contoh job description business development

Contoh Job Description Business Development yang Resmi 

Dalam lowongan kerja, tentu ada posisi kerja yang dicantumkan. Misalnya contoh job description business development, juga harus ditulis secara detail. Pastikan bahwa deskripsi dan ketentuan yang dibutuhkan, bisa tersampaikan dengan baik ke pembaca.

Lowongan pekerjaan itu sudah mudah ditemukan melalui media sosial. Tapi selain itu, judul pekerjaan harus dibuat lebih rinci dan khusus agar mudah ditemukan di mesin pencari. Apalagi untuk posisi krusial di perusahaan.

Pembuatan contoh job description business development harus mendetail, karena posisi tersebut cukup penting di perusahaan. Orang yang menempati posisi tersebut, harus sesuai kualifikasi perusahaan agar tercapainya tujuan.

Mengenal Business Development dalam Perusahaan

Jika Anda mengira bahwa business development itu adalah sales, itu salah besar. Karena BD pada kenyataannya memiliki posisi yang cukup penting di perusahaan, khususnya dalam pemasaran jangka panjang.

Jika berdasarkan Forbes, BD sendiri adalah menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan melalui pelanggan, pasar, hingga relasi bisnis.

Cara kerja dari business development di sini adalah sebagai jembatan antara perusahaan dengan pihak ketiga (pasar, pelanggan dan relasi bisnis) dengan tujuan untuk mengembangkan perusahaan agar terus berkembang.

Maka dari itu, gambaran contoh job description business development deskripsi dan detail tugas-tugasnya sangat berbeda dengan sales.

Karena orang yang berada di posisi ini, harus menciptakan peluang jangka panjang untuk perusahaan, meliputi uang, keuntungan, imej perusahaan dan apa saja itu agar perusahaan terus berkembang.

Orang yang berada di posisi ini juga harus memikirkan strategi jangka panjang untuk nasib perusahaan ke depannya. Itu berarti, posisi business development ini memang harus terus memutar otaknya agar perusahaan terus memperoleh keuntungan.

Wajar saja jika pembuatan contoh job description business development itu harus detail. Kualifikasi untuk calon kandidatnya juga tercantum di job description.

Meski sales dan BD ini berbeda, tapi keduanya saling berkaitan. Hanya saja, untuk business development itu memiliki tanggung jawab lebih besar, hingga dalam job description, harus ditulis detail dan rinci, agar pelamar yang masuk, memenuhi kualifikasi.

Contoh Job Description Business Development dengan Detail Tanggung Jawabnya

Biasanya jika membuat job description, apa saja elemen yang harus ada di dalamnya? Nama pekerjaan, deskripsi pekerjaan, tugas dan tanggung jawab, tentang perusahaan

Begitulah jika Anda ingin menyusun contoh job description business development. Karena posisi business development ini sangat penting untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, hanya kandidat yang memenuhi syarat bisa diterima.

Hal-hal yang sudah kami sebutkan di atas, memang wajib ada dalam job description yang akan disebarkan. 

Paling penting yang diperhatikan saat membuat job description untuk posisi businerss development adalah tugas dan tanggung jawabnya. Semuanya harus dicantumkan secara detail agar pembaca juga langsung bisa memutuskan untuk mengajukan lamaran atau tidak.

Untuk membuat contoh job description business development secara sempurna, sebelum menyusunnya memang harus melakukan analisis dulu agar lebih efektif menemukan karyawannya. Inilah analisis yang perlu dilakukan :

  • Agar setiap jabatan bisa terkendali, jika membuka lowongan untuk busines development, memang perlu membuat struktur organisasi dulu.
  • Kumpulkan seluruh data yang harus dikerjakan dalam perusahaan Anda sendiri terhadap posisi itu.
  • Jangan lupa, jika menyusun job description, bagian title job itu harus spesifik agar mudah ditemukan oleh pembaca di internet.
  • Buat susunan mengenai tugas, tanggung jawab, hak dan juga kewajiban untuk jabatan business development itu.
  • Sebelum disebarkan melalui media sosial atau platform mana saja, diskusikan dulu job description tersebut dengan masing-masing management.
  • Dan terakhir, sosialisasikan job description kepada karyawan agar lowongan tersebut bisa cepat tersebar dan ada peluang menemukan kandidat terbaik dalam waktu cepat.

Tips saja untuk Anda agar semuanya bisa masuk pada lembaran job description lowongan kerja business development, tuliskan secara singkat tapi tetap detail. 

Selain itu, tugas dan tanggung jawab yang dicantumkan dalam job description juga harus memenuhi ekspektasi dan harapan perusahaan agar mendapatkan kandidat pelamar yang diinginkan.

Jangan lupa juga untuk memasukkan deskripsi perusahaan dan alamatnya. Sekarang, setelah tahu apa saja hal yang harus dimasukkan dalam contoh job description business development, buatlah agar bisa menemukan kandidat terbaik.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!