Lulusan SMP bisa kerja apa

Yuk Cari Tahu Lulusan SMP Bisa Kerja Apa dan Tipsnya

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, SMP adalah singkatan dari Sekolah Menengah Pertama merupakan jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal yang ada di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilansir dari CNBC Indonesia, Terdapat 59% Pekerja Lulusan SMP yang ada Indonesia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lulusan SMP mempunyai kesempatan untuk tetap berkarya di Indonesia. Berikut ini rekomendasi pekerjaan untuk lulusan SMP, yuk simak!!!

Rekomendasi Pekerjaan Untuk Lulusan SMP

1. Office Boy

Menjadi seorang office boy atau OB bukanlah pekerjaan memalukan, bahkan seorang OB selalu diperlukan di setiap kantor. Anda bisa jadi OB hanya dengan modal ijazah SMP saja dan memperoleh gaji mulai dari Rp 800 ribu per bulan.

2. Hansip

Lulusan SMP bisa kerja apa bisa menjadi seorang hansip atau petugas keamanan desa atau kecamatan juga dapat dilakukan oleh lulusan SMP. Akan tetapi, Anda harus berbadan sehat dan mampu menghadapi berbagai keadaan. Hal ini tentunya untuk bisa menjaga keamanan. Memiliki keterampilan bela diri juga termasuk salah satu syaratnya.

3. Satpam

Saat ini banyak juga lulusan SMP yang menjadi seorang petugas keamanan alias satpam. Biasanya, menjadi satpam harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Setidaknya sekitar 3-6 bulan, kemudian baru ditempatkan.



4. Pramusaji

Pilihan lain Lulusan SMP bisa kerja apa bisa menjadi pramusaji di rumah makan maupun restoran. Apabila Anda memilih pekerjaan ini harus memiliki banyak tenaga, sopan, ramah, serta mau bekerja keras.  Masalah pendapatan juga bisa meningkat seiring dengan banyaknya pengunjung restoran atau rumah makan. Namun, Anda juga harus memiliki keahlian memasak agar lebih menyakinkan.

5. Pekerja Proyek

Lulusan SMP bisa kerja apa bisa menjadi seorang pekerja proyek. Pekerjaan ini bisa memperoleh penghasilan harian cukup besar. Namun, pekerjaannya tidak tetap dan memiliki risiko. Pekerjaan ini biasanya akan berakhir setelah proyek selesai.

6. ART

Banyak juga lowongan sebagai seorang asisten rumah tangga atau ART yang dapat dilakukan bagi lulusan SMP. Pekerjaan yang dilakukan  biasanya seputar pekerjaan rumah tangga sangat beragam.Misalnya saja seperti bersih-bersih, memasak, atau mencuci. Bahkan, ada juga seorang ART yang merangkap sebagai baby sister.

7. Berjualan Keliling

Lulusan SMP dapat memulai usaha kecil dengan menjual produk seperti makanan, minuman, atau barang lain secara keliling. Hal ini memerlukan keahlian dalam berinteraksi dengan pelanggan dan manajemen usaha yang relatif kecil.

8. Sopir

Lulusan SMP yang memiliki SIM dan memiliki akses ke kendaraan dapat bekerja sebagai sopir. Contohnya yaitu dapat dengan menjadi sopir taksi, sopir ojek online, atau sopir transportasi umum lainnya.



9. Buruh Pabrik

Beberapa pabrik mungkin menerima pekerja dengan pendidikan SMP untuk pekerjaan produksi atau pemrosesan. Namun, pekerjaan semacam ini seringkali memerlukan kemampuan fisik yang baik dan kedisiplinan dalam menjalankan tugas-tugas produksi.

10. Wirausaha

Bagi lulusan SMP dapat mencoba menjadi wirausaha dengan memulai usaha kecil sendiri. Ini bisa termasuk bisnis makanan, toko kecil, atau layanan lain yang Anda minati dan memiliki pengetahuan tentangnya. Penting untuk merencanakan dengan baik dan memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha.

Baca juga: Alasan banyak orang yang mencari pekerjaan di jakarta

Tips Bekerja Bagi Lulusan SMP

1. Perencanaan Karier

Penting untuk memiliki pemahaman awal tentang arah karir yang ingin dikejar. Pertimbangkan minat, hobi, dan keahlian. Buat rencana jangka pendek dan jangka panjang untuk mencapai tujuan karir.

2. Pelajari Keterampilan Dasar

Sebelum memasuki pekerjaan yang lebih spesifik, pastikan memiliki keterampilan dasar yang diperlukan untuk hampir semua pekerjaan. Ini meliputi keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, dan keterampilan komputer. Terus tingkatkan keterampilan ini seiring berjalannya waktu.

3. Edukasi Lanjutan

Meskipun lulusan SMP, masih bisa melanjutkan pendidikan. Pertimbangkan untuk mendapatkan ijazah setara SMP atau kursus pendidikan lanjutan yang dapat meningkatkan peluang kerja.

4. Bekerja Paruh Waktu atau Magang Di Waktu Luang

Hal ini adalah cara bagus untuk mendapatkan pengalaman kerja awal. Cobalah mencari pekerjaan paruh waktu atau magang yang sesuai dengan minat.

5. Bangun Relasi

Relasi adalah aset berharga dalam dunia kerja. Cobalah untuk berkenalan dengan orang-orang dalam industri atau pekerjaan yang diminati. Ini bisa melalui acara, seminar, atau platform online seperti LinkedIn.

6. Memiliki Sikap Positif dan Kerja Keras

Tunjukkan sikap yang positif, kerja keras, dan dedikasi dalam pekerjaan, bahkan jika itu adalah pekerjaan sederhana. Sikap seperti ini dapat membantu  mendapatkan reputasi yang baik di tempat kerja.

7. Memiliki Perencanaan Keuangan

Pelajari manajemen keuangan pribadi. Mulailah menyusun anggaran dan menyimpan sebagian penghasilan. Ini akan membantu mengelola uang dengan bijak dan mempersiapkan keuangan untuk masa depan.

Baca juga: Lulusan sma bisa kerja apa


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!