contoh surat lamaran part time

Contoh Surat Lamaran Part Time Beserta Trik Menulisnya

Kini contoh surat lamaran part time banyak dicari oleh banyak orang yang ingin mencari pekerjaan paruh waktu. Terutama bagi para mahasiswa yang sedang kuliah namun ingin menambah penghasilan dengan bekerja.

Sama halnya seperti pekerjaan pada umumnya, untuk melamar pekerjaan paruh waktu ini juga dibutuhkan beberapa dokumen persyaratan. Di antaranya seperti CV, sertifikat (bila ada), surat lamaran pekerjaan dan sebagainya.

Bila Anda juga termasuk mahasiswa yang membutuhkan pekerjaan paruh waktu dan ingin membuat lamaran pekerjaan. Anda tidak perlu bingung, dalam artikel ini kita akan membahas tips menulisnya beserta contohnya. 

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja lulusan smk

Trik Menulis Surat Lamaran Part Time

Untuk bisa membuat lamaran kerja paruh waktu, Anda tidak perlu bingung. Berikut ini beberapa tips menulis lamaran kerja part time, di antaranya sebagai berikut :

1. Gunakan format surat bisnis

Sebelum kita membahas contoh surat lamaran part time, kini kita bahas dulu trik dalam menulisnya. Idealnya Surat lamaran pekerjaan itu dibuat memakai format surat bisnis. 

Itu berarti setiap paragraf diketik rata pada sisi kiri, jadi tanpa adanya alinea (awal kalimat menjorok ke dalam). Bila Anda akan mengirimkannya lewat pos atau menyerahkan dalam bentuk fisik.

Perlakukan seperti sedang menulis sebuah surat pada umumnya. Cantumkan tempat serta tanggal penulisan suratnya pada sisi kanan. Pada sisi kiri surat, cantumkan perihal tujuan serta informasi penerima.

2. Tujukan surat kepada orang yang tepat

Sebelum menulis, cari terlebih dahulu untuk siapa Anda mengirim surat lamaran tersebut. Cari siapa nama rekruter atau manager HRD di perusahaan tersebut. Bisa dengan googling “HRD perusahaan atau kantor YYY”. 

Atau bisa juga mencarinya di situs pencari kerja, website perusahaan dan media sosial lainnya. Contohnya, nanti akan kita bahas di pembahasan terkait contoh surat lamaran part time.

Penulisan seperti itu akan memberi kesan lebih baik daripada hanya memakai sapaan generic. Jika tidak dapat menemukan nama perekrut, baru tidak masalah membuka surat dengan: Yth. Manajer HRD di tempat.

3. Ungkapkan minat serta alasan Anda melamar di sana

Di paragraf pertama, perkenalkan diri, nyatakan minat serta ketertarikan Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Beri tahu juga dari mana Anda mengetahui lowongan pekerjaan tersebut.

Tidak hanya itu saja, jelaskan juga bagaimana Anda bisa membantu perusahaan. Jadi bukan menjelaskan bagaimana perusahaan bisa membantu Anda. Dari situ akan terlihat minat Anda untuk membantu perusahaan.



4. Jelaskan keahlian serta kualifikasi Anda

Pada paragraf kedua, buat pernyataan singkat yang menjelaskan mengapa Anda merupakan kandidat terbaik untuk pekerjaan tersebut. Serta kenapa Anda mahir melakukannya, jangan lupa berikan contoh keterampilan.

Serta kualifikasi diri yang relevan dengan persyaratan pekerjaan part time incaran Anda. Lalu jelaskan secara spesifik bagaimana Anda menggunakan keterampilan tersebut dalam pekerjaan sebelumnya atau saat di kampus. 

5. Sebutkan kapan Anda dapat mulai bekerja

Ini merupakan lamaran pekerjaan paruh waktu. Maka, sebaiknya cantumkan informasi tentang rencana kapan Anda bisa mulai bekerja. Serta bagaimana pengaturan jadwalnya. Hal tersebut akan memudahkan rekruter.

Untuk memasukkan Anda dalam rencana shift ke depannya. Jadi dengan begitu, jadwal perkuliahan Anda tidak akan terganggu karena kerja part time ini. Sambil kuliah, Anda juga bisa tetap mendapatkan pemasukan.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja sopir

Contoh Surat Lamaran Part Time

Bila tadi kita telah membahas trik dalam penulisannya, kini kita akan membahas beberapa contoh suratnya. Berikut ini beberapa contoh lamaran pekerjaan part time yang bisa dijadikan referensi :

1. Contoh surat lamaran pekerjaan part time di resto

Pertama adalah contoh surat lamaran part time di cafe. Pada bagian kanan atas, tulis tempat, tanggal, bulan dan tahun penulisan suratnya. Contohnya “Semarang, 12 Desember 2014”.

Sebelah kiri atas bisa langsung ditulis kepada Yth, Pimpinan Café Dan Restoran Paradiso serta alamat hotel tersebut. Kemudian tulis perihal: Lamaran Pekerjaan, salam pembuka, data diri singkat.

Di antaranya seperti nama, tempat tanggal lahir dan sebagainya. Setelah itu tulis isi, jangan lupa sertakan lampiran bila ada, terakhir kalimat penutup dan salam penutup.

Contoh surat lamaran pekerjaan part time di resto

2. Contoh surat lamaran pekerjaan part time sebagai barista

Selanjutnya adalah contoh surat lamaran part time sebagai barista. Pada bagian kanan atas, tulis tempat, tanggal, bulan dan tahun penulisan suratnya. Contohnya “Makasar, 26 Maret 2022”.

Sebelah kiri atas bisa langsung ditulis kepada Yth, Bapak/Ibu HRD serta alamat toko kopi tersebut. Lalu langsung kalimat pembukaan, data diri singkat. Antara lain nama, tempat tanggal lahir dan sebagainya. 

Setelah itu tulis isi, jangan lupa sertakan lampiran jika ada, terakhir kalimat penutup dan salam penutup. Di bawah salam penutup, jangan lupa sertakan nama Anda.

Contoh surat lamaran pekerjaan part time sebagai barista

Bagi Anda para mahasiswa yang ingin mencari pekerjaan part time, kini tidak perlu bingung dengan suratnya. Karena sudah ada beberapa contoh surat lamaran part time yang bisa dicontoh.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!