contoh job description project manager

Contoh Job Description Project Manager dan Tips Membuatnya

Susun dengan baik jika ingin membuat contoh job description project manager. Posisi tersebut harus ditempati oleh orang-orang kompeten yang bisa mencapai tujuan perusahaan. Tapi apakah Anda tahu tentang tugas-tugas dari project manager?

Job description merupakan informasi yang disebar yang berisi mengenai deskripsi suatu pekerjaan, tugas-tugasnya, kriteria calon kandidat yang bisa melamar, hingga deskripsi perusahaannya. Muatannya memang penting, maka perlu disusun sebaik mungkin.

Ada beberapa elemen yang harus dimasukkan ke dalam contoh job description project manager. Tujuan perusahaan akan tercapai, ketika Anda berhasil merekrut orang tepat melalui job deskripsi pada lowongan pekerjaan yang tersebar.

Struktur Lengkap dalam Contoh Job Description Project Manager

Ketika menyusun job description, perusahaan harus melakukan analisis terlebih dulu. Tujuannya agar informasi tersebut bisa tersampaikan kepada pembaca.

Selain itu, perusahaan juga perlu mendapatkan kandidat yang cocok dalam waktu cepat. Maka, perlu pahami tiap detail contoh job description project manager agar nantinya bisa tersusun dengan baik.

Project manager itu memiliki posisi yang penting di dalam perusahaan. Ketika membuka lowongan untuk posisi tersebut, tentu kandidat yang masuk harus memenuhi kriteria.

Tiap job description, memang memiliki komposisi masing-masing tergantung keinginan perusahaan itu sendiri.

Semakin detail penyusunannya, maka akan terjaring kandidat pelamar terbaik. Hal itu akan lebih efektif lagi untuk menemukan calon karyawan yang akan diterima nanti.

Project manager sendiri memiliki tugas penting yaitu melakukan perencanaan, eksekusi, mengawasi, mengendalikan, serta melakukan penutupan proyek di perusahaan.

Tanggung jawab project manager di sini memang dari awal hingga akhir. Untuk itu, buatlah contoh job description project manager yang benar, agar menemukan calon karyawan secara efektif.

Berikut susunan job description yang akan Anda temukan untuk posisi project manager di dalam perusahaan :

  1. Judul Pekerjaan

Tentu saja struktur pertama harus memberikan judul untuk lowongan pekerjaan tersebut, yaitu project manager.

  1. Penempatan Pekerjaan

Sebenarnya susunan ini bisa juga di posisi paling akhir, tapi Anda bisa menempatkan struktur ini di atas. Anda sebutkan penempatan pekerjaan itu berada di mana.

  1. Objectivitas dari Project Manager

Struktur ini mencantumkan harapan perusahaan dengan membuka lowongan posisi pekerjaan ini. Tuliskan secara jelas, agar pembaca bisa mempertimbangkan lamarannya nanti.

  1. Tugas dan Kewajiban Project Manager 

Ini hal yang cukup penting dari contoh job description project manager, yaitu tugas dan kewajiban pekerjaan tersebut. Tuliskan secara singkat, tapi mendetail.

Tugas dan kewajiban yang dicantumkan secara mendetail, akan membantu calon kandidat paham dengan tugas-tugasnya nanti setelah berhasil diterima.

  1. Kriteria Pelamar Project Manager

Sebagai project manager, tentu perusahaan harus memberikan kriteria untuk calon kandidat yang melamar, diantaranya :

  • Pendidikan
  • Sertifikasi
  • Pengalaman kerja
  • Dan skill atau kemampuan project manajer
  1. Gambaran Perusahaan

Deskripsikan mengenai perusahaan secara garis besarnya, dan berikan kesan menarik terhadap perusahaan Anda. Dengan begitu, banyak calon pelamar tertarik untuk bergabung.

  1. Informasi Pengiriman Lamaran

Dan di tahap terakhir ini memberikan informasi bagaimana kandidat memproses lamarannya. Bisa dikirimkan melalui email atau datang langsung ke perusahaan.

Tips Agar Contoh Job Description Project Manager Bagus

Untuk membuat contoh job description project manager, memang harus disusun secara rapi dan juga mendetail. Pastikan bahwa pembuatannya didiskusikan dengan divisi lainnya agar disetujui secara final.

Sedikit tips untuk Anda agar job description yang dibuat bisa bagus, terlebih ini mencari kandidat calon project manager.

Pertama, Anda harus melakukan riset terlebih dulu sebelum menyusunnya. Dengan begitu, informasi yang termuat dalam job descripsi bisa lengkap.

Kedua, jangan membuat job description dari template. Buatlah sendiri hingga membentuk kepribadian yang mewakili perusahaan dalam mencari kandidat dalam posisi tersebut.

Ketiga, dalam penulisannya harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti agar sampai target ke kandidat. Misalnya, target tersebut untuk Gen Z, gunakan bahasa yang santai tapi tetap mencangkup informasi secara lengkap.

Dan keempat, harus tersusun dengan rapi tapi tetap terkesan tidak kaku. Jika tersusun secara terstruktur, akan memberikan kesan profesionalitas terhadap perusahaan tersebut.

Bagi para pencari kerja, jika Anda menemukan lowongan job description secara acak-acakan, waspadalah, bisa saja itu penipuan. Paling tidak, contoh job description project manager seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!