Cara Bersikap Ramah Kepada Pelanggan

Cara Bersikap Ramah Kepada Pelanggan yang Harus Diperhatikan

Sebagai orang pemilik usaha, cara bersikap ramah kepada pelanggan merupakan satu hal yang wajib untuk dilakukan pelanggan tersebut dapat kembali. Memang sikap semacam ini sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan sebuah perusahaan.

Akan tetapi, tidak semua orang mampu menerapkan hal tersebut dalam berbisnis. Kalaupun harus bersikap ramah, hanya melakukan sebagaimana mestinya kepada orang lain. Tentu hal tersebut merupakan satu hal berbeda.

Cara bersikap ramah kepada pelanggan ini lebih ke arah sikap profesionalitas, di mana hal tersebut biasanya dilakukan di perusahaan-perusahaan besar. Sedangkan perusahaan yang baru dibangun, terkadang kurang memperhatikan hal ini.

Sikap ramah yang ditujukan kepada pelanggan juga seringkali dijadikan SOP di dalam perusahaan, yaitu perlu ditanamkan kepada karyawan di dalamnya. Jadi, ketika berhadapan dengan konsumen, konsumen tersebut akan menjadi segan.

Sebenarnya untuk bisa bersikap ramah kepada para pelanggan ini mudah dan apabila dilakukan secara terus menerus akan berjalan secara natural. Jadi, sifat yang profesional tersebut secara tidak langsung akan tertanam di diri Anda.

Inilah Cara Bersikap Ramah Kepada Pelanggan

Bersikap ramah kepada setiap pelanggan merupakan kewajiban dari para pemilik usaha maupun narahubungnya. Tentunya sikap ramah tersebut bertujuan untuk menunjukkan bahwa perusahaan cukup profesional dilihat dari kondisi apapun.

1. Selalu Utamakan Senyum

Hal paling utama terkait cara bersikap ramah kepada pelanggan yaitu selalu mengutamakan senyum saat menghadapi para pelanggan tersebut apabila terjadi komunikasi face to face. Cara ini akan memberikan rasa tenang kepada para pelanggan.

Apabila Anda terlalu sibuk dengan masalah sendiri yang membuat Anda bersikap dingin, maka konsumen akan merasakan mood kurang baik. Tentunya, hal ini akan memberikan permasalahan baru yang harus dihadapi ke depannya.

2. Gunakan Bahasa yang Sopan

Dalam bertutur kata juga setidaknya harus menggunakan bahasa sopan dan jelas. Siapa saja akan merasa diistimewakan apabila bahasa sopan ini digunakan, tentunya cara bersikap sopan kepada pelanggan ini juga wajib diperhatikan.

Terlebih dengan menggunakan bahasa yang sopan juga dapat menaikkan integritas Anda dalam bekerja. Kenyamanan pelanggan ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda, sehingga atasan akan memberikan penilaian lebih kepada narahubung.

3. Tidak Membandingkan Pelanggan

Penyakit sosial yang bahkan sampai sekarang sering terjadi adalah membanding-bandingkan orang dalam berkomunikasi. Sedangkan membanding-bandingkan tersebut biasanya terlihat dari sosok konsumen dalam berpakaian atau bersikap.

Ketika  tugas Anda menghadapi pelanggan secara face to face, maka jangan pernah membanding-bandingkan orang tersebut siapa saja orangnya. Hal ini bisa menjadi sumber masalah, sehingga cara bersikap ramah kepada pelanggan tersebut sangatlah dibutuhkan.



4. Bantu Pecahkan Masalah Pelanggan

Membantu memecahkan masalah para pelanggan yang sedang dihadapi juga menjadi hal penting terkait cara bersikap ramah kepada pelanggan. Biasanya seseorang akan datang ke pusat layanan perusahaan karena mereka mendapatkan beberapa masalah.

Dengan masalah-masalah yang ada tersebut, sebagai narahubung haruslah berani menyelesaikan setiap masalah. Oleh sebab itu, Anda juga berdiskusi terlebih dahulu, apa saja masalah yang dihadapi konsumen, sehingga mereka mengharuskan datang atau menghubungi.

5. Responsif

Cara bersikap ramah berikutnya yaitu Anda diharuskan untuk selalu responsif saat menghadapi pelanggan setiap kali mereka menghubungi. Apabila dalam menghadapi konsumen terlalu lambat, mereka dapat membuat mereka mengalami mood kurang baik.

Apabila para pelanggan sudah buruk moodnya, maka pikiran mereka hanya diisi dengan kemarahan saja dan kurang jernih dalam berpikir. Akibatnya, Anda harus menghadapi hal tersebut dan masalah juga tidak akan cepat terselesaikan.

6. Sapa Pelanggan dengan Baik

Hal yang pertama dilakukan oleh pihak narahubung atau costumer service kepada pelanggan yaitu memberi sapaan terlebih dahulu kepada pelanggan. Apabila dilakukan secara online, biasanya perusahaan lebih sering memanfaatkan robot chat.

Namun, berbeda halnya ketika komunikasi ini dilakukan secara tatap muka, di mana Anda harus menghadapi para pelanggan tersebut secara langsung. Setidaknya memberikan sapaan tersebut akan membuat para pelanggan merasa dihargai setelah datang.

Selain itu, penggunaan bahasa sapaan juga buat seolah-olah terkesan natural dan profesional. Akan tetapi,  semua itu perlu disesuaikan di mana Anda bekerja. Narahubung bank dan narahubung toko pakaian jelas berbeda cara menyapanya.

Asalkan beberapa hal yang sudah dibahas sebelumnya bisa diterapkan dengan baik, maka pekerjaan Anda ini pasti dapat berjalan lancar. Oleh sebab itu, perlu dicatat dengan baik cara bersikap ramah kepada pelanggan ini.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.