cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah

10 Cara Mendapatkan Pekerjaan setelah Lulus Kuliah

Mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah merupakan hal yang paling pertama yang hendak dilakukan terutama bagi pada fresh graduate. Sulitnya mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah selalu menjadi kekhawatiran para mahasiswa. Hal ini karena terbatasnya lapangan pekerjaan di Indonesia. Dilansir dari Badan Pusat Statistik Indonesia, angka pengangguran Indonesia mengalami kenaikan. Meskipun begitu, terdapat cara dan tips antisipasi agar dapat mengurangi angka pengangguran dengan melamar pekerjaan. Berikut ini cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah dan tipsnya, yuk simak!!!

Cara Mendapatkan Pekerjaan setelah Lulus Kuliah

1. Menyeimbangkan Teori dan Praktek

Cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah yang pertama adalah membekali diri dengan skill yang cukup. Banyak dari mahasiswa yang lebih mengedepankan teori ketika kuliah, padahal praktek lebih dibutuhkan dalam dunia kerja.  Maka, disarankan untuk dapat membekali diri sebanyak mungkin ketika kuliah. Jika memiliki banyak waktu luang, cobalah untuk bekerja part time sehingga mengerti atau memiliki pengalaman dunia kerja.

2. Membangun Relasi

Salah satu cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah dengan cepat yang sangat penting yaitu relasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperluas relasi. Untuk mendapatkan banyak relasi ketika berkuliah selain ikut dalam organisasi di kampus, dapat juga bergabung dengan bermacam-macam komunitas di luar kampus melalui internet dan kemajuan teknologi. Bangunlah relasi sebanyak-banyaknya ketika masih kuliah, dengan banyak relasi tentunya akan mempermudah untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Membuat CV Menarik

Cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan CV semenarik mungkin. Karena persyaratan utama yang biasanya diminta ketika melamar pekerjaan adalah CV. CV dibuat akan menjadi pertimbangan seorang HRD ketika mengambil keputusan. Pastikan, untuk membuat CV dengan menarik dan unik agar nantinya membuat peluang dipanggil wawancara semakin besar.



4. Mengirim Lamaran pada Banyak Perusahaan

Supaya bisa mendapatkan pekerjaan harus mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan. Dengan begitu mungkin ada beberapa perusahaan yang akan memanggil untuk wawancara. Anda dapat membuat jadwal berapa jumlah lamaran yang harus dikirimkan setiap harinya dan waktu mengirimkannya. Ketika mengirimkan surat lamaran secara online waktu pengirimannya harus diperhatikan supaya surat lamaran elektronik tersebut dibaca oleh HRD dalam waktu cepat.

5. Menjalin Hubungan dengan Alumni

Para alumni dari kampus mungkin saja sudah memiliki jabatan tertentu pada sebuah perusahaan. Dengan memiliki hubungan yang baik dengan para alumni, dapat membantu untuk mendapatkan banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan.  Dan para alumni tersebut mungkin saja dapat membantu dalam mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

6. Mengikuti Kegiatan Magang

Berikutnya cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus adalah mengikuti kegiatan magang. Kegiatan magang dapat memberikan banyak manfaat, seperti pengalaman bekerja. Ketika magang menunjukkan kinerja yang baik, bukanlah tidak mungkin jika nantinya ketika lulus akan direkrut sebagai pegawai. Sehingga kesempatan magang pada perusahaan ketika kuliah tidak boleh Anda lewatkan.

7. Mengikuti Pelatihan

Jika memiliki kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang meningkatkan skill, tentunya tidak boleh dilewatkan. Sekarang, sudah banyak pelatihan baik secara online atau offline. Bahkan beberapa jasa pelatihan memberikan garansi diterima kerja setelah lulus pelatihan. 

8. Mengikuti Job Fair

Job fair adalah salah satu tempat yang dapat kunjungi ketika ingin mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. terdapat banyak kegiatan job fair yang diadakan secara daring atau secara luring. 



9. Membuat Email Profesional

Cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah berikutnya adalah membuat email profesional. Buatlah email dengan menggunakan nama asli, sehingga akan membuat peluang surat lamaran dibalas oleh HRD semakin besar.

10. Tidak Terlalu Memilih Pekerjaan

Jika terlalu memilih pekerjaan akan menjadi salah satu penyebab kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Terutama bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman. Tidak ada salahnya untuk menerima pekerjaan pada perusahaan kecil dahulu untuk menambah pengalaman.

Sambil bekerja Anda dapat berusaha untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.  Jika sudah memiliki pengalaman, dapat menjadi nilai tambah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Kesepuluh tips tersebut dapat diterapkan sebagai cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah.

Baca juga: Cara melamar kerja di management trainee astra

Tips Mendapatkan Pekerjaan setelah Lulus Kuliah

1. Rencanakan Sejak Awal

Sebelum Anda lulus, buatlah rencana karir Anda. Identifikasi jenis pekerjaan yang Anda minati, industri yang Anda ingin masuki, dan kualifikasi yang diperlukan. Ini akan membantu Anda fokus dalam pencarian pekerjaan.

2. Perbaharui CV

Perbarui  CV Anda dengan penekanan pada pendidikan, keterampilan, dan pengalaman yang relevan. Jika Anda memiliki pengalaman magang, kerja paruh waktu, atau proyek-proyek kuliah yang relevan, cantumkan dalam CV Anda.

3. Relasi

Relasi adalah salah satu alat paling kuat dalam mencari pekerjaan. Manfaatkan hubungan Anda, baik yang telah Anda bentuk selama kuliah maupun yang baru Anda kembangkan. Hadiri acara karier, konferensi, atau pertemuan industri untuk memperluas jaringan Anda.

4.  Fasilitas  Kampus

Banyak kampus memiliki pusat karir yang dapat membantu Anda dengan pencarian pekerjaan, membimbing Anda dalam pembuatan resume dan CV, serta memberikan pelatihan wawancara. Manfaatkan sumber daya ini.

5. Pantau Lowongan Pekerjaan

Sering memeriksa situs web lowongan pekerjaan, portal karir, dan situs perusahaan adalah penting. Berlangganan newsletter atau pemberitahuan pekerjaan juga dapat membantu Anda mendapatkan informasi tentang pekerjaan yang mungkin sesuai.

6. Siapkan Diri untuk Wawancara

Latih diri Anda untuk wawancara kerja. Ketahui tentang perusahaan yang Anda lamar, praktikkan pertanyaan wawancara umum, dan pelajari bagaimana menjelaskan pengalaman dan keterampilan Anda dengan baik.

7. Jangan Menyerah

Pencarian pekerjaan dapat memakan waktu. Terkadang, Anda mungkin mendapatkan penolakan. Jangan menyerah. Teruskan mencari, perbarui strategi Anda, dan terus tingkatkan keterampilan Anda.

.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.