cara membuat tabel di Canva

Cara Membuat Tabel di Canva dengan Mudah dan Menarik

Cara membuat tabel di Canva tentu buat banyak orang penasaran. Canva ialah sebuah aplikasi yang lumayan menarik buat membuat kolom. Jika hendak buat kolom mayoritas memakai microsoft excel yang memanglah sediakan kolom namun tidak ada desain yang lebih banyak.

Namun memanglah terdapat banyak aplikasi desain yang dapat dipakai untuk buat aneka kolom. Buat kolom memanglah nampak sedikit membosankan untuk sebagian orang yang melihatnya.

Jadi apabila Anda menciptakan desain yang unik tidak akan dapat menolak buat mengerjakannya. Salah satu aplikasi yang sediakan banyak opsi desain merupakan Canva. 

Baca juga: Langkah-Langkah Membuat Tabel di Microsoft Word semua Seri

Apakah Saya Bisa Menyalin dan Menempel Data ke Tabel?

Dilansir dari Canva, Anda dapat menyalin dan menempel data ke tabel. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Canva Anda dan membuka proyek yang ingin Anda tambahkan tabel.

Di Canva, Anda dapat menambahkan tabel dengan memilih elemen “Table” dari panel samping atau menu perangkat lunak. nda bisa melakukannya dengan menyorot teks

Baca Juga : Cara Membuat Feed Instagram Nyambung Bermodalkan Canva

Cara Membuat Tabel di Canva Melalui PC atau Laptop

1. Buka Canva

Buka peramban web di PC atau laptop Anda dan kunjungi situs web Canva. Jika Anda belum memiliki akun, Anda mungkin perlu membuat satu terlebih dahulu.

2. Masuk atau Buat Proyek Baru

Setelah masuk ke akun Canva Anda, Anda akan melihat halaman awal Canva. Klik tombol “Buat desain” di bagian atas halaman untuk memulai proyek baru.



3. Pilih Ukuran Desain

Pada halaman “Buat desain,” pilih ukuran desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tidak menemukan ukuran yang tepat, Anda juga dapat memasukkan ukuran kustom.

4. Tambahkan Elemen Tabel

Setelah memilih ukuran desain, Anda akan dibawa ke antarmuka desain Canva. Di sisi kiri antarmuka, Anda akan melihat panel “Elemen.” Gulir ke bawah atau gunakan kotak pencarian untuk menemukan elemen “Table.” Seret dan lepaskan elemen tabel ke area desain Anda.

Dapatkan Promo Menarik Pintarnya

5. Atur Tabel

Setelah Anda menambahkan elemen tabel, Anda dapat mengklik pada tabel untuk mengubah propertinya. Anda dapat menambahkan atau menghapus baris dan kolom, mengubah warna latar belakang, menyesuaikan lebar kolom, dan lainnya.

6. Isi Tabel dengan Data

Klik pada sel tabel untuk memasukkannya. Anda dapat mengklik tombol teks atau mengklik kanan dan memilih “Edit Text” untuk mengubah teks dalam sel. Anda juga bisa menyalin dan menempelkan teks dari sumber lain ke dalam sel tabel.

7. Simpan dan Bagikan

Setelah Anda telah mengisi tabel dengan data dan mengatur tampilannya, pastikan untuk menyimpan perubahan Anda dengan mengklik tombol “Simpan” di bagian kanan atas antarmuka Canva. Anda juga dapat membagikan desain Anda secara langsung dari Canva.

Baca Juga : Cara Membuat Portofolio Online di Platform Canva



Cara Membuat Tabel di Canva Melalui Hp

1. Unduh dan Instal Aplikasi Canva

Jika Anda belum memiliki aplikasi Canva di ponsel Anda, unduh dan instal aplikasinya dari toko aplikasi resmi (Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS).

2. Buka Aplikasi Canva

Setelah aplikasi Canva terinstal, buka aplikasi tersebut di ponsel Anda.

3. Masuk atau Buat Akun

Jika Anda sudah memiliki akun Canva, masuklah menggunakan informasi akun Anda. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat membuat satu dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

4. Buat Proyek Baru

Setelah masuk, Anda akan melihat beranda Canva. Klik tombol “+ Buat desain” di bagian bawah layar untuk memulai proyek baru.

5. Pilih Ukuran Desain

Pada layar berikutnya, Anda dapat memilih ukuran desain yang sesuai. Anda juga dapat memasukkan ukuran kustom jika diperlukan.

6. Tambahkan Elemen Tabel

Setelah memilih ukuran desain, Anda akan dibawa ke antarmuka desain Canva di ponsel Anda. Di bagian bawah layar, gulir ke samping dan temukan opsi “Elemen” atau “Elemen grafis.” Cari dan pilih elemen “Table” atau “Tabel” dari daftar elemen yang tersedia.

7. Atur Tabel

Setelah Anda menambahkan elemen tabel ke proyek Anda, Anda dapat mengetuk tabel untuk mengatur properti dan tampilannya. Anda bisa menambahkan atau menghapus baris dan kolom, mengubah warna latar belakang, dan lainnya.

8. Isi Tabel dengan Data

Tekan pada sel tabel untuk memasukkan teks atau data. Anda dapat mengedit teks dalam sel dengan mengetuknya dan menggunakan opsi edit yang tersedia.

9. Simpan dan Bagikan

Setelah Anda selesai mengisi tabel dengan data dan mengatur tampilannya, tekan tombol simpan yang biasanya berada di pojok kanan atas layar.

10. Bagikan Proyek Anda

Anda juga dapat langsung membagikan proyek Anda melalui aplikasi Canva atau melalui media sosial atau platform lainnya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Canva yang Harus Diketahui

Cara Membuat Tabel di Canva Secara Manual dengan Mudah 

Untuk pendatang baru, tentunya metode buat tabel di Canva ini dengan sangat mudah. Cara mudah membuat tabel di Canva awal ini bisa jadi memerlukan waktu sedikit lebih lama, sebab membuat table ini secara manual dengan menggunakan elemen-elemen yang disediakan oleh Canva.

Kedengarannya cara membuat tabel di Canva memanglah agak susah, namun harus dicoba. Berikut langkah-langkah metode membuat tabel di Canva.

  1. Buka halaman utama Canva kemudian di sebelah kiri layar Canva pada tab elemen.
  2. Cari subbagian wujud serta cari juga wujud persegi boleh persegi panjang ataupun persegi yang lain cocok yang Anda ingin.
  3. Sehabis memilihnya, tentu dapat mengganti wujud dengan cara menarik bilah putih di sudut persegi yang Anda pilih. 

Bila tidak nampak sebab ukurannya kecil tentu dapat memperbesar layar jendela proyek.

  1. Sehabis sel awal berakhir di buat, buat duplikatnya sebanyak yang Anda butuhkan. Tentukan berapa kolom yang di butuhkan.
  2. Cara membuat tabel di Canva selanjutnya dengan duplikat sel lalu atur dalam barisan setelah itu susun wujud tabel yang Anda mau.
  3. Sehabis selesai membuat tabelnya, berikutnya buat baris header dengan berikan warna baris tabel awal kemudian tambahkan label yang Anda ingin.
  4. Selanjutnya buat menjauhi elemen sel berpindah-pindah jadi dapat menyorot seluruh elemen yang terdapat setelah itu tab ikon kunci pada toolbar.
  5. Tetapi bila mau mengeditnya, tab elemen tersebut kemudian tab ikon kunci sekali buat membuka sisa templatenya.
  6. Berakhir serta buat menyimpannya dapat tab toolbar save as kemudian seleksi saran wujud file serta tab download

Sesungguhnya metode membuat tabel di Canva ini sedikit lebih gampang sebab tidak butuh mengedit ataupun menghapus elemen yang tidak mau. Akan tetapi butuh semangat dalam membuat baris kolom setelah itu duplikat serta tambahkan label.

Baca juga: Cara membuat tabel di excel

Cara Membuat Tabel di Canva Melalui Template Kalender

Secara tidak langsung sesungguhnya opsi template ini tidaklah sempurna, namun bila tidak mau membuat tabel secara manual dari awal hingga template kalender dapat jadi pilihan kesukaan Anda.

Anda tidak akan terlalu menghadapi kesusahan serta waktu yang lumayan lama buat membuat tabel. Walaupun gampang tentunya hendak senantiasa mengedit sebagian elemen hingga memperoleh desain yang Anda ingin. Berikut adalah langkah-langkah membuat tabel di Canva dengan template kalender.

  1. Masuk terlebih dulu ke akun Canva, pada halaman yang utama ketik pada kolom pencarian calendar
  2. Sehabis itu tunggu hingga seluruh template ditampilkan dan kemudian seleksi template yang mau dengan tab template tersebut.
  3. Setelah itu akan segera timbul jendela proyek dimana dapat membuat tabel disitu dengan memindahkan ataupun mengedit template yang telah Anda seleksi tadi.
  4. Tentunya dapat menghapus sebagian elemen yang tidak Anda butuhkan, dengan cara tab elemen tersebut.
  5. Cara membuat tabel di Canva berikutnya apabila terdapat elemen yang bergabung maka tap calendar ataupun elemen agak lama serta pada toolbar dalam tab ungrup. 
  6. Akan tetapi bila elemen tidak silih bergabung Anda dapat melewati langkah ini.
  7. Sehabis mengelompokkan elemen yang Anda mau, maka tentu dapat mendesain tabel yang Anda mau. Silahkan hapus elemen yang tidak Anda butuhkan.
  8. Selesai serta buat menyimpannya Anda dapat tab toolbar klik save as kemudian seleksi saran wujud file dan selanjutnya yaitu tab download.

Walaupun metode membuat tabel di Canva ini langsung memakai template yang ada, namun bila Anda butuh mengganti ataupun mengedit desain template, tentunya bisa. Jika hal itu terjadi maka dapat memakan waktu yang lumayan lama. Jadi itulah cara membuat tabel di Canva yang dapat kalian pilih sesuai keinginan. 

About The Author