Jago Coffee

Bagaimana Pintarnya Menemani Perjalanan Rekrutmen Jago Coffee Mencapai 400 Pegawai

Di awal beroperasi, Jago Coffee hanya memiliki 1 tim produksi (depot) dan 2 mobile barista. Kini, sejak bergabung menggunakan fitur gratis & premium di Pintarnya dari tahun 2022, Jago Coffee telah memiliki lebih dari 400 karyawan, dengan 3 tim depot. Bahkan, terjadi peningkatan hiring yang drastis hingga 2 kali lipat dalam kurun waktu 4 bulan.

Lebih efektif dalam pencarian kandidat

Peningkatan perekrutan dalam kurun waktu 4 bulan

Karyawan telah dipekerjakan


Tentang Jago Coffee

Jago Coffee merupakan perusahaan kopi yang menghadirkan konsep baru starbucks keliling atau starling modern dengan harga kopi yang terjangkau. Meski begitu, Jago Coffee tetap menjajakan kopi berkualitas untuk para penikmat kopi.

Bagaimana Jago Coffee Mencapai Target Peningkatan Tim Depot (Produksi) di Tahun Depan

Sebagai perusahaan yang menjajakan produk kopi secara mobile, tentu Jago Coffee membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak untuk melancarkan proses produksi dan penjualannya. 

Kini, total sudah ada sekitar 400 karyawan di Jago Coffee. Rizka Amalia Dewi, HR Ops Manager Jago Coffee, menyampaikan, mereka memiliki target ekspansi tim depot (produksi) sebanyak 10-15 depot di tahun depan. Dengan begitu, mereka menargetkan peningkatan rekrutmen sebanyak 800 tenaga kerja baru di tahun 2024 mendatang. Hingga mereka genap memiliki 1200 karyawan.

Kemudahan dan Kecepatan Perekrutan dengan Pintarnya

Ketika menggunakan platform Pintarnya, Rizka mendapatkan pengalaman yang berbeda dari platform rekrutmen lainnya. Baginya, Pintarnya memberikan kemudahan dalam melakukan pendaftaran, proses pembuatan lowongan kerja terbilang sederhana dan tidak membingungkan.

HR Ops Manager Jago Coffee itu juga membeberkan bahwa dirinya sangat merasa terbantu hingga lulus probation di Jago Coffee karena aplikasi Pintarnya. 

Target hiring yang diberikan sangat tinggi, sekitar 50-an kandidat per bulan, dan dengan bantuan Pintarnya serta fitur-fitur premiumnya, target selama probation pun tercapai,” ungkap Rizka.

1. Fitur Gratis-Premium yang Membantu dalam Mendapatkan Pelamar

Dengan menggunakan fitur unggulan di Pintarnya, seperti fitur duplikat, share loker, dan initial quiz / assessment, Jago Coffee berhasil mendapatkan banyak pelamar. Fitur duplikat membantu Rizka karena dia tidak perlu lagi repot-repot mengisi detail lowongan dari awal jika posisi yang dibutuhkan sebelumnya pernah dibuka.

Fitur share loker mempermudah Rizka untuk membagikan info lowongan kerjanya ke sosial media Jago Coffee. Sebab, data dari penelitian yang dilakukan oleh Glassdoor, 79% pencari kerja menggunakan platform media sosial dalam pencarian kerja mereka. Dengan begitu, semua kandidat yang melamar akan secara otomatis diarahkan daftar di Pintarnya.

Sementara, fitur initial quiz / assessment menjadikan proses screening 2x lebih efektif. Sebab fitur ini membantu Rizka untuk menyaring kandidat-kandidat berkualitas.

2. Peningkatan Hiring hingga 2x Lipat dalam Kurun Waktu 4 Bulan

Pada bulan Agustus 2023 lalu, Jago Coffee memiliki 220 karyawan. Saat ini, pada Desember 2023, perusahaan kopi keliling ini telah mempekerjakan >400 karyawan. Itu berarti per 4 bulan terakhir ada >200 tenaga kerja yang berhasil di hiring melalui Pintarnya. 

Menurut Rizka, peningkatan hingga 2x lipat atau 100% dalam kurun waktu yang singkat merupakan sesuatu yang sangat signifikan. Rizka mengakui bahwa Ini merupakan pencapaian terbesar yang pernah diraih dalam karir perekrutannya.

3. Setia Sejak September 2022, Jago Coffee Mampu Mewujudkan Impian untuk Memperbesar Timnya 

Sampai saat ini, Jago Coffee diperkirakan telah mempekerjakan lebih dari 350 tenaga kerja yang didapatkan setelah memasang loker di Pintarnya, terhitung sejak September 2022 silam. Mengingat Jago Coffee baru mulai beroperasi di awal tahun 2020, pertumbuhan jumlah karyawan hingga sekarang ini tergolong sebagai pencapaian besar bagi mereka.

Dilansir dari Detik Finance, sebelumnya, pada awal tahun 2020, Yoshua Tanu, pendiri Jago Coffee hanya menggandeng dua barista sebagai stress testing untuk berkeliling di wilayah perkantoran di pusat Jakarta. Mereka menggunakan sebuah sepeda listrik (e-bike) yang dimodifikasi menjadi sebuah gerobak roda tiga.

Kini, dengan lebih dari 400 karyawan, Jago Coffee pun telah memiliki sekitar 3 tim depot dalam memproduksi produk kopinya. Dengan target memiliki 10 tim depot di H2 atau akhir tahun 2024, Rizka optimis dapat mencapai 7 tim depot lagi bersama platform Pintarnya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!