cara mendapatkan pekerjaan setelah lama menganggur

Cara Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lama Menganggur Tercepat

Banyak orang mencari tahu cara mendapatkan pekerjaan setelah lama menganggur. Informasi mengenai cara ini banyak dicari karena mereka yang sudah lama menganggur biasanya kebingungan untuk kembali mencari pekerjaan.

Ini cukup berbeda dengan mereka yang memang sudah terbiasa bekerja dalam waktu lama. Walaupun keluar dari pekerjaan tersebut, informasi mengenai lowongan dan cara melamarnya pasti dimiliki sehingga mendapatkan pekerjaan tidak terlalu sulit.

Perlu diketahui, sekarang ada pemahaman yang mengatakan kalau mendapat pekerjaan adalah perkara sulit. Hal tersebut sebenarnya tidak seratus persen tepat. Cara mendapatkan pekerjaan setelah lama menganggur sebenarnya cukup mudah.

Hanya saja Anda perlu berkomitmen secara penuh untuk menjalankan hal tersebut. Selain itu penting juga bagi Anda untuk tidak menyerah hanya karena sekali gagal. Coba saja untuk melamar kembali karena kesuksesan nantinya pasti akan didapat.

Baca juga: Cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah

Cara Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lama Menganggur

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan pekerjaan setelah lama menganggur. Jika beberapa hal tersebut belum diketahui, Anda sudah ada di tempat yang tepat. Kali ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai poin-poinnya.

  1. Jaringan

Poin pertama yang sangat penting dalam cara mendapatkan pekerjaan setelah lama menganggur adalah jaringan. Anda perlu memanfaatkan semua kenalan atau relasi yang dimiliki dan berpotensi memiliki informasi yang relevan.

Normalnya kebanyakan orang memang lebih memilih untuk mencari informasi lowongan sendiri melalui internet. Hal tersebut sebenarnya boleh saja karena informasi yang tersedia di internet sangat banyak.

Tetapi untuk Anda yang sudah lama tidak bekerja, biasanya sulit mencari informasi yang relevan. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika meminta bantuan dari kenalan atau relasi untuk mendapat pekerjaan.

  1. Minat dan Keahlian

Ketika sudah lama tidak bekerja, peluang seseorang untuk mendapatkan pekerjaan sebenarnya lebih kecil. itu karena, ada banyak orang yang sudah terbiasa bekerja dan akan menjadi saingan Anda. Oleh karena itu, ada nilai plus yang harus Anda tonjolkan.

Nilai plus tersebut berpotensi memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, cara mendapatkan pekerjaan setelah lama menganggur memastikan Anda untuk memanfaatkan minat dan keahlian yang dimiliki.

Coba saja identifikasi apa minat dan keahlian yang benar-benar Anda kuasai. Dengan adanya minat dan keahlian tersebut, Anda tetap bisa menjelaskan tentang hal tersebut walaupun sudah lama tidak bekerja. 

  1. Virtual Job Fair

Hal selanjutnya yang perlu diulas ketika mencari cara mendapatkan pekerjaan setelah lama menganggur adalah virtual job fair. Job fair adalah tempat di mana lowongan pekerjaan di beberapa perusahaan berkumpul di satu kegiatan.

Hal tersebut membuat Anda bisa lebih mudah ketika mencari pekerjaan yang dibutuhkan. Selain itu virtual job fair juga tidak mengharuskan Anda pergi ke luar rumah. Anda bisa mengikutinya di rumah sehingga ongkos transportasi tidak perlu dipikirkan.

Sebenarnya tidak masalah juga jika mengikuti job fair yang sifatnya offline. Ini bisa dilakukan karena job fair offline sendiri tidak kalah dari virtual job fair. Tetapi ingat, siapkan diri karena di sana Anda akan bertemu dengan banyak orang baru.

Baca juga: Cara melamar kerja di management trainee astra

  1. Hubungan dengan Perekrut

Dalam cara mendapatkan pekerjaan setelah lama menganggur, penting untuk memastikan kalau Anda akan terhubung dengan perekrut. Ini memang menjadi masalah bagi pelamar yang sudah lama tidak bekerja.

Sering kali lamaran sudah dikirim ke sana sini tetapi belum diketahui apakah perekrut menerima lamaran tersebut atau tidak. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kalau Anda menggunakan platform yang terkoneksi langsung dengan perekrut.

Contoh platform yang sekarang bisa digunakan adalah LinkedIn. Biasanya pihak perusahaan memiliki akun resminya sendiri sehingga lowongan yang dikirim via LinkedIn bisa sampai ke sana.

  1. CV Menarik

Hal terakhir yang tidak kalah penting ketika pekerjaan ingin didapat berkaitan dengan CV. Beberapa dari Anda pasti memiliki kebiasaan buruk di mana CV dibuat dengan seadanya. Kebiasaan semacam itu harus dihindari.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan kalau CV tersebut dibuat dengan se terencana mungkin. Cara ini penting supaya CV tersebut nantinya lebih menarik perhatian pihak rekruter.

Inti dari melamar kerja adalah memanfaatkan setiap peluang yang ada. Perilaku pilih-pilih bisa membuat kemungkinan mendapat pekerjaan nantinya mengecil. Oleh karena itu, maksimal semua poin dalam cara mendapatkan pekerjaan setelah lama menganggur di atas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.