lulusan SMA bisa kerja apa

10 Rekomendasi Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMA

Lulusan SMA bisa kerja apa? Tentu tak sedikit yang mengajukan pertanyaan seperti ini. Bisa mempunyai jenjang pendidikan yang tinggi memang suatu privilege tersendiri bagi pemburu loker. Tetapi itu bukan alasan untuk Anda menyerah jika Anda adalah lulusan SMA. 

Sebab faktanya, hingga kini tidak sedikit lowongan pekerjaan yang disediakan untuk lulusan SMA untuk berkerja di perusahaan swasta, BUMN bahkan multinasional. Lantas lulusan SMA bisa kerja di mana saja? 

Ada banyak pekerjaan yang dapat Anda lamar meski riwayat pendidikan terakhir adalah SMA. Bahkan, ada juga pekerjaan yang dapat Anda lakukan walaupun masih menjadi seorang pelajar SMA.

Baca juga: Alasan banyak orang yang mencari pekerjaan di jakarta

Rekomendasi Pekerjaan dan Gajinya

1. Sales Marketing

Pekerjaan yang bisa bagi lulusan SMA yang pertama yaitu menjadi sales marketing atau disebut juga tenaga pemasar produk. Sekarang ini, tidak sedikit perusahaan yang menerima sales marketing yang memiliki pendidikan terakhir SMA.

Sales marketing diketahui orang yang tangguh serta mempunyai skill komunikasi yang keren dan itu merupakan soft skill yang diperlukan oleh banyak posisi. Bila berhasil mengejar target perusahaan, Anda akan mendapat upah yang besar dan bisa melebihi nominal gaji. 

Gaji sales marketing apat sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi geografis, industri, perusahaan, tingkat pengalaman, dan tanggung jawab pekerjaan. Dilansir dari Data Indonesia, berdasarkan laporan Robert Walters gaji sales marketing berkisar antara Rp. 300 juta hingga Rp. 3,30 miliar per tahun.

2. Penulis/Writer

Lulusan SMA bisa kerja apa selanjutnya yaitu menjadi penulis. Agar bisa menjadi penulis, Anda tidak harus mempunyai pendidikan tinggi. Kuncinya adalah Anda rajin membaca serta tidak lelah untuk belajar dari semua yang Anda baca.

Umumnya, posisi penulis dianggap sepele karena tidak sedikit perusahaan yang memberikan upah yang rendah ke penulis. Tetapi, bila Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin Anda bisa berpenghasilan tinggi.

Anda bisa belajar dari penulis keren seperti Ika Natassa, Raditya Dika sampai Dewi Lestari yang dengan menulis buku fiksi bisa memperoleh royalti sampai puluhan juta untuk sekali terbit.

Jika Anda tidak berminat untuk menulis buku, Anda dapat mencoba menjadi Content Writer untuk menulis artikel populer. Perlu Anda ketahui bahwa gaji penulis website di Indonesia dapat mencapai Rp 300 ribu hingga Rp 10 juta per bulan.

3. Bisnis Online

Melakukan bisnis online bukan berarti Anda harus mempunyai modal yang besar. Anda dapat mulai menjadi seorang reseller atau dropshipper sehingga tak butuh modal sama sekali. Andapun inti dalam menjalankan bisnis online agar sukses yaitu gigih untuk berpromosi.

Juga harus bijak membaca peluang. Contohnya bulan ini ramai dengan baju Korea, maka Anda bisa coba menjadi supplier untuk menjual baju Korea. Anda harus terus update untuk hal viral serta gigih menawarkannya. Ini yang juga menjadi jawaban terkait lulusan SMA bisa kerja apa.

Gaji seorang pembisnis online yang dilansir dari Kumparan.com yaitu sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp 3,5 juta per bulan.



4. Pramugari/Pramugara

Profesi pramugari dan pramugara merupakan posisi yang banyak membuat pelajar SMA tertarik, khususnya yang SMK. Bukan hanya karena bisa dilamar menggunakan ijazah pendidikan SMA, namun karena dikenal mempunyai gaji yang besar serta jejaring kerja yang luas serta bisa jalan-jalan.

Gaji seorang pramugari dan pramugara dilansir dari Media Indonesia yaitu sekita Rp 2 juta hingga Rp 3 juta ditambah dengan uang terbang.

5. Customer Service

Customer Service adalah departemen atau tim dalam suatu perusahaan yang bertanggung jawab untuk berinteraksi dengan pelanggan, menjawab pertanyaan mereka, menyelesaikan masalah, memberikan dukungan, dan memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan yang mereka terima. Tujuannya adalah membangun hubungan positif antara perusahaan dan pelanggan, serta menjaga kepuasan pelanggan.

Dilansir dari Indeed, gaji seorang Customer Service rata-rata di Indonesia yaitu Rp 3,8 juta per bulan.

6. Data Entry

Pekerjaan Data Entry seringkali merupakan tugas administratif dasar yang diperlukan di berbagai industri dan perusahaan. Ini bisa termasuk mengelola informasi pelanggan, data transaksi, inventaris, informasi kepegawaian, dan banyak lagi.

Data entry adalah merujuk pada proses memasukkan informasi atau data ke dalam sistem komputer atau basis data. Tugas utama dalam pekerjaan Data Entry adalah mengambil data dari berbagai sumber, seperti dokumen fisik atau digital, formulir, spreadsheet, atau aplikasi lainnya, lalu memasukkan informasi tersebut ke dalam format yang sesuai di dalam sistem komputer.

Dilansir dari Indeed, gaji seorang Data Entry rata-rata di Indonesia yaitu Rp 3,5 juta per bulan.

7. Staff Administrasi

Staff Administrasi adalah individu yang bertanggung jawab atas tugas-tugas administratif dalam suatu organisasi atau perusahaan. Mereka membantu menjalankan berbagai tugas dan proses administratif yang mendukung operasi harian perusahaan. Peran staff administrasi sangat penting dalam memastikan bahwa berbagai aktivitas administratif dan operasional berjalan lancar.

Peran Staff Administrasi memainkan peran penting dalam menjaga operasional perusahaan tetap berjalan efisien dan terorganisir. Pekerjaan administrasi seringkali merupakan pintu masuk bagi individu yang ingin memulai karir dalam berbagai industri dan dapat memberikan kesempatan untuk belajar dan berkembang dalam perusahaan.

Gaji staff administrasi di Indonesia rata-rata yaitu Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per bulan.

8. Bimbel Online

Bimbel Online (Bimbingan Belajar Online) melibatkan memberikan bimbingan, pengajaran, dan dukungan pendidikan kepada siswa melalui platform online. Bimbel Online bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami materi pelajaran, mempersiapkan ujian, dan meningkatkan kemampuan akademis mereka. Ini adalah bentuk pendidikan jarak jauh di mana interaksi antara guru dan siswa terjadi secara virtual melalui internet.

Gaji bimbel online rata- rata di Indonesia yaitu sekitar Rp 3,3 juta per bulan.



9. Teknisi Komputer

Teknisi Komputer dapat bekerja di berbagai lingkungan, termasuk perusahaan teknologi, pusat layanan komputer, lembaga pendidikan, rumah sakit, atau bahkan sebagai profesional independen.

Teknisi Komputer adalah individu yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam merakit, menginstal, merawat, dan memperbaiki perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa komputer dan sistem terkait berfungsi dengan baik, serta mengatasi masalah yang mungkin timbul.

Gaji teknisi komputer rata- rata di Indonesia yaitu sekitar Rp 2 juta hingga Rp 8 juta per bulan.

10. Driver Online

Driver online merujuk kepada individu yang menggunakan platform teknologi dan aplikasi berbasis online untuk menawarkan layanan transportasi kepada pengguna. Mereka mengemudi menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan dan memberikan layanan antar jemput, seringkali dalam kaitannya dengan layanan ridesharing atau penyedia layanan transportasi online.

Driver online biasanya dihargai berdasarkan jarak tempuh dan waktu yang ditempuh selama perjalanan. Penghasilan mereka juga bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti tingkat permintaan, waktu dalam sehari, dan lokasi. Banyak orang memilih menjadi driver online sebagai pekerjaan paruh waktu atau penghasilan tambahan karena fleksibilitasnya.

Gaji driver online rata- rata di Indonesia yaitu sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per hari.

Baca juga: Cara mendapatkan pekerjaan setelah melahirkan

Perusahaan BUMN Yang Buka Lowongan Pekerjaan Untuk SMA

1. PT Kereta Api Indonesia

PT Kereta Api Indonesia juga menjadi jawaban dari lulusan SMA bisa kerja apa. Bahkan untuk posisi masinis, kondektur ataupun pramugari dapat juga diduduki oleh Anda yang lulusan SMA sesuai syaratnya yang meminta minimal dari lulusan SMA/SMK.

2. Bank BCA

Bank multinasional sebesar BCA juga membuka lowongan pekerjaan bagi Anda lulusan SMA. Gajinya yang tentu besar serta ada tunjangannya. Bank BCA mempunyai program Magang Bakti BCA untuk para lulusan SMA sampai fresh graduate. 

Posisi yang umumnya dibuka yaitu untuk customer service dan juga teller. Tetapi walau statusnya magang, Anda sangat mungkin diangkat jadi karyawan tetap. Peserta magang bakti pun diberi apresiasi seperti bonus bila mempunyai reputasi baik di mata nasabah. 

3. PT Pertamina Tbk

Perusahaan BUMN yang satu ini tentunya tidak asing lagi didengar. Pertamina merupakan perusahaan minyak dan gas terbaik yang ada di Indonesia menggunakan standar global dan tentunya dapat dimasuki oleh Anda yang lulusan SMA.

Pertamina mempunyai program internship bagi lulusan SMA serta mahasiswa aktif. Dengan mempunyai pengalaman sudah pernah bergabung di Pertamina, maka akan sangat baik bagi portofolio Anda nantinya.

4. Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM)

Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) adalah lembaga atau perusahaan yang bertanggung jawab untuk memasok air minum bersih kepada masyarakat di suatu daerah atau wilayah tertentu. PDAM merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang berperan dalam penyediaan layanan air minum yang aman, terjangkau, dan berkualitas bagi penduduk daerah tersebut.

5. PT Telkom Indonesia

PT Telkom Indonesia (Persero) adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Telkom Indonesia memiliki peran penting dalam menyediakan layanan telekomunikasi di seluruh negeri, termasuk layanan telepon tetap, telepon seluler, internet, dan layanan data lainnya.

6. PT PLN (Perusahaan Listrik Negara)

PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) adalah perusahaan energi listrik yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia dan merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki peran krusial dalam penyediaan listrik di seluruh wilayah Indonesia. PLN bertanggung jawab atas pembangkitan, transmisi, distribusi, dan penjualan energi listrik kepada masyarakat, industri, dan bisnis di Indonesia.

7. PT Pelindo (Persero)

PT Pelindo (Persero) adalah singkatan dari “Perusahaan Listrik Negara (Persero)” yang merupakan salah satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak di bidang pelayanan pelabuhan di Indonesia. Nama lengkapnya adalah “PT Pelabuhan Indonesia (Persero)” yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “Indonesian Port Corporation”. Pelindo memiliki peran penting dalam mengelola dan mengoperasikan fasilitas pelabuhan di Indonesia untuk mendukung arus perdagangan dan transportasi laut.

Ada begitu banyak peluang yang bisa diraih oleh Anda yang merupakan lulusan SMA. Meskipun persaingan juga ketat, namun akan membawa hasil yang baik jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Sehingga, lulusan SMA bisa kerja apa sudah terjawab.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!