cara menghilangkan ngantuk saat kerja di bulan puasa

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja di Bulan Puasa 

Sebagai seorang pekerja penting untuk mengetahui cara menghilangkan ngantuk saat kerja di bulan puasa agar lebih produktif. Tidak bisa dipungkiri bahwasanya rasa kantuk sering kali menyerang, entah ketika baru saja sampai atau sedang bekerja. 

Rasa kantuk bekerja saat bulan puasa merupakan salah satu hal yang wajar dan sering dialami oleh siapa saja. Namun bahayanya rasa ingin tidur tersebut mampu mempengaruhi performa Anda dalam menjalankan pekerjaan. 

Terlebih lagi jika karyawan yang mengantuk menjadi melalaikan tugasnya. Terutama ketika sedang dibebani pekerjaan atau proyek penting. Oleh sebab itu penting untuk mencari tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. 

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja di Bulan Puasa

Bekerja saat bulan puasa Anda tentu akan menemui rasa mengantuk dan malas untuk bekerja. Besar harapan untuk bisa beristirahat sejenak dari pekerjaan dan tidur siang setiap kali merasa membutuhkan. Namun hal ini sangat mustahil untuk dilakukan ketika berada di kantor. 

Salah satu solusinya adalah Anda harus mencari tahu bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat kerja di bulan puasa. Agar tidak mengganggu kinerja Anda saat bekerja berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Berjalan Kaki Sebelum Kerja

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja di bulan puasa pertama yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki sebelum bekerja. Menghirup udara segar pada pagi hari dengan berjalan kaki mampu membantu Anda untuk tetap terjaga terutama ketika sudah berada di kantor. Selain itu usahakan untuk tidak tidur di pagi hari.

Sebagai gantinya Anda bisa berjalan kaki sebentar mengitari area rumah sebagai cara menghilangkan ngantuk saat bekerja di bulan puasa. Apabila lokasi tempat kerja dekat dengan rumah tidak ada salahnya untuk berjalan kaki hingga kantor. 

Pada intinya sebelum melakukan aktivitas bekerja luangkan waktu sejenak untuk benar-benar berjalan kaki hingga badan terasa lebih segar. Hal ini bertujuan untuk membantu menghilangkan dan mengatasi rasa mengantuk.

  1. Istirahat di Sela-sela Pekerjaan

Ketika sudah sampai kantor mungkin ada banyak sekali pekerjaan yang menunggu. Mengingat banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan tidak jarang Anda akan merasa jenuh dan mengantuk, bahkan rasa tersebut sampai tidak tertahankan. 

Oleh sebab itu pastikan untuk senantiasa mengambil istirahat di tengah-tengah padatnya pekerjaan. Cara menghilangkan ngantuk saat kerja di bulan puasa juga terbilang cukup mudah, Anda dapat berjalan-jalan di kantor untuk mengatasinya.

Selain itu Anda juga bisa cek media sosial, mengobrol dengan teman kerja atau mendengarkan musik untuk relaksasi. Istirahat selama beberapa menit saja jangan terlalu lama. Setelah rasa kantuk menghilang segera kembali pada pekerjaan.

  1. Bekerja di Ruangan Terang

Salah satu faktor penyebab Anda mudah merasa kantuk saat bekerja di bulan puasa adalah ketika berada di ruangan gelap. Oleh sebab itu ada baiknya bekerja pada ruangan terang sebagai salah satu cara menghilangkan ngantuk saat bekerja di bulan puasa. 

Ada baiknya bekerja di dekat jendela dengan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Tanpa disadari bekerja pada ruangan terang juga terbilang cukup efektif untuk mengusir rasa kantuk. 

  1. Mendengarkan Musik Ceria

Sebagian besar orang lebih produktif ketika bekerja sembari mendengarkan musik. Selain meningkatkan produktivitas mendengarkan musik yang ceria juga efektif untuk membantu Anda agar merasa terpacu dan semangat dalam menyelesaikan pekerjaan. 

  1. Cuci Muka

Setelah melakukan beberapa cara menghilangkan ngantuk saat kerja di bulan puasa di atas dan rasa kantuk belum juga reda segera pergi ke kamar mandi kemudian bilas muka dengan air. Mencuci muka juga mampu menjadi salah satu cara menghilangkan ngantuk saat bekerja di bulan puasa. 

Selain itu mencuci muka juga bisa membantu Anda kembali segar dan tetap terjaga ketika berada di dalam kantor. Setelah mencuci muka Anda juga memiliki sedikit waktu untuk keluar sejenak sembari menikmati udara segar. 

  1. Melakukan Stretching

Stretching atau peregangan juga dipercaya efektif untuk mengatasi kantuk saat berada di kantor. Bangun dari kursi kemudian regangkan tangan ke atas kepala, gerakan leher serta badan ke kiri dan kanan. 

Saat ini sudah ada banyak sekali gerakan stretching yang bisa Anda lakukan. Peregangan juga bermanfaat untuk mengendurkan otot tegang sekaligus menjaga aliran darah agar tubuh tetap berenergi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk saat bekerja. Pada dasarnya rasa kantuk bisa datang kapan saja. Ada baiknya lakukan beberapa cara menghilangkan ngantuk saat kerja di bulan puasa agar tidak mengganggu produktivitas Anda. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.