cara menilai kemampuan kandidat melalui interview

5 Cara Menilai Kemampuan Kandidat Melalui Interview yang Tepat

Berhubungan dengan cara menilai kemampuan kandidat melalui interview tidak boleh sembarangan. Kebutuhan terhadap talenta karyawan pada suatu posisi tidak boleh sembarangan. Sehingga, penting untuk mengetahui cara menilai kemampuan kandidat melalui interview, berikut penjelasannya. Yuk simak!!!

Apa Yang Dimaksud Menilai Kemampuan Kandidat Melalui Interview?

Menurut Central Test, menilai kemampuan kandidat melalui interview merupakan menilai potensi pembelajaran dan keterampilan seorang kandidat selama proses rekrutmen dengan interview. Kemampuan kandidat dapat dinilai selama wawancara dengan mengajukan pertanyaan yang tepat. 

Menilai kemampuan kandidat melalui interview adalah salah satu tahap penting dalam proses seleksi dalam suatu perusahaan. Hal ini adalah upaya untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, pengalaman, kepribadian dan potensi calon karyawan melalui interaksi tatap muka interview.

Baca juga: Contoh Panggilan Interview Lewat WhatsApp Terbaru

Cara Menilai Kemampuan Kandidat Melalui Interview

1. Menanyakan Perubahan yang Ditargetkan

Cara pertama untuk memberi penilaian skill calon karyawan dalam interview adalah targetnya. Tentu ada baiknya menanyakan perubahan yang ditargetkan oleh pelamar. Hal ini bisa dilakukan dengan mengawali beberapa pengetahuan.

Tentu cara menilai kemampuan kandidat melalui interview satu ini bisa membuat skill dan background terlihat. Biasanya seorang pelamar telah memiliki suatu persiapan tersendiri. Terutama untuk digunakan saat menjawab pertanyaan. Anda harus berusaha melontarkan pertanyaan gambaran masa depan. Lalu harus out of the box supaya mampu mengejutkan bagi pelamarnya. Bahkan bisa bertanya jika mereka menjadi pemimpin apa yang ingin ditargetkan.

2. Meminta Review Kekurangan Perusahaan

Cara menilai kemampuan kandidat melalui interview penting lainnya adalah meminta review kekurangan perusahaan. Pada dasarnya seorang pelamar sudah tahu banyak kelebihan. Tapi jangan lupa menanyakan soal kelemahan perusahaan.

Anda harus menanyai sekaligus memerintahkan calon karyawan memberikan kritik. Mengulas berbagai hal buruk sebenarnya bukan hal negatif melainkan positif. Terutama karena calon pekerja mengetahui kelemahan yang dapat diperbaiki.

3. Mengamati Perilaku Sang Kandidat

Mencoba untuk mengamati perilaku sang kandidat harus dijadikan keutamaan. Biasanya akan dijadikan sebagai pertimbangan utama dan punya pengaruh cukup positif. Terutama karena menjadi pengetahuan tentang sifat asli pelamar.

Untuk cara menilai kemampuan kandidat melalui interview tersebut berguna agar sifat dan perilakunya baik. Misalnya mampu basa-basi dan berinteraksi dengan orang sekitarnya. Tentu penting demi membangun komunikasi dan kemistri. Kepribadian dapat menjadi cara memberi penilaian skill calon karyawan dalam interview. Pastikan apabila benar-benar memiliki kepribadian seperti itu dalam kehidupan nyata. Jadi, bukan hanya sekedar formalitas wawancara.

4. Tujuan dan Pemikiran Harus Spesifik

Selanjutnya pastikan apabila terdapat tujuan dan pemikiran harus spesifik. Tentunya menjadi cara menilai kemampuan kandidat lewat interview penting karena mendorong kemampuan. Tujuannya agar kontribusi dapat terlihat nyata.

Untuk mendukungnya, bisa dilakukan dengan cara memberi pertanyaan lebih unik. Misalnya berkaitan dengan apa saja hobi dan kesukaan dari pelamar tersebut. Tidak masalah bertanya tentang kegiatan pribadi karena menguatnya prinsip.

5. Mengutamakan Critical Thinking

Terakhir, penting supaya selalu mengutamakan critical thinking setiap saat. Anda harus berjuang supaya kandidat tersebut punya pikiran lebih kritis. Jadi, tanyakan sesuatu yang terkesan sulit meski begitu penting dijawab.

Cara menilai kemampuan kandidat melalui interview ini dapat membuat jawaban semakin baik. Ditambah menyesuaikan dari kemampuan atau basic dasar. Tidak lain karena waktunya singkat sehingga pemecahan masalahnya terlihat jelas. Baik atau tidaknya kemampuan problem solving dapat Anda ketahui dari dini. Tentunya prinsip assessment center juga dapat diidentifikasikan dengan baik. Pengembangan semakin baik dan menemukan pelamar berkualitas tinggi.

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!