kelebihan dan kekurangan Canva

Kelebihan dan Kekurangan Canva yang Harus Diketahui

Sebagai platform design terbaik, ternyata ada kelebihan dan kekurangan Canva yang harus Anda ketahui. Platform design ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu serta semakin banyak jumlah penggunanya, karena semakin lama fiturnya semakin banyak dan mudah digunakan.

Sejak awal, Canva sebagai salah satu platform design terbaik sudah memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan platform lain. Misalnya hanya dengan 1 platform saja sudah bisa mengedit berbagai jenis dokumen, seperti foto, video dan bahkan power point presentasi.

Platform ini sekarang sudah semakin banyak dikenal oleh kaum milenial. Dengan platform ini, Anda sudah bisa menciptakan banyak design baru tanpa harus memiliki keahlian khusus di bidang design. Namun selain kelebihan dan kekurangan Canva, pahami juga apa fungsinya.

Jika Anda belum pernah memakai platform ini sebelumnya, pahami beberapa fungsi berikut ini sebelum tahu apa saja kelebihan serta kekurangannya.

Fungsi Canva dalam Design Grafis

Biasanya para anak muda sudah pasti pernah tahu atau memakai Canva untuk keperluan design grafis. Misalnya untuk membuat banner acara, poster pameran, logo produk di koperasi, membuat rancangan tampilan presentasi dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, platform ini juga berfungsi untuk merubah format sebuah dokumen. Misalnya Anda ingin merubah format JPG menjadi PDF. Tentu saja bisa memakai platform ini dengan mudah.

Fungsi utama ini akan membantu segala kebutuhan Anda yang berkaitan dengan design. Namun tentu Anda juga harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan Canva. Meskipun banyak kelebihannya, namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan.

Dengan memahami apa saja kelebihan serta kekurangannya, Anda bisa memaklumi jika ada rasa tidak puas saat memakai platformnya untuk keperluan design. Namun jangan khawatir karena jumlah kelebihannya lebih banyak daripada kekurangannya.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan photoshop

Kelebihan dan Kekurangan Canva Sebagai Platform Design

Setiap platform design pasti memiliki fungsi utama yang dapat memudahkan penggunanya. Kelebihan yang ada dalam sebuah platform juga pasti menguntungkan meskipun masih ada beberapa kekurangannya. Sama halnya dengan platform design terbaik seperti Canva ini.

Anda harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan Canva berikut ini. Baik sebagai orang yang sudah terbiasa memakainya atau belum pernah memakainya untuk keperluan design sama sekali.

  1. Kelebihan Canva

Ada banyak sekali kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan memakai platform ini. Beberapa kelebihan berikut ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Canva sampai saat ini terus menjadi salah satu web dan aplikasi terbaik untuk design grafis. Inilah beberapa kelebihannya.

  • Tersedia dalam versi aplikasi dan web
  • Fiturnya sangat lengkap, baik untuk video, foto, power point dan dokumen
  • Tools sangat lengkap meliputi template, font dan lain sebagainya
  • Fitur sangat lengkap untuk editing dan membuat design
  • Cara memakainya sangat mudah dibanding aplikasi atau platform lain
  • Hasilnya bisa diunduh dengan berbagai format seperti JPG, PDF dan lainnya
  • Bisa menyimpan hasil design secara otomatis

Namun disamping banyaknya jumlah kelebihan, tentu ada kekurangan dari web design terbaik ini. Jika Anda belum pernah menyadari apa saja kekurangannya, coba pahami penjelasan tentang kekurangannya.

  1. Kekurangan Canva

Kekurangan yang ada pada Canva menunjukkan bahwa tidak semua platform design benar – benar sempurna untuk dipakai. Inilah beberapa kekurangan yang seharusnya Anda pahami selama memakainya untuk membuat design baru atau mengedit.

  • Harus online atau memakai koneksi internet
  • Terkadang membutuhkan koneksi internet stabil untuk membukanya
  • Tidak semua fitur dan tools bisa diakses secara gratis atau harus punya akun premium

Dengan memahami apa saja kelebihan dan kekurangan Canva tersebut, Anda jadi benar – benar memahami tentang Canva. Namun pahami juga bahwa kekurangan pada platform ini terkadang tidak menjadi masalah besar untuk para pengguna.

Baca juga: Cara bersikap ramah kepada pelanggan

Mungkin kekurangan yang paling menonjol dan mengganggu adalah harus mempunyai akun premium dulu sebelum memakai beberapa fitur berbayar. Tentu saja hal ini tidak bagus karena ada beberapa fitur penting yang seharusnya bisa dipakai namun pengguna perlu bayar dulu.

Jika Anda sering bergantung pada Canva sebagai salah satu platform design grafis terbaik, tentu saja tidak harus terlalu fokus pada kekurangannya. Namun informasi tentang kelebihan dan kekurangan Canva ini penting diketahui oleh semua penggunanya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.