kelebihan dan kekurangan Canva

Kelebihan dan Kekurangan Canva yang Harus Diketahui

Sebagai seorang desain grafis, tentunya sangat familiar dengan aplikasi Canva, aplikasi yang digunakan untuk mendesain apapun seperti poster, pembuatan logo, pamflet, banner, kolase foto hingga CV, baik untuk pemula maupun profesional. Meskipun banyak digunakan oleh semua kalangan, tentu saja tidak membuat aplikasi ini jadi sempurna, disini akan dijelaskan apa itu Canva serta kelebihan dan kekurangan Canva

Apa Itu Canva?

Mengutip pada Canva.com, Canva adalah platform desain dan komunikasi visual online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun. Dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif tersebar di 190 negara, membuktikan bahwa Canva memang aplikasi desain yang banyak digunakan bagi desain grafis baik pemula hingga profesional. 

Aplikasi ini mudah digunakan karena menyediakan banyak template untuk membuat poster, video, tampilan presentasi dll. Canva juga memiliki berbagai macam fitur yang memudahkan penggunaanya dalam dunia desain.

Kegunaan Canva Dalam Design Grafis

Dalam desain grafis, Canva sering digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendesain. Hal ini dikarenakan Canva merupakan platform desain grafis yang mudah dan efisien, untuk siapapun tanpa harus memiliki keterampilan desain khusus.

Canva memiliki banyak template yang memudahkan pemula untuk belajar desain grafis, aplikasi ini membuat inovasi baru dalam penggunaan media digital. Bahkan Canva sering digunakan sebagai media pembelajaran untuk pembuatan logo, poster, pamflet, banner, bahkan resume atau CV.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan photoshop

Kelebihan dan Kekurangan Canva Sebagai Platform Design

Kelebihan Canva

  • Gratis

Salah satu yang menjadi kelebihan Canva paling banyak diminati adalah gratis, Canva bisa diakses gratis meskipun dengan trial 30 hari. Namun hal ini sudah cukup membantu untuk belajar mengenal Canva lebih dalam, atau mengenal dunia desain.

  • Spesifikasi rendah

Dengan banyaknya fitur yang diberikan Canva tidak membutuhkan penyimpanan yang besar. Canva berbasis cloud dan web sehingga tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang khusus.

  • Akses yang mudah

Canva memiliki akses yang mudah, aplikasi ini dapat diakses melalui web atau diunduh lewat Android, IOS, Mac dan Windows. Pengguna dapat membuat desain di mana saja dan digunakan pada perangkat apa saja.

  • Banyak fitur

Banyaknya fitur pada aplikasi ini, membuat Canva banyak digunakan untuk desain grafis. Beberapa fitur yang ada dalam Canva adalah template, gambar dan foto baik itu gratis maupun bayar, background, membuat logo, bagan, membuat elemen giphy, emoji, pixton TINT dan lain-lain.

  • Banyak template

Dengan kelebihan banyaknya template pada aplikasi Canva, membuat pekerjaan mendesain semakin mudah. Semakin banyak pengguna, maka akan semakin banyak template yang tersedia. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, tidak memerlukan keahlian khusus.

  • Bisa menghasilkan uang

Bagi yang belum mengetahui, Canva bisa digunakan sebagai sumber yang menghasilkan uang. Agar bisa menghasilkan uang, maka harus bergabung dengan Kontributor Canva dengan cara membuat elemen dan template yang menarik.



Kekurangan Canva

  • Tidak ada fitur tabel

Canva memang dikenal memiliki banyak fitur untuk presentasi, akan tetapi salah satu yang menjadi kekurangannya adalah tidak adanya fitur tabel. Saat presentasi kita sering menggunakan tabel untuk menunjukan data, Canva belum dilengkapi dengan fitur insert table sehingga harus mengimpor PDF terlebih dahulu.

  • Lama saat mengunduh video

Saat mengunduh video, Canva membutuhkan waktu yang lama. Meskipun telah terkoneksi dengan internet, namun saat mengunduh video akan memakan waktu yang lama.

  • Perlu akses akun premium

Aplikasi ini memang dikenal memiliki banyak fitur, akan tetapi tidak semua fitur gratis digunakan. Apabila ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak, maka pengguna harus membayar untuk menjadikannya premium dan dapat menikmati fitur yang lebih lengkap.

  • Tidak bisa digunakan saat sedang offline

Canva hanya bisa digunakan saat online. Hal ini dikarenakan Canva menggunakan basis web yang hanya bisa diakses saat terhubung dengan internet.

Demikian kelebihan dan kekurangan Canva, semua aplikasi memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Baca juga: Cara bersikap ramah kepada pelanggan


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.