cara mengusir rasa bosan saat bekerja

8 Cara Mengusir Rasa Bosan Saat Bekerja

Ada berbagai cara mengusir rasa bosan saat bekerja, misalnya saja dengan mendengarkan musik, minum kopi, atau lainnya. Namun, tidak semua tempat memiliki peraturan yang sama sehingga harus berhati-hati ketika melakukan sesuatu.

Karena ada tempat bekerja yang tidak memperbolehkan pekerjanya makan dan minum saat bekerja atau mendengarkan musik. Maka, penting sekali untuk tahu cara lainnya dalam mengusir kebosanan saat sedang bekerja berikut ini.

Alasan Kenapa Seseorang Merasa Bosan Saat Bekerja

Bosan merupakan salah satu perasaan yang sering muncul ketika seseorang bekerja dalam waktu yang lama. Beberapa alasan kenapa orang bisa merasa bosan saat bekerja antara lain:

  1. Rutinitas yang Monoton

Sering melakukan pekerjaan yang sama setiap hari dapat membuat seseorang merasa bosan dan tidak tertantang. Jika seseorang melakukan pekerjaan yang sama secara rutin, maka akan mudah merasa bosan serta kurang bersemangat dalam bekerja.

  1. Tidak Adanya Tantangan

Ketika seseorang melakukan pekerjaan tidak menantang, maka kemungkinan besar ia akan merasa bosan. Ketika pekerjaan tidak menantang, maka otak tidak akan aktif sehingga pekerjaan menjadi membosankan.

  1. Tidak Adanya Variasi dalam Pekerjaan

Melakukan pekerjaan yang sama setiap hari tanpa adanya variasi dapat membuat seseorang merasa bosan. Ketika seseorang tidak dapat mengeksplorasi kemampuan serta kreativitasnya dalam bekerja, maka ia akan merasa bosan.

  1. Kondisi Lingkungan yang Tidak Mendukung

Lingkungan kerja yang monoton dan kurang menarik juga bisa menjadi penyebab seseorang merasa bosan saat bekerja. 

Kondisi lingkungan kerja yang tidak nyaman, kurang menarik, dan tidak memotivasi dapat membuat seseorang merasa bosan dan tidak betah sehingga banyak yang mencari cara mengusir rasa bosan saat bekerja.

  1. Tidak Adanya Penghargaan atau Apresiasi

Ketika seseorang tidak mendapatkan penghargaan atau apresiasi atas pekerjaannya, maka kemungkinan besar ia akan merasa bosan dan tidak termotivasi dalam bekerja. 

Penghargaan dan apresiasi yang diberikan pada seseorang dapat membuatnya merasa dihargai dan termotivasi untuk terus berkarya.

Untuk menghindari rasa bosan dalam bekerja, maka seseorang dapat mencoba untuk menemukan hal-hal yang menarik dan menantang dalam pekerjaannya. 

8 Cara Mengusir Rasa Bosan Saat Bekerja

Seseorang juga dapat mencoba untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, menambah skill atau pengetahuan, mencari hobi atau kegiatan yang dapat dilakukan di luar pekerjaan, dan mencari pengalaman baru.

Secara lengkap cara mengusir rasa bosan saat bekerja bisa Anda simak berikut ini:

  1. Atur Jadwal dengan Baik

Membuat jadwal kerja yang teratur dan menyertakan jeda waktu singkat dapat membantu menghindari kebosanan. Cobalah untuk membagi waktu kerja dengan istirahat, olahraga ringan atau kegiatan lainnya.

  1. Ubah Suasana Kerja

Cara mengusir rasa bosan saat bekerja yang pertama adalah dengan ubah suasana. Karena mengubah suasana kerja dapat membantu mengusir kebosanan. 

Cobalah untuk mengubah tata letak meja atau mempercantik ruangan kerja dengan tanaman atau dekorasi baru.

  1. Ambil Tantangan Baru

Jika merasa bosan dengan rutinitas kerja yang sama, cobalah mencari tantangan baru. Meminta tugas yang lebih menantang atau mempelajari hal baru yang berkaitan dengan pekerjaan Anda dapat membantu meningkatkan semangat.

Namun, untuk mengambil tugas tambahan selain jobdesk utama, sebaiknya bicarakan juga mengenai upah tambahan. Karena meminta tugas tambahan juga rawan terhadap eksploitasi kepada karyawan oleh para atasan.

  1. Istirahat Sejenak

Istirahat sejenak dapat membantu me-refresh otak dan mengurangi kebosanan. Cobalah untuk melakukan aktivitas ringan selama istirahat, seperti membaca buku, berjalan-jalan atau mendengarkan musik.

  1. Ngobrol dengan Rekan Kerja

Berinteraksi dengan rekan kerja dapat membantu meningkatkan semangat dan memperbaiki suasana hati. Cobalah untuk berdiskusi dengan rekan kerja atau membuat rencana untuk makan siang bersama.

  1. Cari Hobi Baru

Cara mengusir rasa bosan saat bekerja keenam adalah dengan cari hobi baru. Mencari hobi baru di luar pekerjaan dapat membantu mengisi waktu luang dan mengurangi kebosanan. Cobalah untuk mengeksplorasi hobi baru yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

  1. Belajar Cara Mengelola Stres

Rasa bosan seringkali terkait dengan stres. Belajar cara mengelola stres, seperti meditasi atau latihan pernapasan, dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kebosanan.

  1. Evaluasi Motivasi dan Tujuan

Saat merasa bosan dengan pekerjaan, evaluasi kembali motivasi dan tujuan dalam bekerja. Menemukan kembali tujuan dan motivasi dapat membantu meningkatkan semangat dan memperbaiki suasana hati.

Dengan begitu, cara mengusir rasa bosan saat bekerja yang lain juga akan lebih efektif ketika kita memiliki motivasi dan tujuan baru


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!