Bagaimana proses rekrutmen yang efektif?

Bagaimana Proses Rekrutmen yang Efektif? Simak Ini

Bagaimana proses rekrutmen yang efektif? Mencari orang yang tepat untuk posisi tertentu adalah sesuatu hal yang sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu seorang HR harus memiliki metode yang tepat untuk menyaring calon karyawan yang akan masuk.

Walaupun tidak mungkin 100% berhasil, akan tetapi dengan cara yang tepat paling tidak Ini bisa memberikan peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan orang yang bisa memberikan dampak maksimal di dalam tim atau perusahaan.

Karyawan yang berkualitas adalah salah satu kunci untuk sebuah perusahaan memperoleh kesuksesan. Oleh karena itu dalam mencari karyawan tentu tidak boleh sembarangan, ada banyak aspek yang harus diperhatikan dengan baik supaya bisa mendapatkan karyawan yang berkualitas.

Bagaimana Proses Rekrutmen yang Efektif?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya dalam memilih karyawan itu tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan dengan metode yang benar. Ini menjadi tugas HR yang cukup berat, mengingat setiap pekerjaan memiliki spesifikasi tertentu.

Oleh karena itu, sebenarnya bagaimana proses rekrutmen yang efektif? Jawabannya adalah disesuaikan dengan kebutuhan. Karena mungkin saja untuk beberapa posisi memerlukan metode tertentu yang tidak bisa disamakan dengan posisi yang lain.

Contoh sederhananya seperti ini, jika perusahaan sedang membutuhkan seorang desainer tentu saja proses rekrutmen harus disesuaikan dengan bidang tersebut. Karena ketika sedang membutuhkan seorang desainer akan tetapi proses rekrutmen disamakan dengan ketika sedang mencari digital marketing tentunya tidak akan maksimal.

Di sini dibutuhkan kebijakan dan kemampuan seorang HR untuk menentukan sendiri metode apa yang akan digunakan dalam melakukan rekrutmen. Semakin bagus metode yang digunakan biasanya semakin besar peluang untuk mendapatkan karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Proses Rekrutmen Karyawan yang Efektif

Untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana proses rekrutmen yang efektif? Kami akan memberitahu Anda langkah-langkah untuk melakukan proses rekrutmen yang bagus atau efektif, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Identifikasi Jenis Pekerjaan

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengidentifikasi jenis pekerjaan. Ini menjadi sangat penting terutama untuk lowongan-lowongan yang mungkin sebelumnya belum pernah ada di perusahaan Anda.

Sebelum merekrut karyawan pastikan terlebih dahulu mengenai ruang lingkup tanggung jawab dan tugas yang harus dilakukan oleh calon karyawan guru tersebut. Selain itu Anda juga perlu menentukan keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang dibutuhkan.

  1. Membuat Deskripsi Pekerjaan

Ini menjadi salah satu proses yang memang harus diperhatikan dengan sangat baik. Anda harus bisa menguraikan mengenai gambaran pekerjaan dan juga kriteria yang diperlukan untuk bisa mengisi posisi tersebut.

  1. Mencari Kandidat

Jika kedua proses sebelumnya sudah dilakukan, langkah berikutnya yaitu mencari kandidat. Ini menjadi salah satu bagian penting dalam pertanyaan bagaimana proses rekrutmen yang efektif?

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mencari kandidat, yaitu bisa mencari dari internal perusahaan atau mencari dari eksternal. Tentu saja akan lebih baik jika mengutamakan orang-orang yang berada di internal.

Ini juga menjadi salah satu peluang yang sangat baik untuk karyawan internal bisa mengembangkan bakatnya atau kemampuannya. Sangat penting untuk memperhatikan orang-orang yang sudah ada di dalam daripada mencari yang baru di luar.

  1. Memilih Kandidat

Dari kandidat kandidat yang sudah ada, Anda harus menentukan beberapa yang terbaik yang ingin digunakan. Pastikan untuk memilih dengan selektif, jangan sampai salah pilih karena ini mungkin akan merugikan untuk perusahaan.

Pastikan jika kriteria-kriteria yang dibutuhkan sudah ada pada calon karyawan pada posisi tersebut. Ini menjadi salah satu bahan yang sangat penting supaya nantinya karyawan tersebut bisa mengerjakan tugasnya dengan baik.

  1. Membuat Kontrak

Langkah berikutnya yaitu adalah membuat kontrak. Ini juga merupakan sebuah proses yang sangat penting untuk membuat perjanjian hitam di atas putih yang mengikat antara kedua belah pihak.

  1. Tahapan Induksi

Tahapan induksi ini sangat dibutuhkan untuk memperkenalkan karyawan baru pada posisi burungnya. Ini akan memberikan gambaran kepada karyawan baru untuk bisa mengerjakan tugas-tugasnya.

Tugas seorang HR memang tidak bisa dikatakan mudah, karena harus bisa menentukan orang-orang yang tepat pada posisi yang tepat. Semoga penjelasan kami bisa menjawab pertanyaan mengenai bagaimana proses rekrutmen yang efektif?

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!