kelebihan dan kekurangan photoshop

Kelebihan dan Kekurangan Photoshop yang Wajib Diketahui

Beberapa kelebihan dan kekurangan photoshop dapat menjadi bahan pertimbangan untuk Anda para penggunanya. Penggunaan Photoshop tergantung pada kebutuhan masing-masing, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam mengggunakannya. Berikut ini kelebihan dan kekurangan photoshop, yuk simak!!!

Apa Itu Photoshop?

Dilansir dari TechTarget, photoshop merupakan software pembuatan gambar, desain grafis dan pengedit foto yang dikembangkan oleh Adobe. Software ini sangat populer dan banyak digunakan di seluruh dunia, terutama dalam industri fotografi, desain grafis, dan produksi konten digital. Photoshop memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai macam manipulasi gambar, pengeditan, dan perbaikan visual, sehingga menciptakan gambar yang lebih menarik, artistik dan profesional.

Baca juga: Cara membuat feed instagram nyambung

Kelebihan Photoshop

1. Salah satu aplikasi pengeditan yang paling profesional

Photoshop adalah salah satu perangkat lunak pengeditan gambar yang paling profesional dan canggih di pasar. Ini digunakan oleh fotografer profesional, desainer grafis, seniman digital, dan banyak profesional kreatif lainnya untuk menghasilkan hasil yang berkualitas tinggi. Photoshop menawarkan berbagai alat dan fitur yang kuat untuk pengeditan gambar dan desain grafis yang canggih.

2. Mendukung hampir semua format gambar

Photoshop mendukung sebagian besar format gambar yang umum digunakan, termasuk JPG, PNG, TIFF, BMP, GIF dan PSD (format asli Photoshop). Ini memungkinkan pengguna untuk mengedit dan menyimpan gambar dalam berbagai format sesuai dengan kebutuhan mereka.



3. Tersedia di berbagai platform

Photoshop tersedia di berbagai platform, termasuk Windows dan macOS. Selain itu, ada versi Photoshop Express yang dirancang khusus untuk perangkat seluler, sehingga pengguna dapat mengedit gambar di perangkat seluler mereka dengan mudah.

4. Bisa editing GIF dan video

Selain pengeditan gambar statis, Photoshop juga mendukung pengeditan dan pembuatan GIF animasi dan video. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat animasi sederhana atau mengedit video dengan alat-alat yang kuat seperti penyesuaian warna, efek, dan pemotongan.

5. Menghemat waktu

Photoshop menyediakan sejumlah alat dan fitur yang dirancang untuk menghemat waktu dalam proses pengeditan. Contohnya adalah aksi (actions) yang memungkinkan pengguna merekam serangkaian langkah pengeditan yang sering digunakan dan kemudian memainkannya kembali pada gambar lain untuk mengulangi proses tersebut. Fitur-fitur lain seperti pemilihan cepat, pengaturan tingkat otomatis, dan pemotongan dengan deteksi konten juga dapat menghemat waktu dalam pengeditan.

Baca juga: Cara menjadi desain grafis otodidak

Kekurangan Photoshop

1. Merupakan aplikasi berbayar

Salah satu kekurangan utama Photoshop adalah bahwa itu merupakan perangkat lunak berbayar. Pengguna harus membayar lisensi atau berlangganan untuk mengaksesnya. Meskipun ada versi uji coba gratis, pengguna harus membayar biaya langganan bulanan atau tahunan jika ingin menggunakan versi penuh dengan semua fitur.



2. Sistem langganan yang cukup menguras kantong

Model bisnis Adobe Creative Cloud, yang mencakup Photoshop, melibatkan sistem berlangganan yang dapat menguras kantong, terutama jika pengguna ingin mengakses seluruh paket aplikasi Creative Cloud. Ini bisa menjadi mahal untuk pengguna yang tidak menggunakan Photoshop secara teratur atau hanya memerlukannya untuk tugas-tugas tertentu.

3. Grafik vektor pada Photoshop masih harus dikembangkan

Photoshop lebih dikenal sebagai perangkat lunak pengeditan gambar raster daripada vektor. Meskipun memiliki alat-alat vektor, perangkat lunak vektor yang lebih khusus seperti Adobe Illustrator lebih cocok untuk pekerjaan desain berbasis vektor yang rumit. Oleh karena itu, jika pengguna memiliki kebutuhan yang kuat dalam grafik vektor, Photoshop mungkin tidak menjadi pilihan terbaik.

4. Masalah performance

Photoshop dapat membutuhkan sumber daya komputer yang cukup besar, terutama ketika mengedit gambar yang sangat besar atau kompleks. Hal ini dapat menyebabkan masalah performa pada komputer yang tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Pengguna dengan perangkat keras yang lebih tua atau terbatas mungkin menghadapi keterbatasan dalam hal kecepatan dan responsivitas.

5. Membingungkan bagi pemula 

Adobe Photoshop adalah perangkat lunak yang sangat kuat dan canggih, yang dapat membuatnya terasa rumit bagi pemula. Antarmuka yang penuh dengan alat dan fitur bisa membingungkan bagi pengguna yang belum terbiasa dengannya. Belajar menguasai Photoshop secara efektif dapat memerlukan waktu dan dedikasi.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!