tips onboarding karyawan yang mesti diketahui HRD

Tips Onboarding Karyawan yang Mesti Diketahui HRD

Tips onboarding karyawan yang mesti diketahui HRD memang cukup banyak. Setiap orang tentu bisa menjadi anggota maupun member dalam sebuah organisasi tertentu sehingga bisa melakukan penyesuaian diri. Proses penyesuaian diri tersebut memiliki tujuan untuk bisa menjalankan fungsi sesuai dengan visi dan misi dari organisasi tersebut.

Tentu saja hal tersebut juga berlaku bagi karyawan yang sudah diterima pada sebuah perusahaan. Penyesuaian diri menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk bisa membantu meningkatkan kinerja positif selama bekerja di perusahaan tersebut. 

Apa Itu Onboarding Karyawan?

Tips onboarding karyawan yang mesti diketahui HRD memang sangat banyak, tetapi sebelumnya Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu onboarding. Onboarding merupakan salah satu proses di mana karyawan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, jenis pekerjaan, serta berbagai macam orang yang terlibat dalam pekerjaan tersebut.

Hal tersebut bisa membantu karyawan meningkatkan kinerja di sebuah perusahaan. Secara sederhana onboarding bisa dikatakan sebagai penyesuaian diri karyawan di tempat kerja barunya dengan melalui berbagai macam rangkaian langkah strategis.

Mungkin Secara sekilas, Anda memiliki anggapan proses penyesuaian diri dari karyawan baru tersebut sangat mudah dan tidak memerlukan waktu panjang. Tetapi kenyataannya onboarding tidak selalu berjalan dengan lancar. 

Salah satu tolak ukur untuk bisa melihat kesuksesan onboarding adalah karyawan tersebut mampu bertahan di tempat kerja setidaknya satu tahun. 

Tips Onboarding Karyawan yang Mesti Diketahui HRD

Onboarding karyawan menjadi salah satu tugas yang harus diketahui oleh HRD. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperlancar proses penyesuaian diri karyawan baru di sebuah perusahaan:

  1. Menyediakan Company Tour

Tips onboarding karyawan yang mesti diketahui HRD, pertama yang bisa dilakukan adalah menyediakan company tour sebagai langkah awal. Company tour merupakan salah satu langkah pengenalan paling dasar kepada karyawan baru. 

Cara yang satu ini dapat dilakukan dengan menugaskan senior yang terlebih dahulu bekerja di perusahaan tersebut untuk memberikan penjelasan kepada anggota baru.

Tips onboarding karyawan yang mesti diketahui oleh HRD satu ini tidak sebatas pengenalan perusahaan secara bangunan fisik saja, tetapi lebih memperkenalkan divisi serta Departemen apa saja yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Baca juga: Cara menghitung lemburan karyawan

  1. Menciptakan Suasana Interaktif dalam Proses Onboarding

Tips onboarding karyawan yang mesti diketahui HRD selanjutnya bisa digunakan adalah menciptakan suasana interaktif selama proses interaksi tersebut. Interaksi antar pegawai lama dan pegawai baru bisa membantu menciptakan suasana lebih cair. 

Hal tersebut bisa membantu proses pengenalan kepada individu ataupun anggota lain sehingga lebih efektif dan tidak menegangkan.

Ada banyak cara untuk bisa menciptakan suasana interaktif ketika proses pengenalan. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan momen briefing di pagi hari sebelum aktivitas kerja dimulai. Momen tersebut bisa membantu untuk interaksi pegawai baru dengan percakapan santai dan tidak terlalu serius. 

  1. Tips Onboarding Karyawan Yang Mesti Diketahui HRD Tugas Dengan Beban Kerja Bertahap

Tips onboarding karyawan yang mesti diketahui HRD selanjutnya adalah memberikan tugas dan beban kerja kepada karyawan baru tersebut secara bertahap. Setelah HRD memberikan gambaran terkait job description pegawai baru tentunya tugas bisa diberikan sesuai dengan deskripsi pekerjaan tersebut.

Langkah strategi yang perlu diambil oleh HRD adalah tidak memberikan beban terlalu tinggi di awal kerja pegawai baru tersebut. Berikan tugas dan beban kerja yang jauh lebih ringan sebagai pengenalan dan permulaan pegawai baru. 

  1. Melibatkan Karyawan Baru dalam Perbincangan 

Tips selanjutnya yaitu selalu melibatkan karyawan baru dalam perbincangan. Banyak kasus yang terjadi di perusahaan adalah karyawan baru tidak mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan berhadapan dengan berbagai macam hal dalam perusahaan. 

Misalnya saja diajak berdiskusi, manajemen konflik, perbincangan umum, serta rancangan kerja sesuai job description karyawan tersebut. Agar proses onboarding bisa berjalan lancar dan menghasilkan output maksimal, sebaiknya selalu melibatkan pegawai baru dalam perbincangan maupun diskusi.

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan oleh HRD untuk membantu karyawan merasa nyaman memulai pekerjaan di sebuah perusahaan. Adaptasi diri menjadi hal yang paling dibutuhkan oleh karyawan baru. 

Anda bisa mencoba untuk menggunakan beberapa tips onboarding karyawan yang mesti diketahui HRD sehingga proses adaptasi karyawan baru berjalan dengan lancar.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!