cara tidur cepat 30 detik

11 Cara Tidur Cepat 30 Detik, Anda Wajib Coba!

Ada beberapa cara tidur cepat 30 detik untuk Anda sering mengalai insomnia. Gejala tersebut biasanya menimbulkan rasa kantuk pada siang hari, energi berkurang, dan suasana hati depresi.

Insomnia sifatnya bisa jangka pendek, berlangsung berhari-hari atau bisa sampai berminggu-minggu. Gejala tersebut juga biasanya diikuti dengan gangguan fungsional ketika bangun.

Insomnia dapat terjadi tanpa adanya masalah lain. Keadaan akan menyebabkan insomnia adalah stres, gagal jantung, nyeri kronis, alkohol, dan lainnya.

Cara Tidur Cepat 30 Detik yang Bisa Anda Lakukan

Cara Tidur Cepat 30 Detik yang Bisa Anda Lakukan. Sumber: Pexels.com

Penyebab insomnia berbagai macam mulai dari gaya hidup, masalah kesehatan hingga efek dari obat-obatan. Berikut ini beberapa cara bisa dilakukan, diantaranya:

1. Tetapkan Jadwal Tidur

Menetapkan jadwal tidur membuat tubuh lebih mudah beristirahat sehingga mencegah insomnia. Waktu tertidur sering berubah juga menjadi faktor timbulnya gejala insomnia.

Hal ini juga mempengaruhi siklus tidur dan bangun pagi. Cobalah untuk mempertahankan ritme tidur dan bangun yang kira-kira sama di akhir pekan juga.

2. Menerapkan Teknik Pernapasan 4-7-8

Salah satu cara tidur cepat 30 detik adalah dengan menerapkan latihan pernapasan. Anda dapat mencoba teknik bernapas 4-7-8 yang dijamin akan membuat cepat tertidur dalam waktu 30 detik.

Pada dasarnya cara ini dilakukan dengan menahan nafas sambil menghitung. Setelah badan nyaman, arahkan ujung lidah Anda ke langit-langit mulut lalu bernapaslah melalui mulut.

Setelah beberapa napas, tutup bibir Anda dan tarik napas melalui hidung sebanyak 4 kali. Tahan napas selama 7 detik, lalu buang napas perlahan selama 8 detik.

Ulangi cara tersebut sampai tubuh terasa rileks dan kemudian tertidur. Saat bangun juga tubuh akan meresa lebih nyaman untuk memulai aktivitas pagi hari.

Baca juga: Trik Meningkatkan Produktivitas Karyawan Dengan Mudah!

3. Dengarkan Musik

Cara tidur cepat 30 detik yang dapat dicoba adalah mendengarkan musik atau membaca sebuah buku. Mendengarkan musik dikatakan dapat meningkatkan kualitas tidur karena aliran musik dapat menenangkan.

Namun, jika cara ini belum berhasil, jangan dipaksakan dan coba gunakan metode relaksasi lainnya untuk membantu tertidur lebih cepat.



4. Relaksasi otot progresif

Relaksasi otot progresif (PMR) dapat membantu tubuh tertidur lebih cepat. Ini terjadi karena relaksasi otot dan untuk melakukan hal tersebut, angkat alis lima detik sampai merasakan ketegangan pada otot dahi.

Setelah itu turunkan alis ke posisi semula. Langkah berikutnya adalah mengencangkan otot pipi dalam waktu 5 detik, Anda bisa melakukannya dengan tersenyum.

Cara tidur cepat 30 detik selanjutnya, putar kedua bola mata selama 5 detik dengan kelopak mata tertutup. Jeda, lalu ulangi beberapa kali dan hal ini akan membuat kantuk.

5. Buat Suasana Kamar Nyaman

Insomnia disebabkan oleh suasana kamar yang kurang nyaman. Jika masih berlanjut, maka coba ubah pengaturan kamar atau matikan lampu.

Anda juga dapat mencoba menyesuaikan suhu ruangan agar tubuh menjadi lebih hangat. Keadaan yang nyaman dan tenang membuat tubuh merasa rileks.

6. Mengonsumsi makanan sehat

Hindari konsumsi makanan atau minuman berkafein. Karena mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 mg kafein selama enam jam akan mempengaruhi kualitas tidur.

Selain kafein, minum alkohol juga sebenarnya bisa membuat seseorang cepat tertidur, namun tidak bisa membuat terlelap. Akan tetapi mencoba cara ini tidak ada salahnya.

7. Olahraga

Cara tidur cepat 30 detik dengan mudah diterapkan melalui aktivitas fisik yang teratur atau dikenal dengan olahraga. Melakukan olahraga ringan bisa dicoba jika mengalami insomnia.

Sebuah studi menemukan bahwa setidaknya 150 menit olahraga per minggu dalam waktu enam bulan akan mengurangi gejala insomnia dan depresi serta kecemasan.

Baca juga: 8 Cara Mengusir Rasa Bosan Saat Bekerja

8. Hindari alkohol dan rokok

Kandungan nikotin pada rokok menyebabkan insomnia pada beberapa orang. Selain merokok, seseorang juga harus menghindari konsumsi minuman alkohol dan kafein.

Jumlah alkohol ini membuat tubuh seseorang tetap terjaga dan sulit tidur di malam hari. Daripada mengonsumsi alkohol dan kafein, maka bisa mengganti dengan susu hangat.



9. Memijat

Cara tidur cepat 30 detik ialah dengan terapi pijat untuk penderita insomnia karena dapat meningkatkan kualitas pada malam hari. Hal ini juga bisa meredakan nyeri tubuh, kecemasan serta depresi.

10. Berbaring miring

Tidur miring lebih baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Salah satu cara agar lebih cepat selama 30 detik adalah dengan berbaring miring.

Padahal, setiap orang bisa memiliki posisi tidur yang disukainya masing-masing. Beberapa suka telentang, miring atau tengkurap, pilih salah satu paling nyaman bagi Anda.

Namun, penelitian juga menyatakan bahwa posisi terbaik untuk bisa tidur dengan lebih cepat, lebih sehat, dan berkualitas ada pada posisi menyamping.

Baca juga: Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja di Bulan Puasa 

11. Menghitung

Menghitung juga menjadi cara cepat tertidur bagi penderita insomnia. Ada beberapa alasan mengapa berhitung bisa dikatakan sebagai cara cepat tertidur.

Salah satu alasannya adalah karena cara tidur cepat 30 detik ini akan menghilangkan kecemasan serta pikiran negatif sering mengganggu penderita insomnia.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.