alasan banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta

Inilah Alasan Banyak Orang yang Mencari Pekerjaan di Jakarta

Kira-kira apa alasan banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta? Mungkin bagi sebagian orang pertanyaan ini sering muncul di benak. 

Bisa mendapatkan pekerjaan yang didambakan, gaji yang tinggi, lingkungan sekitar yang menyenangkan tentu menjadi harapan sebagian besar masyarakat. Tak sedikit yang rela untuk mengejar impian dengan mencoba peruntungan ke ibu kota.

Ibu kota Jakarta memang selayaknya kota metropolitan yang selalu dipenuhi aktivitas bisnis yang seakan tak pernah istirahat. Bukan hanya dari gedung besar dan mewah juga para pedagang di pinggir jalan yang terus aktif.

Perusahaan-perusahaan pencakar langit begitu mudahnya untuk Anda temui di Jakarta. Perusahaan-perusahaan tersebut tak jarang memasang loker ataupun lowongan pekerjaan.

Lowongan pekerjaan itulah yang menjadi incaran banyak pencari kerja atau lulusan baru. Loker Jakarta dikenal lebih kompleks daripada kota yang lain. Jika hanya lowongan pekerjaan yang jauh lebih banyak dari kota-kota lain, apa saja alasan banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta?

Apa Alasan Banyak Orang yang Mencari Pekerjaan di Jakarta?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ibu kota adalah tempat yang sangat strategis untuk mengejar rezeki. Namun bukan itu saja, berikut ini adalah alasan mengapa begitu banyak yang mencari pekerjaan di Jakarta:

1. Hiburan

Ada banyak jenis event lokal maupun internasional dimana hampir seluruhnya memilih untuk digelar di Jakarta. Menonton pertunjukan seni maupun olahraga bukan hal yang sulit bagi warga Jakarta.

Apa lagi adanya mall dengan fasilitas yang super komplit dan canggih mengikuti perkembangan zaman. Di Jakarta, Anda dapat menemukan banyak hiburan sesuai selera pribadi. Ini jugalah yang menjadi alasan banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta

Baca juga: Cara mendapatkan pekerjaan setelah melahirkan

2. Lapangan Kerja yang Menjanjikan

Kota Jakarta merupakan daerah strategis yang hampir seluruh perusahaan atau perkantoran besar memiliki kantor pusatnya di sini. Oleh karena itu, tak heran jika lowongan kerja di Jakarta sangat banyak jika dibandingkan dengan kota lain, walaupun persaingannya juga sangat ketat. 

Bukan lowongan kerja saja yang terbuka lebar, UMR Jakarta juga termasuk tinggi. Namun, gaji kompetitif per bulan tersebut tentu sebanding dengan beban hidup masyarakat di Jakarta. 

Lulusan Universitas berbagai daerah kerap memilih mengejar rejeki ke Jakarta untuk berkarir. Tak bisa disangkal, jika di Jakarta terdapat banyak sekali ragam pekerjaan serta posisi yang dapat mereka lakukan.

Lowongan kerja juga sangat bervariasi, mulai dari yang berdasi ke kantor sampai yang bekerja menjadi kuli bangunan. Anda cukup menyesuaikan skill yang dimiliki. Jika merasa mempunyai fisik yang kuat, maka pekerjaan freelance juga dapat mereka kerjakan sekaligus.

3. Meritokrasi

Alasan banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta adalah meritrokasi. Jakarta merupakan salah satu kota yang tingkat kompetisi lebih adil di berbagai jenis hal. Memilih bekerja di kota Jakarta dapat menjadi pilihan yang tepat, karena mengutamakan meritokrasi. 

Bukan berarti memperoleh pekerjaan yang diidamkan menjadi mudah, tetapi terkadang, seorang seorang karyawan perlu untuk berjuang dan berkembang supaya bisa mempertahankan posisinya. Segala tuntutan seperti ini jelas menjadikan kemampuannya lebih terasah. 

Jakarta keras merupakan jargon yang benar adanya, sebab siapapun yang tak sanggup bertahan maka segera disingkirkan dengan seleksi alam. Belajar dan bertumbuh mengembangkan diri adalah kunci utama agar tetap bertahan di kobaran persaingan yang terlalu ketat ini. 

Baca juga: Cara mendapatkan pekerjaan setelah lama mengangur



4. Rasa Penasaran yang Besar

Alasan banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta selanjutnya adalah karena ingin seperti teman-temannya ataupun kerabat dekatnya. Tidak sedikit orang yang hanya penasaran bagaimana sebenarnya Jakarta itu serta bagaimana dengan kehidupan disana.

5. Jaringan yang Luas

UMKM, perusahaan swasta baik nasional, multinasional sampai internasional dapat ditemukan dengan mudahnya di Jakarta. Inilah merupakan bonus yang ditawarkan kota Jakarta kepada warganya agar terus belajar dan melatih kemampuan. 

Masyarakat dapat mempelajari segala sesuatu serta mengembangkan dirinya seperti apa yang diinginkan. Ilmu bisnis yang telah dipelajari nantinya dapat menjadi bekal ke daerah asal untuk mulai merintis bisnis di sana.

Setiap orang yang memutukan untuk mengadu nasib ke Jakarta tentu memiliki tujuan pribadi yang berbeda-beda dengan yang lainnya. Meskipun akhirnya harus bisa menerima kenyataan yang ada. Namun, alasan banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta harus tetap dihargai.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!