Alasan Banyak Orang yang Mencari Pekerjaan di Jakarta

Inilah 9 Alasan Banyak Orang yang Mencari Pekerjaan di Jakarta

Tidak diragukan lagi bahwa kota besar seperti Jakarta pastilah menjadi salah satu tujuan bekerja bagi banyak orang.

Banyak yang berpikir bahwa kerja di Jakarta adalah sebuah impian, sebab aktivitas bisnis di Jakarta yang tak pernah beristirahat tentu akan menjadi peluang kerja yang luas.

Berdasarkan data statistik Provinsi DKI Jakarta, tenaga kerja di Jakarta telah mencapai 5.252.396 orang pada Agustus 2022, yang artinya meningkat sekitar 1,45% dari tahun ke tahun.

Nah, memangnya, apa sih kelebihan kerja di Jakarta jika dibandingkan dengan bekerja di daerah lain?

Yuk, simak ulasan kami mengenai beberapa alasan orang-orang mencari pekerjaan di Jakarta berikut ini.

Apa Alasan Banyak Orang yang Mencari Pekerjaan di Jakarta?

Selain karena menjadi pusat bisnis, alasan umum orang mencari kerja di Jakarta itu karena lowongan kerja yang variatif, memiliki nilai UMR yang tinggi, hingga adanya peluang untuk memperluas relasi dengan mudah.

Nah, berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Lowongan Kerja yang Variatif

Sebagai pusat industri dan bisnis yang mana hampir semua perusahaan besar di Indonesia memiliki kantor pusat di sini, maka tak heran bila lowongan kerja di Jakarta cukup beragam dan banyak dibanding dengan daerah lain.

Mulai dari menjadi pekerja bangunan hingga pekerja kantoran, semua ada di sini.

Biasanya, lulusan perguruan tinggi dari berbagai daerah juga akan memutuskan untuk memulai karier di kota metropolitan ini.

Harus diakui ada banyak jenis pekerjaan yang tersedia dan bisa diambil. Namun, tentu saja tingkat kompetisinya pun sangat ketat.

2. Nilai UMR yang Tinggi

Biasanya hal pertama yang menjadi pertimbangan kebanyakan orang adalah besaran gajinya. Banyak pencari kerja yang menolak tawaran kerja karena bayaran yang kecil.

Sementara itu, Jakarta selalu berada di lima besar UMR tertinggi di Indonesia. Bahkan, pada tahun 2024 tercatat bahwa UMP Jakarta menjadi yang tertinggi di Indonesia. Tercatat upah minimum Jakarta saat ini adalah Rp5.067.381.

3. Jaringan Relasi yang Luas

Tak terelakan lagi kalau Jakarta bisa menjadi tempat di mana Anda dapat bertemu dengan orang-orang hebat.

Semua orang dengan berbagai latar pekerjaan yang beragam dapat Anda temui di kota ini.

Jakarta seakan menjadi titik berkumpulnya orang-orang penting dan itu menjadi daya pikat tersendiri dari Jakarta.

Dengan datang ke Jakarta, Anda dapat akses untuk terkoneksi dengan banyak tokoh-tokoh hebat.

Jadi, jaringan Anda akan semakin luas dan bisa mendapatkan kesempatan untuk hal-hal yang lebih hebat di luar perkara pekerjaan kantor.

Baca juga: Cara mendapatkan pekerjaan setelah lama mengangur



4. Mudah Mengembangkan Skill 

Di Jakarta, Anda dapat menemukan banyak komunitas seru untuk mengembangkan kemampuan baru dan lebih luas.

Jadi, kemampuan Anda tidak terbatas pada hal-hal yang berhubungan dengan bidang pekerjaan Anda saja.

Mempunyai kemampuan baru sama halnya mempermudah mendapatkan kesempatan baru untuk menemukan side hustle, lho.

5. Akses Transportasi Umum yang Mudah

Tentunya ada banyak pilihan moda transportasi umum yang disediakan pemerintah daerah. Katakanlah bus transjakarta, commuter line, MRT, bahkan bajaj yang masih dapat ditemui di banyak tempat.

Banyaknya pilihan transportasi umum dengan harga yang terjangkau akan mempermudah para pendatang yang memang tidak memiliki kendaraan pribadi.

6. Culture Kompetitif

Kerap kali Jakarta dianggap memiliki budaya kerja yang jauh lebih kompetitif. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai tantangan.

Agar bertahan bertahan atau bahkan berniat menaikkan jenjang karir di perusahaan, Anda harus inovatif, kreatif, menguasai banyak skill, hingga lebih terbuka pada peluang.

Dari adanya dorongan tersebut, Anda harus memiliki growth mindset supaya terus bersemangat untuk belajar dan berkembang.

7. Dianggap Prestise

Menjadi pusat bisnis dengan banyak gedung tinggi dan perkembangan bisnis yang pesat, Jakarta rasanya berada di level yang berbeda daripada kota-kota urban lainnya di Indonesia.

Jakarta sering dipandang prestise. Apalagi jika Anda bekerja di perusahaan yang berada di pusat kota Jakarta, seperti Sudirman.

Umumnya keseharian pekerja di sana memakai pakaian rapi dan terbiasa berbicara menggunakan bahasa bilingual karena kerap bekerja sama dengan klien luar negeri.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan personal branding dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan tawaran kerja yang lebih baik.

8. Mudah untuk Mendapat Hiburan

Setelah pusing seharian bekerja, hangout bersama teman menjadi pilihan yang terbesit di kepala pekerja ibu kota.

Nah, ketika hidup dan bekerja di sini, Anda tak perlu bingung ke mana karena Jakarta memiliki banyak jenis hiburan yang bisa dipilih.

Bila Anda seorang content creator, Anda pun dapat meluangkan waktu secara khusus untuk mencari hidden gem atau kuliner di Jakarta untuk dibuat konten.

Baca juga: Cara mendapatkan pekerjaan setelah melahirkan



9. Mendorong hidup mandiri

Dorongan hidup mandiri ini biasanya paling dirasakan oleh para perantau dari kota-kota di luar Jakarta.

Selain persaingan kerja yang tinggi dan masyarakat yang sangat heterogen, faktor lainnya seperti panas, macet, polusi, hingga banjir, semuanya menguji kemampuan seseorang untuk bertahan hidup.

Itulah kemungkinan alasan kenapa banyak orang meninginkan untuk bekerja di Jakarta.

Semoga pembahasan di atas dapat menjadi pertimbangan untuk pengembangan diri dari karir Anda, ya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.