Cara mendapatkan pekerjaan setelah melahirkan

Cara Mendapatkan Pekerjaan Setelah Melahirkan Paling Efektif

Cara mendapatkan pekerjaan setelah melahirkan menjadi sesuatu yang banyak dicari. Ini wajar karena seorang ibu yang baru melahirkan biasanya kebingungan ketika ingin mulai mencari pekerjaan. Perlu diketahui, peluang kerja untuk wanita sekarang semakin meningkat.

Oleh karena itu, seorang ibu yang baru saja melahirkan sebenarnya sangat mungkin mendapatkan pekerjaan. Hanya saja ada persiapan yang perlu dilakukan ibu tersebut agar kemungkinan mendapat pekerjaan lebih meningkat.

Perlu diingat kalau melamar pekerjaan membuat seseorang akan bersaing dengan pelamar lain. Nantinya sangat mungkin para pesaing tersebut masih lajang sehingga kondisinya lebih prima. Di sini penting bagi Anda untuk mengetahui cara mendapatkan pekerjaan setelah melahirkan.

Pengetahuan tersebut membuat Anda tetap bisa bersaing walaupun pelamar lain memiliki kelebihan. Tanpa adanya kesiapan untuk bersaing, sulit bagi seseorang untuk bisa mendapat pekerjaan setelah melahirkan.

Baca juga: Cara mendapatkan pekerjaan setelah lama mengangur

Cara Mendapatkan Pekerjaan Setelah Melahirkan

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika ingin mendapat pekerjaan setelah melahirkan. Jika poin penting tersebut sedang dibutuhkan, ulasan ini pasti sangat berguna. Kali ini poin-poin pentingnya akan dijelaskan secara lebih rinci.

  1. Kondisi Fisik

Hal pertama yang sangat penting dalam cara mendapatkan pekerjaan setelah melahirkan adalah kondisi fisik. Anda perlu memastikan kalau kondisi fisik Anda sudah prima untuk bekerja. Jika merasa belum prima, maksimalkan dengan olahraga dan makanan sehat lebih dulu.

Ini penting karena melamar pekerjaan mengharuskan Anda untuk melewati fase interview. Bahkan sangat mungkin ada tes kesehatan yang harus dilalui. Jika fisik Anda ternyata tidak prima, pihak rekruter sangat mungkin memilih pelamar lain.

  1. Pengurus Bayi

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting saat seorang ibu ingin melamar pekerjaan berkaitan dengan bayi. Perlu diingat kalau bekerja membuat Anda wajib mencurahkan seluruh konsentrasi pada pekerjaan tersebut.

Jika pengurus bayi di rumah tidak terpercaya, sangat mungkin konsentrasi ini terganggu sehingga Anda tidak bisa maksimal. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan kalau pengurus bayi di rumah memang seratus persen terpercaya.

Ini membuat Anda lebih siap ketika menghadapi proses rekrutmen. Selain itu Anda juga nantinya bisa bekerja secara maksimal.

  1. Buat CV

Langkah selanjutnya dalam cara mendapatkan pekerjaan setelah melahirkan adalah membuat CV. Saat membuat CV, ada dua hal penting yang harus diperhatikan. Pertama pastikan kalau CV tersebut menarik secara visual dan mudah dipahami pembaca.

Jika CV nya saja sudah tidak menarik, pihak rekruter pasti malas meneruskan lamaran Anda. Langkah selanjutnya adalah memastikan kalau CV tersebut sesuai dengan posisi yang dilamar. Masukkan pengalaman yang dirasa perlu dan hilangkan saja yang tidak berhubungan.

Baca juga: Cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah

  1. Cari Relasi

Poin selanjutnya dalam cara mendapatkan pekerjaan setelah melahirkan berkaitan dengan relasi. Biasanya akan sulit jika ingin mendapatkan pekerjaan cepat tetapi berusaha mencari lowongan sendiri. Coba hubungi teman atau kerabat yang dirasa bisa membantu.

Setelah itu mintalah informasi mengenai lowongan yang cocok dengan Anda atau lokasi di mana lowongan tersebut tersedia. Nantinya cara ini membuat langkah yang dilakukan ke depannya menjadi lebih efektif.

  1. Manfaatkan Sosial Media

Jangan lupa untuk memanfaatkan sosial media ketika melamar pekerjaan. Hal ini penting dilakukan karena sosial media sudah menjadi hal yang sangat vital untuk sebuah perusahaan. Ini adalah lokasi di mana Anda bisa langsung terhubung dengan rekruter.

Manfaatkan saja sosial media yang dirasa membantu dan cari juga platform yang dirasa mendukung. Untuk sosial media, instagram, facebook, hingga LinkedIn bisa dimanfaatkan. Platform semacam jobstreet sehingga bisa coba dikunjungi untuk mencari pekerjaan.

  1. Ambil Peluang

Saat melihat peluang kerja, beberapa orang sering pilih-pilih karena menyesuaikan dengan minat dan pengalaman. Hal tersebut sebenarnya boleh saja jika peluang kerja yang sesuai minat dan pengalaman memang ada.

Tetapi jika kondisinya sulit ditemukan, sangat tepat jika memilih untuk bekerja dulu di tempat yang memang peluangnya lebih besar. Ambil saja setiap peluang yang ada dan carilah pekerjaan di tempat yang lebih cocok ketika Anda sudah mulai bekerja.

Inti dari melamar kerja adalah berperilaku konsisten. Tanpa adanya perilaku konsisten, sulit untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan. Cara mendapatkan pekerjaan setelah melahirkan di atas juga tidak akan membuahkan hasil maksimal jika tidak konsisten.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!