10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

contoh surat keterangan gaji karyawan

Contoh Surat Keterangan Gaji Karyawan dan Komponennya

Contoh surat keterangan gaji karyawan adalah surat yang diberikan oleh perusahaan untuk karyawan terkait detail komponen gaji atau penghasilan yang diterima setiap bulan. Umumnya pernyataan ini digunakan pekerja untuk keperluan tertentu.

Contohnya adalah saat pekerja ingin meyakinkan pihak lain terkait gaji yang diterimanya. Selain itu surat keterangan penghasilan juga diperlukan untuk melengkapi dokumen administrasi seperti saat mengajukan pinjaman dan mengajukan KPR.

Apa itu Contoh Surat Keterangan Gaji Karyawan ?

Biasanya karyawan harus terlebih dahulu mengajukan pembuatan keterangan penghasilan kepada perusahaan. Kemudian perusahaan akan melampirkan surat keterangan tersebut dan dibuat khusus menyesuaikan keperluan dari pekerja.

Contoh surat keterangan gaji karyawan merupakan sebuah pernyataan resmi yang dikeluarkan perusahaan dan didalamnya mencantumkan keterangan terkait detail penghasilan dari pemilik surat. Pernyataan ini dikeluarkan berdasarkan dua sudut pandang.

Pertama yaitu sudut pandang dari pemberi kerja dan kedua sudut pandang dari pekerja. Seseorang yang bekerja di suatu perusahaan dapat mengajukan permohonan surat penghasilan setiap tiga bulan atau sesuai permintaan.

Setiap rincian di dalamnya tergantung dari kebijakan perusahaan atau organisasi tempat bekerja. Untuk Anda yang bekerja di perusahaan, ini biasanya dibuat oleh sekretaris perusahaan atau bagian Human Resource (HR).

Baca juga: Apakah Cuti Melahirkan Tetap Mendapatkan Gaji?

Perbedaannya dengan Slip Gaji Berikut

Pembeda dari slip gaji dan contoh surat keterangan gaji karyawan terletak pada isinya. Keterangan gaji berisi berbagai rincian terkait gaji seperti pendapatan, dibuat lebih resmi dengan KOP surat dan hal tersebut juga menunjukkan hubungan antara karyawan dengan perusahaan.

Sedangkan slip gaji dibuat lebih sederhana terdiri dari rincian penghasilan bulanan yang dikeluarkan oleh perusahaan setiap bulan untuk seorang karyawan. Meski sederhana namun slip gaji lebih detail karena berisi rincian seperti tunjangan, potongan, cara hitung PPh 21, dan lain-lain.

Sementara keterangan gaji hanya mencantumkan uang bersih yang diterima pekerja, tunjangan dan lain sebagainya. Pada saat yang sama keterangan ini juga didasarkan pada periode tertentu bisa setahun atau seluruh masa kerja di perusahaan.

Komponen yang Ada dalam Contoh Surat Keterangan Gaji

Sebenarnya tidak terdapat ketentuan baku saat perusahaan ingin membuat contoh surat keterangan gaji karyawan. Hal terpenting harus ada di dalamnya adalah karyawan dapat melihat nominal gaji dengan lebih formal dan detail.

Keterangan penghasilan ini tersedia dalam berbagai format sesuai dengan perjanjian kerja dan kewajiban. Agar mengetahui lebih lanjut mengenai isinya, berikut Kami jelaskan beberapa komponen yang umumnya terdapat pada keterangan gaji karyawan.

1. Terdapat Rincian Jumlah Gaji Karyawan

Hal paling umum dan terpenting dari surat keterangan ini adalah rincian dari jumlah gaji yang diterima setiap bulan oleh karyawan. Rincian di dalamnya semua tergantung kebijakan dan ketentuan dari masing-masing perusahaan.

Rincian tersebut biasanya terdiri dari beberapa komponen seperti gaji pokok, potongan PPh 21 serta tunjangan seperti uang makan, transportasi, upah lembur, pulsa dan lain-lain. Sehingga jumlah akhir tertera adalah pendapatan nett yang diterima oleh pekerja.

2. Diketahui dan Disahkan oleh Perusahaan

Untuk membuat contoh surat keterangan gaji karyawan menjadi sah, perlu diketahui serta ditandatangani oleh pihak perusahaan. Dalam hari ini biasanya bagian finansial seperti HR yang bertugas dan bertanggung jawab dalam mengesahkan.

Di dalamnya akan mencantumkan nama dan jabatan dari pihak HR atau bagian finansial yang mengesahkan. Tidak lupa juga untuk melampirkan tanda tangan serta stempel dari perusahaan.

3. Terdapat Nama dan Jabatan Pemohon yang Mengajukan

Selain dari pihak perusahaan, di dalam surat tersebut juga wajib untuk mencantumkan nama lengkap serta jabatan dari pemohon. Hal ini untuk memberikan keterangan bahwa Anda sebagai karyawan memiliki gaji seperti yang tercantum di dalam surat.

4. Mencantumkan Tujuan Penggunaan Surat

Karena tujuan dari penggunaan keterangan ini berbeda-beda untuk masing-masing karyawan, pihak HR selaku pembuat surat juga perlu mencantumkan penggunaannya. Seperti untuk mengajukan visa atau mengajukan pinjaman.

Contoh Surat Keterangan Gaji Karyawan

Seorang karyawan dapat mengajukan permohonan contoh surat keterangan gaji karyawan kepada pihak HRD suatu perusahaan. Meski tidak terdapat ketentuan, Kami akan memberikan contoh surat tersebut yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Format surat keterangan penghasilan merupakan dokumen yang harus diserahkan oleh setiap karyawan agar penghasilan yang diterima dapat ditelusuri kembali. Surat ini akan membantu menghindari perselisihan antara cara perusahaan dan karyawan.

Selain itu juga dapat mengurangi kemungkinan penyelewengan dana oleh salah satu pihak. Contoh surat keterangan gaji karyawan merupakan hak pekerja atas transparansi informasi dana yang diberikan perusahaan.

Bagikan Artikel: