Ayo Cerdas Indonesia lembaga bimbingan belajar

Bagaimana Ayo Cerdas Indonesia Menghemat 94% Biaya Rekrutmen dengan Pintarnya

Awalnya, Ayo Cerdas Indonesia (ACI) menggunakan 3 platform berbayar untuk pemasangan lowongan kerja, namun kandidat yang didapatkan hanya sedikit dan cenderung tidak sesuai kualifikasi. Setelah menggunakan Pintarnya, ACI berhasil meningkatkan 100% wawancara yang dilakukan dengan biaya yang jauh lebih hemat. Fitur talent search dan highlight job post menjadi fitur utama yang diandalkan oleh ACI dalam menyaring calon pekerja.

Menghemat biaya rekrutmen

Peningkatan wawancara per minggu

Kandidat telah dipekerjakan


Tentang Ayo Cerdas Indonesia

Ayo Cerdas Indonesia merupakan lembaga bimbingan belajar yang menyalurkan jasa pendidikan dalam dua bidang, yaitu Fingermatic dan English Right Brain (ERB) yang ditujukan untuk anak-anak.

Tantangan Ayo Cerdas Indonesia dalam Proses Rekrutmen

Sebagai penyedia layanan bimbingan belajar yang memiliki target minimal 1000 outlet dalam 5 tahun ke depan, Ayo Cerdas Indonesia (ACI) tentu membutuhkan tenaga pengajar atau karyawan yang berkualitas agar dapat berkomitmen menjaga kualitas pembelajaran yang diberikan.

Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan karyawan berkualitas bukanlah perkara mudah. Sebelumnya, Dwi, Human Resource (HR) di ACI, telah mencoba menggunakan beberapa platform lowongan kerja berbayar, namun hasilnya belum sesuai dengan yang diharapkan.

Dwi mencoba bermacam cara hingga akhirnya mencoba platform Pintarnya, ia melihat biaya yang harus ia keluarkan di Pintarnya jauh lebih fleksibel karena hanya dengan top up credits Rp.250.000, ia sudah bisa mengakses fitur premium dan hanya perlu melakukan top up ulang ketika creditsnya telah habis. Berbeda dengan platform lain yang mewajibkan ia untuk terus membayar setiap bulan.

Manfaat Strategi Perekrutan Hanya dengan Satu Platform

Setelah pengalamannya mencoba berbagai platform pemasangan lowongan kerja, kini Dwi menjatuhkan pilihannya pada aplikasi Pintarnya. Menurut Dwi, di platform lain ia tidak bisa mengisi banyak informasi di dalam lowongan kerja, yang berakibat kualitas kandidat yang masuk kurang sesuai dengan harapan.

Di platform lain, teknis pemasangan lowongannya ga seenak di Pintarnya. Kalau di platform lain itu kayak dibatasin informasi yang bisa ditaruh di dalam lowongan kerja kita.”  tutur Dwi.

Dengan memfokuskan perekrutannya melalui satu platform, hal ini jelas memangkas cukup banyak biaya yang sebelumnya harus ia keluarkan.

1. Memangkas 94% Biaya Rekrutmen

Sebelumnya, Ayo Cerdas Indonesia harus membayar setidaknya Rp.500.000/platform untuk pemasangan loker dalam sebulan. Dengan asumsi ACI menggunakan 3 platform sesuai cerita Dwi, maka ACI harus merogoh kocek sebesar Rp.1.500.000 dan hanya berhasil mendapatkan 5 karyawan. Ini berarti 1 karyawan membutuhkan biaya rekrut sebesar Rp.300.000.

Sementara setelah menggunakan Pintarnya credits, dana sebesar Rp.1.500.000 dapat ACI gunakan untuk mendapatkan 92 karyawan baru. Itu berarti ACI cukup mengeluarkan biaya Rp.16.304 untuk 1 orang karyawan baru. 

Hal ini selaras dengan yang dibicarakan prevuehr dalam artikel “How Long Should A Hiring Process Take?”, mengoptimalkan proses pencarian tenaga kerja dengan menggunakan satu platform dapat secara signifikan mengurangi waktu yang diperlukan untuk memposting ulang berulang kali di beberapa situs yang berbeda.

2. 100% Meningkatkan Wawancara Kandidat Per Minggu

Ketika ACI menggunakan beberapa platform pasang loker sebelum Pintarnya, ia hanya bisa mendapatkan 5 kandidat dalam kurun waktu 1 minggu hingga 1 bulan pemasangan iklan loker.

Berbeda ketika ACI menggunakan Pintarnya, kini ada sekitar 10 wawancara kandidat yang dijadwalkan setiap minggunya. Adanya peningkatan ini didukung oleh faktor fleksibilitas dalam proses pencantuman lowongan kerja. 

Berdasarkan SHRM, deskripsi pekerjaan yang baik sangat membantu pelamar kerja dalam melihat kembali apa saja yang menjadi kebutuhan dalam lowongan pekerjaan tersebut dan apakah dirinya sesuai dengan kebutuhan lowongan tersebut. Sebab hanya dibutuhkan waktu sekitar 14 detik bagi para jobseeker untuk membaca deskripsi yang tertulis di iklan lowongan kerja sebelum akhirnya memutuskan untuk mengirimkan lamarannya.

Kebebasan lebih luas dalam mendefinisikan detail kualifikasi yang diinginkan saat memasang iklan lowongan kerja di Pintarnya, memudahkan ACI untuk dengan cepat mengidentifikasi dan mengevaluasi kandidat. Fitur premium Pintarnya seperti talent search dan highlight job post, membantu ACI dalam mengakses ke lebih dari 2 juta talent berkualitas dan menjangkau 5x lebih banyak pelamar dengan men-highlight loker ACI di peringkat teratas Pintarnya.

3. Membangun Keberhasilan Tim dengan Pendekatan Rekrutmen yang Efisien

Hingga saat ini, Ayo Cerdas Indonesia telah berhasil mempekerjakan sekitar 92 orang karyawan dari Pintarnya, terhitung sejak ACI bergabung di bulan Mei 2023.

Peningkatan jumlah karyawan ini merupakan salah satu pencapaian besar yang didapatkan oleh ACI dalam rangka mewujudkan visi misinya yang ingin menjadi lembaga kursus terbesar dan tersebar di seluruh Indonesia.

Sebelum menggunakan Pintarnya, mendapatkan kandidat telah menjadi permasalahan yang sudah berbulan-bulan terus dialami ACI. Sekalinya mendapatkan kandidat, kualifikasi kerap tidak sesuai dengan yang perusahaan butuhkan. 

Kini setelah mengenal Pintarnya, banyak hal positif yang Dwi dan tim dapatkan, seperti terbantu dengan adanya fitur premium, bisa pasang loker untuk semua cabang area tanpa pusing memikirkan biaya tambahan, bisa mengisi kualifikasi range usia dan gaji yang lebih fleksibel (tidak diharuskan menaruh gaji UMR seperti di platform lain), serta adanya layanan customer service yang terampil dan siap membantu apabila terjadi kendala.

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!