKJ

Ada beberapa Prospek pekerjaan jurusan TKJ yang perlu Anda ketahui. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait prospek pekerjaan TKJ yang bisa Anda coba jika masih bingung, antara lain:

1. Teknisi Komputer

Teknisi komputer merupakan salah satu Prospek pekerjaan jurusan TKJ yang dibutuhkan semua sektor pekerjaan. Hal ini karena sebagian besar pekerjaan menggunakan yang perlu para teknisi untuk perawatan dan perbaikannya. 

Baca juga: Lulusan sma bisa kerja apa

2. Teknisi Jaringan

Pekerjaan seorang teknisi jaringan biasanya untuk mengelola semua hal yang berkaitan dengan jaringan atau network. Misalnya saja seperti WiFi, kabel telepon, atau instalasi jaringan lain. Untuk kisaran gaji hanya sekitar Rp.3.500.000.



3. Administrasi Server

Pekerjaan administrasi server untuk mengawasi, mengelola, dan mengamankan komputer server. Prosedur pemakaian komputer server sendiri tentunya berbeda dengan komputer yang biasa. Kisaran gajinya hanya sekitar Rp.3.000.000.

4. System Analyst

System analyst merupakan seseorang yang bidang pekerjaannya untuk berbagai hal berkaitan dengan analisa suatu sistem. Hasil analisa sistem ini nantinya bisa digunakan oleh seorang programmer handal. 

System analyst juga harus dapat membandingkan kelebihan dan kekurangan dari sistem yang ingin dirancang. Adapun kisaran gaji seorang system analyst sekitar Rp.5.000.000.

5. Web Designer

Seorang web designer sebenarnya bertugas untuk bisa merancang sebuah web dengan tampilan dan konten yang menarik. Selanjutnya, akan dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web. 

Prospek pekerjaan jurusan TKJ ini banyak dicari oleh perusahaan. Gaji untuk seorang web designer hanya sekitar Rp.3.500.000-7.500.000.

Beberapa peluang atau prospek kerja TKJ beserta kisaran gajinya diatas bisa menjadi referensi Anda. Prospek pekerjaan jurusan TKJ ini wajib Anda ketahui agar tidak salah jurusan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.