Cara Membuat Portofolio Online

Cara Membuat Portofolio Online di Platform Canva

Ternyata Cara Membuat Portofolio Online bisa dilakukan di mana saja menggunakan salah satu platform. Bekerja dalam industri kreatif sangat membutuhkan keahlian dalam pengembangan media karya Anda. Jaman dahulu mungkin mengumpulkan kumpulan prestasi secara perlembar dokumen terpisah.

Namun sekarang, perkembangan teknologi memudahkan segala urusan dokumen mampu dibaca kapan saja. Bahkan persyaratan untuk memasuki dunia pekerjaan sekarang menyarakan jenis file soft copy. Untuk itu, sangat berguna apabila mencoba belajar dunia digital untuk keperluan sehari – hari.

Maraknya digital membuat semua orang berlomba memberikan online presence yang baik dan kuat. Dalam pekerjaan seperti marketer, programmer, influencer dan lainnya memerlukan presence kuat agar lebih dikenal banyak orang. Salah satunya untuk membangun hal tersebut dengan menciptakan portofolio online unik dan berbeda.

Baca juga: Contoh surat lamaran part time

Mengenal Portofolio Online di Era Digital

Sebelum mengetahui Cara Membuat Portofolio Online di salah satu platform online, sebaiknya mengenal dulu dasarnya. Portofolio Online adalah sebuah media web pribadi, seperti halaman yang berisi karya – karya pemilik web tersebut. fungsinya digunakan sebagai informasi diri, mempresentasikan karya, serta menawarkan beberapa layanan jasa yang mampu diberikan sesuai kemampuan.

Jenisnya yang online membuat nyaman semua orang dalam menjangkaunya tanpa hambatan. Tersedia sampai kapan saja dan bebas di akses kapanpun membuat para rekruter mencari informasi Anda secara mudah. Bahkan mampu disuguhkan oleh koleksi karya dan pencapaian yang terlampir di dalamnya.

Cara Membuat Portofolio Online di Platform Canva 

Jenis digital sekarang ini memang sangat diminati banyak kalangan karena kemudahannya diakses oleh perangkat telepon. Terdapat salah satu platform gratis menyediakan Cara Membuat Portofolio Online dengan mudah. Website bernama Canva ini sangat dianjurkan untuk membuat dokumen tersebut secara menarik 

Terdapat berbagai alat di dalamnya untuk proses pembuatan agar hasilnya terlihat profesional. Dalam proses membuat disesuaikan dengan selera pembuat serta terdapat berbagai pilihan desain menarik. Caranya yang mudah mampu diikuti oleh seluruh kalangan usia berapa saja, berikut ini.

  1. Mengunduh Aplikasi Canva Terlebih Dahulu

Langkah pertama untuk Cara Membuat Portofolion Online adalah dengan mengakses sarana digitalnya. Apabila belum pernah, cobalah memasukinya melalui perangkat telepon Android atau iOs. Untuk lebih memudahkan sebaiknya, akses melalui komputer duduk atau PC yang bisa secara leluasa membuat dengan layar lebarnya.

  1. Memilih Template dan Elemen Pada Desainnya

Kemudian, setelah berhasil mengaksesnya, bukalah bagian portofolio dengan memulai memilih template yang disediakan. Atau bisa juga menggunakan laman kosong agar lebih leluasa mengeditnya. Tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pembuatan tersebut untuk melamar kerja, organisasi, ataupun dibagikan dalam blog kepemilikan.

Setelah menentukan pilihan template, beralih untuk menentukan tata letaknya dan bagaimana bentuknya. Perlu juga memperhatikan ilustrasi seperti apa yang akan diterapkan, untuk dokumen buatlah dengan pilihan gaya tulisan yang menarik. Lampirkan beberapa hasil gambar ciptaan Anda sebagai pembeda.

  1. Masukkan Beberapa Karya Terbaik Di Dalamnya

Jangan lupa untuk memasukkan beberapa hasil karya terbaik sebagai bukti pencapaian yang mengagumkan. Tidak lupa, susun secara menarik dan unik untuk membuat ciri khas tersendiri dan berbeda. Agar saat dibagikan atau dilihat orang akan dengan mudah mengenali online presence secara cepat, bahwa itu Anda.

Terdapat dua alasan mengapa hasil karya tidak harus dilampirkan semuanya secara utuh. Pertama dikarenakan memudahkan pengunjung, klien ataupun rekruter melihat hasil kerja keras dengan cepat. Alasan kedua adalah seorang rekruter akan dengan cepat menemukan hasil terbaik di dalam rentetan karya unggahan.

  1. Perhatikan Secara Detail Saat Proses Pengeditan

Kemudian, tahap dalam Cara Membuat Portofolio Online adalah pada proses pengeditannya. Dalam pengeditan pastikan memperhatikan setiap detailnya agar tidak terlewat begitu saja, seperti kekeliruan pengetikkan. Karena kekeliruan semacam itu bisa berakibat fatal, mengubah susuan kata, memperburuk keadaan saat membaca.

Baca juga: Cara mempromosikan diri di jobstreet

  1. Langkah Terakhir Mengunduh, Menyimpan Atau Dibagikan 

Langkah terakhir apabila sudah merasakan puas bisa mengunduh hasilnya dengan mengganti format sesuai keinginan. Bisa dibagikan secara langsung di blog pribadi ataupun disimpan terlebih dahulu. Secara otomatis projek akan tersimpan di dalam folder projek akun Canva selama 30 Hari. Agar sewaktu – waktu bisa dikunjungi kembali dan dilakukan perubahan, apabila diperlukan.

Cara pembuatan media hasil karya di era digital sangat mudah dipahami dan dipraktekkan secara langsung. Hanya menggunakan fasilitas berupa alat elektronik ponsel maupun PC sudah mampu membuatnya. Bahkan Cara Membuat Portofolio Online sangat praktis setelah mengetahui langkahnya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.